Tonggak Sejarah

2023

  • Danamon dan MUFG Bank bersama-sama mengumumkan penempatan dana sebesar USD100 juta pada modal ventura yang berfokus pada Indonesia, yang diberi nama MUFG Innovation Garuda No. 1 Limited Investment Partnership (Garuda Fund).
  • Danamon bersama MUFG dan Adira sebagai Financial Group kembali hadir sebagai sponsor utama dalam ajang otomotif terbesar di Indonesia: Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.
  • Danamon meluncurkan Program “Danamon Hadiah Beruntun”, setelah hasil riset menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap Program Undian Berhadiah dengan peluang menang yang tinggi karena setiap nasabah dapat memenangkan hadiah menarik secara beruntun.
  • Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-67 bersama nasabah, Danamon menyelenggarakan acara DXPO yang pertama kalinya di Central Park Mall.
  • Danamon, PNM, dan MUFG Bank siap luncurkan pembiayaan sosial syariah pertama di Indonesia dengan standar internasional yang terverifikasi, didedikasikan untuk pemberdayaan perempuan di Indonesia.
  • Danamon sambut nasabah baru setelah mengakuisisi Portofolio Kredit Ritel Standard Chartered Bank Indonesia.
  • Sepanjang tahun 2023, Danamon mengubah 53 Kantor Cabang di 18 Kota untuk memberikan solusi terintegrasi kepada nasabah dan Masyarakat.
     

2022

  • Danamon meluncurkan Kartu Kredit Danamon JCB Precious dengan beragam manfaat menarik  terutama nasabah yang memiliki hobi travelling.
  • Peringatan Perayaan HUT Danamon ke 66 dengan menyelenggarakan rangkaian program bertajuk #BersamaBersinergi.
  • Danamon bersama Adira Finance didukung MUFG mensponsori Indonesia International Motor Show 2022 sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner.
  • Danamon meresmikan kembali Kantor Cabang Medan Putri Hijau di Medan, Sumatera Utara, dan Pondok Indah Mall 2, Jakarta pada akhir tahun 2022. Peresmian ini dilakukan untuk menyambut kehadiran konsep Next-Generation Branch untuk pengalaman perbankan holistik di kedua kantor cabang tersebut sebagai bagian dari komitmen Danamon untuk memberikan solusi perbankan dan keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  • Danamon menerima 44 penghargaan nasional dan internasional atas produk dan layanan Danamon.

2021

  • Danamon luncurkan aplikasi D-Bank PRO, aplikasi satu kendali yang mudah dan nyaman untuk penuhi kebutuhan transaksi harian. 
  • Danamon Syariah meluncurkan layanan Wakaf digital pada tahun2021 untuk meningkatkan kenyamanan kontribusi amal nasabah. 
  • Peringatan Perayaan HUT Danamon ke 65 menyelenggarakan rangakaian program bertajuk “Festival Kolaborasi”. 
  • Danamon persembahkan konser drive-in New Live Experience Vol.2. 
  • Danamon bekerja sama dengan Grab untuk meluncurkan kartu kredit Visa Grab. 
  • Danamon menerima berbagai penghargaan bergengsi yaitu The Asian Banker Transaction Award 2021 untuk menyediakan sistem layanan Cash Management melalui pembayaran otomatis real-time dan fasilitas posting. 
  • Danamon menerima Penghargaan Properti Indonesia 2021 untuk kategori The Most Progressive Mortgage Bank with Accelerating Partnership. 
  • Danamon menerima Penghargaan Mitra Bakti Husada 2021 dari Kementerian Kesehatan RI sebagai pengakuan atas upaya inovasi digital dan penerapan protocol kesehatan di perusahaan. 
  • Danamon juga menerima penghargaan sebagai peringkat satu SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2021. 
  • Danamon bersama MUFG dan Adira Finance menyelenggarakan sentra vaksinasi untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah dalam melawan pandemi Covid-19 dengan bekerja sama dengan kementerian kesehatan. 

2020

  • Bank Danamon pada tanggal 27 Mei 2020 ditetapkan sebagai Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 4 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Danamon meluncurkan Danamon Optimal, solusi finansial untuk mengoptimalkan keuangan nasabah bagi segmen upwardly mobile.  Danamon Optimal menawarkan solusi finansial untuk mengatur keinginan, kebutuhan serta keuangan nasabah.
  • Danamon meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank 2020: Indonesia oleh Asiamoney pada ajang penganugerahan Asiamoney Best Bank Award 2020. Penghargaan Best Digital Bank ini merupakan ketiga kalinya yang diraih oleh Bank Danamon, yang sebelumnya juga meraih pencapaian serupa pada tahun 2017 dan 2018
  • Danamon meraih meraih penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI) dengan predikat Highly Commended untuk kategori Best Digital Banking Initiative. RBI merupakan lembaga riset dan media seputar industri perbankan ritel dunia.

