Pengumuman

Dengan merujuk kepada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia sebagaimana dibawah ini:

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  No. 91 Tahun 2021 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Berupa Bunga Obligasi yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak Dalam Negeri dan Bentuk Usaha Tetap (“PP 91/2021”); dan
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 9 Tahun 2021 tentang Perlakuan Perpajakan untuk Mendukung Kemudahan Berusaha (“PP 9/2021”).
(selanjutnya PP 91/2021 dan PP 9/2021 secara bersama-sama disebut “Peraturan Pemerintah”).

Maka, dengan ini kami informasikan adanya perubahan ketentuan perpajakan bagi Pajak Penghasilan (PPh) final obligasi untuk kupon/imbalan dan capital gain yang telah berlaku efektif mulai tanggal 30 Agustus 2021, sebagai berikut. 

Perubahan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final obligasi untuk kupon/imbalan dan capital gain ini berlaku bagi obligasi Surat Utang dan Surat Utang Negara yang diterbitkan Pemerintah dan non-Pemerintah, termasuk surat utang yang diterbitkan berdasarkan prinsip Syariah (Sukuk). Contohnya: Obligasi Pemerintah dengan seri Fixed Rate (FR), Sukuk Ritel (SR), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST) dan Obligasi Korporasi.
Ketentuan tarif pajak ini tidak berlaku bagi Surat Berharga Negara yang diterbitkan di pasar Internasional.

Tarif Pajak Penghasilan (PPh) final obligasi untuk kupon/imbalan dan capital gain yang baru dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Jenis Nasabah

PPh final Obligasi

sebelum 30 Agustus 2021

PPh final Obligasi

mulai 30 Agustus 2021

Individu

Wajib Pajak Dalam Negeri

15%

10%

Individu dan/atau Badan Usaha

Wajib Pajak Luar Negeri

20%

10% atau sesuai dengan tarif berdasarkan persetujuan penghindaran pajak berganda.

Bentuk Usaha Tetap dan/atau Badan Usaha

Wajib Pajak Dalam Negeri

15%

10%


Sesuai dengan PP 91/2021, pengenaan tarif PPh Final Obligasi ini tidak berlaku bagi Dana Pensiun dan bank yang didirikan di Indonesia atau cabang bank luar negeri yang terdapat di Indonesia.
Untuk ketentuan lengkap mengenai tarif Pajak Penghasilan (PPh) final obligasi untuk kupon/imbalan dan baru yang berlaku dapat dilihat pada mohon merujuk ke Peraturan Pemerintah diatas.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Untuk informasi atau pertanyaan lebih lanjutterkait perubahan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final obligasi untuk kupon/imbalan dan capital gain, Bapak/Ibu dapat menghubungi Tenaga Penjual Bank Danamon di kantor cabang Bank Danamon terdekat.