FAQ D-Wallet

General Topic
A: D-Wallet adalah layanan uang elektronik berbasis server yang disediakan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Layanan ini dapat diakses dan diunduh secara langsung oleh Pengguna melalui handphone pada Playstore (handphone dengan platform Android) dengan menggunakan jaringan internet pada handphone sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku pada Bank Danamon. Aplikasi D-Wallet dilengkapi dengan fitur isi ulang (top up), pembelian, pembayaran, transfer dan tarik tunai. Pengguna dapat menggunakan D-Wallet untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon dan merchant lainnya melalui fitur pembayaran Quick Response (QR) Code
A: Bank Danamon berkantor pusat di Menara Bank Danamon Jl. HR. Rasuna Said Blok C No. 10 Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.
A: Pengguna dapat menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090.
A: Pengguna dapat mengajukan pelaporan dan pengaduan dengan menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090
A: Bank Danamon menjamin keamanan data dari para Pengguna agar tidak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
A: Nomor member adalah nomor identifikasi dari Pengguna D-Wallet yang terdiri dari 16 digit angka yang di-create oleh sistem uang elektronik Bank Danamon dan menggunakan dasar dari nomor handphone yang didaftarkan oleh Pengguna.
 
A: Beberapa manfaat dari layanan ini yaitu: - Dengan menggunakan D-Wallet, Pengguna dapat melakukan transaksi online kapanpun dan dimanapun walaupun tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank. - Kemudahan dan kenyamanan pembayaran online dan offline dengan hanya menggunakan PIN. - Keleluasaan berbelanja dan mendapatkan penawaran menarik khusus untuk transaksi menggunakan D-Wallet. 
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
A: Pengguna D-Wallet dapat:
- Membayar semua barang atau jasa dari merchant baik yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon maupun merchant lainnya.
- Menerima penawaran menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Danamon.
- Membayar tagihan seperti tagihan pascabayar.
- Isi ulang/top up melalui channel Bank Danamon maupun Bank lain.
- Top up Gopay (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke sesama Pengguna D-Wallet (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Transfer ke rekening Bank Danamon maupun Bank Lain (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).
- Tarik tunai dari ATM Bank Danamon (hanya untuk Pengguna D-Wallet Premium).


Registration
A:Tidak ada biaya pendaftaran untuk menikmati Layanan D-Wallet.
A: Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan diri Pengguna sebagai Pengguna D-Wallet:
  1. Download aplikasi D-Wallet dari Playstore.
  2. Masukkan nomor handphone yang ingin Pengguna daftarkan kemudian Pengguna wajib membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan ketentuan umum Layanan D-Wallet.
  3. Mengisi data diri yang meliputi nama sesuai e-KTP, tanggal lahir, jenis kelamin, pertanyaan keamanan (security question) dan jawaban, serta PIN dan konfirmasi PIN. Setelah itu, Pengguna bisa melakukan pendaftaran dengan klik “Proses”.
  4. Memasukkan One Time Password (OTP) yang telah dikirimkan oleh Bank Danamon ke nomor handphone yang didaftarkan.
  5. Akun D-Wallet terbentuk dan Pengguna dapat langsung bertransaksi setelah top up saldo D-Walletnya.
     
A: Jika Pengguna tidak memasukkan OTP dalam aplikasi D-Wallet dalam waktu 10 menit , maka OTP tersebut akan kadaluarsa. Jika OTP yang diterima sudah tidak berlaku, maka Pengguna dapat melakukan permintaan pengiriman ulang OTP dengan klik “kirim ulang kode” pada Aplikasi D- Wallet. Tidak ada batasan limit untuk melakukan permintaan pengiriman ulang OTP.
 
A: Pengguna dapat mengajukan pelaporan dan pengaduan dengan menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090
A: Perbedaan utama D-Wallet Reguler dan D-Wallet Premium mengikuti peraturan Bank Indonesia tentang uang elektronik, yaitu:
- D-Wallet Premium memiliki batas maksimal saldo D-Wallet sebesar Rp10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) sedangkan D-Wallet Reguler hanya memiliki batas maksimal saldo D-Wallet sebesar Rp2.000.000,- (Dua Juta Rupiah).
- D-Wallet Premium dapat melakukan transaksi pembelian, transfer (sesama D-Wallet atau rekening bank baik rekening Bank Danamon maupun rekening Bank Lain), serta tarik tunai di ATM Danamon. Sedangkan, D-Wallet Reguler tidak dapat menggunakan fitur tersebut.
 
A: Syarat utama adalah Pengguna harus memiliki tanda pengenal yang sah, yaitu e-KTP.
 
A: Tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi Pengguna D-Wallet Premium yaitu:
- Log In ke Akun D-Wallet Pengguna, masuk ke menu “Profil”.
- Klik “Upgrade Sekarang”.
- Isi data diri, foto e-KTP dan selfie Pengguna yang diambil secara real-time melalui Aplikasi D- Wallet.
- Konfirmasi data dan klik “Proses”.
Setelah itu akan dilakukan verifikasi terhadap data Pengguna. Jika seluruh data sesuai dan sesuai kriteria maka request Pengguna akan diproses dan Pengguna akan menjadi Pengguna D-Wallet Premium. Pengguna akan menerima notifikasi baik jika permintaan upgrade akun diterima maupun ditolak dalam waktu 2 (dua) hari kerja. 
A: Tidak. Pengguna dapat melakukan top up melalui ATM maupun transfer online antar bank dalam jaringan ATM Bersama, Prima, dan ALTO.
A: Pengguna D-Wallet dapat:
Untuk Pengguna D-Wallet Reguler batas maksimal top up adalah Rp2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) dikurangi saldo yang ada dan Rp10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) untuk Pengguna D-Wallet Premium dikurangi saldo yang ada. Sedangkan batas incoming transfer termasuk top up setiap bulannya adalah Rp20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah).
A: Pastikan Pengguna telah mengisi semua data yang diperlukan pada formulir pendaftaran online yang terdapat di aplikasi D-Wallet dengan lengkap dan benar, serta pastikan nomor handphone yang didaftarkan masih aktif dan tidak dalam masa tenggang kartu.
A:Pastikan nomor handphone yang dimasukkan adalah nomor yang benar. OTP juga dapat tidak diterima karena adanya masalah pada layanan handphone, sehingga SMS tidak terkirim atau terlambat terkirim.

Security
A: Keamanan yang diterapkan yaitu PIN, OTP, dan pertanyaan keamanan (security question).
A: Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan keamanan D-Wallet:
- Rahasiakan PIN dan jawaban pertanyaan keamanan (security question) D-Wallet.
- Buatlah PIN yang tidak mudah ditebak tetapi dapat diingat.
- Lakukan perubahan PIN secara berkala.
- Jika menggunakan koneksi dan alat nirkabel pastikan bahwa keamanannya mencukupi.
- Biasakan untuk melakukan pengecekan saldo D-Wallet dan mutasi transaksi secara teratur.
Segera beritahukan kepada kami melalui Hello Danamon di nomor 1-500-090 jika terdapat masalah atau sesuatu yang mencurigakan.

Complain Handling & Penutupan
A: Pengguna dapat menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090 untuk penyelesaian permasalahan terkait penggunaan aplikasi D-Wallet.
A: Pengguna dapat melihat riwayat transaksi dalam enam bulan terakhir melalui Aplikasi D-Wallet. Pengguna dapat menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090 jika ingin melihat riwayat transaksi di atas enam bulan terakhir.
A: Pengguna dapat melakukan penutupan akun D-Wallet dengan menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090.