2019

  • Peluncuran D-Bank, aplikasi mobile banking yang membantu nasabah melakukan transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja
  • Danamon dan Bank Nusantara Parahyangan  (BNP) menuntaskan penggabungan usaha secara operasional
  • Danamon mengangkat Direktur Utama baru
  • Peluncuran D-BisMart, aplikasi pertama di Indonesia yang membantu para pelaku bisnis dan komunitas financial supply chain (FSC) atau rantai pasok dalam mengelola pemesanan barang dengan mudah.
  • Danamon, anggota dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (“MUFG”) menegaskan komitmen dalam mendukung pertumbuhan industri teknologi finansial (tekfin) di Indonesia melalui rencana penyaluran dana investasi dari MUFG Innovation Partners Co., Ltd (MUIP) kepada perusahaan-perusahaan startup tekfin yang bermitra dengan Bank Danamon.
  • Bersama MUFG Kantor Cabang Jakarta menggelar Business Matching Fair yang mempertemukan para klien korporasi dari Jepang, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya untuk saling memperluas jejaring serta membuka peluang ekspansi bisnis.
  • Penuntasan transaksi penjualan 70% kepemilikan saham di PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (“Asuransi Adira”), anak perusahaan Bank Danamon yang bergerak di segmen asuransi umum, kepada Zurich Insurance Company Ltd (“Zurich”)
  • Penandatanganan Kerja Sama dengan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku anak usaha Daimler AG. Kerjasama ini memberikan dealer mitra kedua perusahaan otomotif tersebut akses terhadap fasilitas pembiayaan dari Bank Danamon. Kerjasama ini merupakan hasil dari kolaborasi dengan MUFG, selaku pemegang saham pengendali Bank Danamon, yang memiliki hubungan baik dengan Daimler AG, perusahaan induk berbasis di Jerman, sehingga dapat menghubungkan Bank Danamon dengan kedua anak usaha perusahaan otomotif tersebut di Indonesia.

2018

  • Peluncuran D-Wallet, aplikasi dompet digital  yang dapat digunakan untuk melakukan belanja atau pembayaran online maupun offline.
  • Peluncuran Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Syariah, produk pembiayaan perumahan berakad syariah pertama yang diluncurkan oleh Bank Danamon melalui Unit Usaha Syariah dengan menggunakan akad IMBT (Sewa beli), dimana Nasabah dapat memiliki hunian/tempat tinggal dengan sistem sewa beli yang diakhiri dengan perpindahan hak milik melalui jual beli/hibah di akhir masa sewa.
  • Peluncuran Tabungan Haji oleh Danamon Syariah, dimana Danamon ditetapkan sebagai Badan Pengelola Keuangan Haji atau BPKH sebagai Bank Penerima Setoran – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPS-BPIH. Sebagai BPS-BPIH, Danamon Syariah telah ditetapkan sebagai Bank Penerima yang dapat melayani pendaftaran dan pelunasan haji bekerjasama dengan Kementerian Agama dan BPKH. Disamping itu, Danamon Syariah juga ditetapkan sebagai Bank Penempatan, Bank Mitra Investasi dan Bank Pengelolaan Nilai Manfaat untuk mendukung BPKH dalam mengelola dana haji
  • Penyelesaian pembelian saham Danamon oleh MUFG Bank sebesar 40%
  • Danamon melakukan penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat (conditional sales and subscription agreement/CSSA) dengan Zurich Insurance Company Ltd (“Zurich”) untuk penjualan 70% kepemilikan saham pada PT Asuransi Adira Dinamika (“Adira Insurance”), anak usaha Bank Danamon yang bergerak di segmen asuransi umum
  • Danamon meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank: Indonesia  oleh Asiamoney pada ajang malam penganugerahan Asiamoney Best Bank Award 2018 di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, pada tanggal 18 September 2018. Penghargaan Best Digital Bank ini telah diraih oleh Bank Danamon selama 2 tahun berturut-turut.
  • Peluncuran Application Programming Interface (API) Central, yaitu layanan open API atau open banking yang memungkinkan nasabah terhubung langsung dengan bank untuk pelaksanaan transaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial. Layanan ini menjawab kebutuhan dalam era digital yang serba cepat dan agile, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan berbasis teknologi digital dengan implementasi yang cepat, aman dan mudah.

