Anak Perusahaan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk berdiri sejak 1956 merupakan lembaga keuangan terpandang di Indonesia yang fokus pada nasabah, melayani tiap segmen usaha, serta menawarkan pelayanan dan penjualan produk yang didukung teknologi teranyar. Guna mendukung bisnis utamanya, Danamon memiliki sejumlah anak-anak perusahaan seperti PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) perusahaan asuransi umum.

 Adira Finance

Dengan mengemban visi untuk “Menciptakan nilai bersama demi kesinambungan Perusahaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia”, Adira Finance memiliki misi untuk menyediakan berbagai produk dan layanan pada setiap tahap kehidupan konsumen, memberikan pengalaman layanan yang menguntungkan dan bersahabat kepada para pemangku kepentingan serta memberdayakan komunitas untuk mencapai kesejahteraan. Sesuai dengan logo dan tagline “Sahabat Setia Selamanya”, Adira Finance berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang yang sehat dengan konsumen dan mitra usaha yang diyakini mampu mendukung kinerja yang berkelanjutan. Komitmen ini merupakan pendorong bagi Adira Finance dalam melayani konsumen pada setiap aspek kehidupan, sehingga akan terbentuk sebuah hubungan jangka panjang atau customer for life. Adira Finance berupaya untuk memposisikan diri bagi nasabah, sebagai sahabat yang dapat bekerja sama dan menyediakan solusi yang dibutuhkan dengan konsep “Sahabat Adira”. Dalam filosofi Adira Finance, konsep ‘Sahabat’ memiliki makna yang sangat dalam, yaitu nilai-nilai kepribadian yang dicerminkan Adira Finance kepada para konsumen: cerdaS, dipercAya, ramaH, AdirA memBeri kemudahan, mAu peduli, dan komitmen. Fokus utama Adira Finance adalah memberikan jasa pembiayaan kendaraan bermotor untuk pasar domestik, baik roda dua maupun roda empat, baru maupun bekas, bagi masyarakat dengan pendapatan menengah dan menengah ke bawah yang memiliki kebutuhan atas kendaraan bermotor, terutama untuk tujuan produktif.

Produk dan layanan utama yang ditawarkan oleh Adira Finance termasuk pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna dan kegiatan usaha pembiayaan lainnya berdasarkan persetujuan OJK, serta pembiayaan sewa operasi (operating lease) dan/atau kegiatan berbasis fee sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. Adira Finance juga menyediakan pembiayaan berbasis syariah.

Dengan mendukung visi untuk “Menjadi Asuransi Pilihan,” Adira Insurance telah menjadi salah satu perusahaan penyedia asuransi umum terkemuka di Indonesia pada saat ini. Adira Insurance mengelola portofolio sekitar 10 juta polis yang aktif melalui segmen pasar yang beragam seperti: Multi-finance, Bank, Direct Corporate, Agents, Brokers, dan lainlain, dengan dukungan lebih dari 50 outlet di seluruh Indonesia. Adira Insurance menyediakan produk asuransi konvensional maupun berbasis syariah. Di antara produk asuransi andalannya terdapat Autocillin (asuransi mobil), Motopro (asuransi sepeda motor), Medicillin (asuransi kesehatan), dan Travellin (asuransi perjalanan). Adira Insurance juga memberikan asuransi untuk kecelakaan diri, properti, alat berat, rangka kapal, Engineering, surety bond, kargo, dan produk asuransi lainnya.

Adira Insurance

Untuk memastikan kenyamanan nasabah, Adira Insurance menyediakan layanan seperti Call Center 24 jam, SMS Channel, jaringan yang luas dari bengkel mitra Autocillin, Autocillin Claim Spot, dan layanan Autocillin Rescue. Sementara itu, dalam situs resminya terdapat fitur untuk informasi produk dan pembelian, pengajuan klaim dan fitur lainnya. Adira Insurance menerapkan sejumlah inisiatif di tahun 2016, yang melibatkan bidang Organisasi dan Sumber Daya Manusia (“SDM”), produk dan pemasaran, proses, teknologi informasi, jaringan distribusi, dan manajemen risiko. Dalam Organisasi & SDM, inisiatif Adira Insurance termasuk penguatan kerjasama internal, pembangunan berkelanjutan untuk kompetensi bakat internal, restrukturisasi organisasi untuk lini bisnis asuransi kesehatan, inisiatif Sales & Distribution (“S&D”), dan sentralisasi operasi. Dalam Produk dan Pemasaran, Adira Insurance telah meningkatkan produk asuransi mobil Autocillin dengan nilai tambah melalui proses pelaporan klaim yang simpel dan telah mengembangkan lini bisnis baru untuk menawarkan produk asuransi kesehatan individu. Inisiatif dalam proses meliputi pengembangan prosedur untuk meminimalkan kesalahan proses, dan pengembangan proses penerapan kebijakan dan klaim yang lebih efisien melalui B2B Wholesale & Middleware proyek. Dalam Teknologi Informasi, Adira Insurance berusaha untuk memanfaatkan teknologi digital terkini sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta mengembangkan platform digital untuk kualitas layanan dan pemasaran yang lebih baik. Dalam hal jaringan, Adira Insurance telah mengintensifkan upaya untuk mensosialisasikan sistem aplikasi Autocillin Sales Manajemen ke mitra bisnis, dan untuk cross-sell produk Adira Insurance ditawarkan kepada nasabah eksisting kantor cabang Danamon.