Derivative

Kami menyediakan layanan jasa perbankan dengan memberikan Nasabah solusi alternatif untuk melindungi asset dan kewajiban Nasabah terhadap fluktuasi suku bunga.

  • Interest Rate Swap (IRS)

Perjanjian transaksi antara 2 (dua) pihak untuk menukar asset atau kewajiban yang memiliki suku bunga mengambang dengan asset atau kewajiban yang memiliki suku bunga tetap atau sebaliknya untuk mata uang yang sejenis.

Manfaat

1. Sebagai instrument lindung nilai (hedging) eksposur suku bunga (interest exposure).

2. Mata uang yang tersedia adalah IDR dan USD.

  • Cross Currency Swap (CCS)

Perjanjian transaksi antara 2 (dua) pihak untuk menukar pokok nominal dan pembayaran suku bunga dalam mata uang yang berbeda, dmana penukaran pokok nominal biasanya menggunakan nilai tukar pada saat dimulainya transaksi.

Manfaat

1. Sebagai instrument lindung nilai (hedging) eksposur suku bunga (interest exposure).

2. Memberikan fleksibilitas kepada Nasabah untuk dapat bertukar baik arus bunga maupun pokok nominal menjadi denominasi mata uang lain.

3. Memungkinkan Nasabah untuk mengubah secara efektif kewajiban atau asetnya dari valuta yang satu menjadi valuta yang lain.

4. Mata uang yang tersedia adalah IDR, USD, JPY dan EUR.

  • Syarat, Ketentuan dan Biaya

Syarat dan Ketentuan

  1. Nasabah Bank Danamon.
  2. Bertransaksi langsung di Treasury.
  3. Memiliki fasilitas/limit Treasury – Pre Settlement Exposure/Settlement Risk (PSE/SR) dan menandatangani perjanjian fasilitas FX (FX Master Agreement) dan perjanjian lainnya.
  4. Nasabah melewati proses Customer Due Diligence (CDD) dan Customer Suitability.
  5. Nasabah menyerahkan seluruh dokumen yang disyaratkan Bank untuk produk ini.

Biaya

Biaya premi Swap yang dibebankan kepada Nasabah dihitung berdasarkan suku bunga acuan, jangka waktu transaksi dan marjin.