2017

  • Rencana akuisisi saham Danamon oleh MUFG
  • Pembelian saham Danamon oleh MUFG sebesar 19% dari pemegang saham utamanya, Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (“AFI”), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. (“FFH”) 
  • Peluncuran Danamon Connect, layanan transaksi keuangan terpadu untuk memudahkan dan membantu nasabah segmen Enterprise Banking (Korporasi, Komersial, Financial Institution, serta Usaha Kecil dan Menengah)
  • Peluncuran DPoint, program point reward bagi nasabah
  • Peluncuran tagline teranyar “Saatnya Pegang Kendali”
  • Kerjasama dengan Investree
  • Peluncuran Danamon Red Match Soccer Camp, program anyar bagian dari program Red Match bersama Manchester United
  • Peluncuran Danamon Run, ajang lari pertama dari Danamon bagi publik

2016

  • Peluncuran fitur Ponsel D-Cash
  • Kerjasama dengan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA), Danamon Syariah menyediakan pembiayaan dan layanan perbankan syariah komprehensif kepada YPIA
  • Peresmian kantor pusat baru Menara Bank Danamon dan peluncuran Laku Pandai, Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif yang dijalankan di lima kota
  • Kerjasama Investree dan Danamon akan memberi manfaat kepada pemberi pinjaman dan pihak peminjam dimana proses semakin mudah, cepat dan transparan dalam bertransaksi melalui platform peer-to-peer market place yang dihadirkan oleh Investree
  • Peluncuran formasi baru akun-akun media sosial perusahaan untuk menghadirkan jaringan komunikasi dan informasi yang lebih efektif dan mudah diakses oleh nasabah dan pemangku kepentingan lainnya
  • Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) menjadi satu-satunya lembaga Corporate Social Responsibility (CSR) yang mewakili Indonesia dalam Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Perumahan dan Pembangunan Kota Berkelanjutan atau Habitat III di Quito, Ekuador
  • Peluncuran DCard Mobile, aplikasi smartphone untuk pemegang kartu kredit Danamon

2015

  • Kerja sama dengan International Islamic Trade Finance Corporation (IITFC) dalam Syariah Joint Trade Financing.
  • Peluncuran Mobil DSP untuk nasabah mikro.
  • Peluncuran Tabungan Bisa Umrah iB.
  • Peluncuran fitur e-commerce melalui Danamon Online Banking.

2014

  • Peluncuran “D-Mobile” Danamon Mobile Banking Application
  • Peluncuran Tabungan BISA iB dan Tabungan BISA Qurban iB Danamon Syariah
  • Kerja sama Program Literasi dan Edukasi Keuangan serta Perbankan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui sosialisasi Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK)
  • Penandatanganan nota kesepahaman dengan Indosat untuk menjalin kerjasama strategis layanan telekomunikasi dan perbankan
  • Penandatanganan nota kesepahaman dengan International Finance Corporation (IFC), anggota kelompok Bank Dunia dalam pengembangan dan model desain pembiayaan khususnya pada sektor agrobisnis di unit bisnis Danamon Simpan Pinjam

2013

  • Kerjasama dengan Wells Fargo dan Overseas Private Investment Corporation (OPIC) serta International Finance Corporation (IFC) untuk membiayai sektor UMKM Indonesia.
  • Jumlah transaksi online per bulan melalui Danamon Online Banking mencapai 2,6 juta.
  • Pembangunan kantor pusat Danamon baru “Menara Danamon”
  • Penerbitan laporan keberlanjutan bersertifikasi global reporting Initiative (GRI)

2012

  • Perluasan kantor cabang Solusi Emas Syariah
  • Peluncuran kartu debit dan ATM Manchester United

2011

  • Rights issue senilai Rp 5 triliun
  • Perayaan hari jadi Danamon yang ke-55

2010

  • Danamon dan Adira Finance melakukan penerbitan Obligasi dengan Bunga Tetap untuk meragamkan sumber pendanaan

2009

  • Rights Issue senilai Rp4 triliun
  • Penambahan Kepemilikan Saham di Adira menjadi 95%

2008

  • Persemian Danamon Corporate University
  • Perluasan jaringan kantor cabang

2007

  • Peluncuran DirhamCard, Kartu Kredit Syariah pertama di Indonesia

2006

  • Akuisisi Bisnis Kartu American Express di Indonesia
  • Perayaan Hari Jadi Danamon yang ke-50

2005

  • Ekspansi jaringan cabang Danamon Simpan Pinjam
  • Peluncuran Visi, Misi dan Nilai Perusahaan yang baru

2004

  • Peluncuran Danamon Simpan Pinjam.
  • Akuisisi Adira Finance

2003

  • Akuisisi mayoritas saham Pemerintah oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd.

2000

  • Legal merger dengan 8 bank yang diambil alih Pemerintah (Bank Taken Over)

1998

  • Diambil alih oleh Pemerintah akibat krisis keuangan Asia

1989

  • Menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham di Bursa Efek Jakarta

1988

  • Menjadi Bank Devisa pertama di Indonesia

1976

  • Berubah nama menjadi PT Bank Danamon Indonesia

1956

  • Didirikan sebagai Bank Kopra Indonesia