Tabungan Perencanaan Syariah iB

Deskripsi Umum

Layanan Pembukaan Rekening Tabungan Perencanaan Syariah iB Melalui Aplikasi Social Banking (“Layanan”) adalah layanan dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bagi Nasabah eksisting untuk melakukan pembukaan rekening Danamon secara online melalui Aplikasi Social Banking. Aplikasi Social Banking (“Aplikasi”) adalah aplikasi milik Minasa yang bekerjasama secara eksklusif dengan Danamon yang diperuntukan sebagai platform penyedia solusi untuk berwakaf dan solusi finansial lainnya yang sesuai dengan syariat Islam.
Rekening yang akan dibukakan bagi Nasabah melalui Layanan ini adalah Tabungan Perencanaan Syariah iB (“Rekening TPS”). Rekening TPS merupakan Tabungan Rencana untuk solusi Nasabah melakukan perencanaan finansial seperti untuk Haji, Umrah, Qurban, Pendidikan anak, DP rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Manfaat

  • Pembukaan rekening menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan Nasabah. 
  • Nasabah dapat merencanakan keuangan untuk tujuan dan target nominal tabungan sesuai kebutuhan yang ingin dicapai.
  • Nasabah dapat memilih periode menabung secara rutin dengan pilihan harian atau mingguan atau bulanan pada saat awal pembukaan rekening.

Fitur Utama 

  1. Nasabah dapat mengatur jumlah setoran rutin sesuai kebutuhan dengan nominal:
    • Harian dengan setoran rutin minimal Rp. 5.000
    • Mingguan dengan setoran rutin minimal Rp. 50.000
    • Bulanan dengan setoran rutin minimal Rp. 100.000
  2. Tidak ada setoran awal pembukaan Rekening TPS dan bebas biaya administrasi bulanan.
  3. Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana, kecuali melalui penutupan Rekening TPS sebelum akhir periode yang dapat dilakukan di Cabang Danamon.
  4. Apabila saldo Rekening TPS telah mencapai target atau jangka waktu periode rencana berakhir, maka Rekening TPS otomatis ditutup dan dana dikembalikan ke Rekening Sumber Nasabah dalam waktu 1 (satu) hari kerja.  

Alur Proses Pembukaan Rekening TPS

  1. Nasabah yang sudah memiliki CIF dan rekening Tabungan regular aktif di Danamon mengisi data yang diperlukan untuk pembukaan Rekening TPS pada Aplikasi, setelah itu data tersebut akan dikirimkan ke sistem Bank Danamon. Nasabah menyiapkan Nomor rekening Tabungan dan nomor selular yang tercatat pada system Bank.
  2. Bank Danamon akan melakukan proses verifikasi data terlebih dahulu berdasarkan data yang telah Nasabah isi pada Aplikasi.
  3. Jika data yang dikirimkan sesuai dengan yang tercatat pada Sistem Bank Danamon, maka Danamon akan mengirimkan SMS berisi kode OTP (kombinasi 8 digit numeric) kepada Nasabah melalui SMS sesuai dengan no. HP Nasabah yang tercatat di sistem Bank.
  4. Nasabah dapat melanjutkan proses dengan mengisi kode OTP pada Aplikasi sesuai batas waktu yang disediakan (maksimal 10 menit). Apabila melewati batas waktu, Nasabah dapat meminta kembali OTP dengan mengikuti langkah pada layar Aplikasi.
  5. Jika kode OTP yang diisi sesuai, maka rekening TPS akan dibuka secara otomatis dan Nasabah akan menerima notifikasi melalui email yang menginformasikan nomor Rekening TPS Nasabah.
  6. Apabila pembukaan Rekening TPS telah berhasil, selanjutnya pemindahbukuan untuk setoran rutin dari Rekening Sumber nasabah ke Rekening TPS akan berjalan otomatis sesuai jadwal dan nominal yang telah ditentukan Nasabah di awal. Nasabah mendapatkan notifikasi hasil pendebitan rutin (berhasil/ gagal) melalui Aplikasi.

Informasi Biaya

Biaya dan Manfaat

Rekening

Tabungan Perencanaan Syariah iB

Setoran Awal Pembukaan Tabungan

Rp 0

Biaya Administrasi Bulanan

Rp 0

Biaya Penutupan Rekening

Rp 0


Simulasi 
Perhitungan Bagi Hasil dilakukan oleh sistem dan dikreditkan ke Rekening TPS

Perhitungan Bagi Hasil

Rumus perhitungan bagi hasil:

Maka, bagi hasil diuraikan sebagai berikut:

Saldo rata-rata Tabungan Perencanaan Syariah: 200.000.000

Saldo rata-rata produk Tabungan Perencanaan Syariah: 50.000.000.000

Alokasi pendapatan: 400.000.000

Presentase Nisbah: 2,5%

 

Bagi hasil (Gross):

 

Catatan:

Simulasi diatas hanya untuk keperluan ilustrasi semata.


 

Tips Aktivasi dan Bertransaksi Aman

  1. Pastikan untuk mendownload Aplikasi dari Playstore atau Appstore dengan developer PT. Minasa Finteknologi Syariah.
  2. Gunakan data yang sesuai dengan data yang Anda daftarkan pada sistem Danamon.
  3. Password dan OTP bersifat SANGAT RAHASIA!
    Jangan berbagi informasi tersebut kepada siapapun dengan alasan apapun, maupun mencatat atau menyimpan pada lokasi yang mudah diakses orang lain. Danamon tidak pernah menanyakan data-data rahasia tersebut melalui telepon, email maupun media komunikasi lainnya.
  4. Hindari penggunaan/ pembuatan password yang mudah diketahui orang lain seperti tanggal lahir Anda.
  5. Gunakan selalu Smartphone dan email pribadi Anda untuk bertransaksi.
  6. Selalu akses aplikasi dan situs Social Banking atau Danamon dari device pribadi Anda. Hindari menggunakan device milik orang lain dan penggunaan wifi publik.
  7. Pastikan sistem operasi (Operating System/OS) dan Software antivirus atau anti malware yang ada pada device Anda ter-update secara berkala.
  8. Waspada dan tidak membuka email dari pengirim yang tidak dikenal, serta tidak membuka link website yang tidak dikenal.

Risiko

  1. Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, yang bisa mengalihkan data hasil input Nasabah untuk kepentingan pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan sistem operasi (Operating System/OS) dan Software antivirus atau anti malware yang ada pada device Anda ter-update secara berkala.
  2. Fraud dimana transaksi dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang (bukan Nasabah), terjadi apabila kode otentikasi rahasia Nasabah diketahui oleh pihak yang tidak berwenang. Pastikan OTP, kode otentikasi, dan data pribadi bersifat rahasia, mohon tidak diberikan kepada siapapun.

 Untuk mengikuti program ini Klik Disini

Layanan Informasi/Keluhan Nasabah 24 Jam
Hello Danamon : 1-500-090
Alamat email : hellodanamon@danamon.co.id
Ringkasan informasi layanan dapat dilihat di sini.