QR Danamon

  1. Aplikasi Merchant QR Danamon menyediakan aplikasi sistem Layanan Uang Elektronik untuk merchant yang bekerjasama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon”), dimana pada aplikasi itu merchant dapat memonitor cash flow masuk dan keluar dan juga dapat menerbitkan QR untuk transaksi QR Dinamik.
  2. Aplikasi D-wallet adalah jasa layanan uang elektronik berbasis server yang disediakan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon”). Layanan Uang Elektronik ini disediakan untuk Nasabah Bank Danamon maupun Non Nasabah Bank Danamon (“Pengguna”) selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses secara langsung oleh Pengguna melalui telepon seluler / handphone menggunakan menu pada aplikasi Danamon Wallet (D-Wallet) yang dapat diunduh melalui Playstore (Handphone dengan platform Android) dengan menggunakan jaringan internet pada telepon seluler / handphone sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku pada Bank Danamon.
  3. Force Majeure adalah setiap keadaan di luar kendali wajar Bank Danamon dan Pengguna dan yang di luar perkiraan dan tidak dapat diperkirakan yang terjadi yang membuat Transaksi Finansial tidak mungkin dapat dilanjutkan atau tertunda. Kejadian tersebut adalah termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    1. bencana alam, sambaran/serangan petir, gempa bumi, banjir, badai, ledakan, kebakaran dan bencana alam lainnya;
    2. epidemi atau pemberlakuan karantina;
    3. perang, kejahatan, terorisme, pemberontakan, huru hara, perang sipil, kerusuhan, sabotase dan revolusi;
    4. pemogokan;
    5. gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat menggangu layanan, web browser, komputer Pengguna, atau Internet Service Provider; dan
    6. sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan.
  4. Form Pendaftaran Merchant adalah media pendaftaran bagi merchant untuk menggunakan layanan Merchat QRIS Bank Danamon, dimana merchant dapat memiliki fasilitas pembayaran dengan QRIS.
  5. Layanan Merchant QRIS Bank Danamon adalah layanan bagi merchant untuk menggunakan QRIS sebagai media pembayaran digital yang difasilitasi oleh Bank Danamon.
  6. Merchant QRIS adalah merchant yang menggunakan jasa Bank Danamon untuk menggunakan layanan pembayaran QRIS pada outlet mereka masing-masing.
  7. Pengguna adalah merchant perorangan/badan hukum yang menggunakan Aplikasi Merchant QR Danamon.
  8. Pembayaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh pembeli kepada merchant untuk menyelesaikan transaksi pada merchant terkait.
  9. Produk dan Jasa adalah barang dan/atau jasa yang dijual oleh merchant terkait yang pembayarannya melalui QRIS Bank Danamon.
  10. Password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan. Password akan dikirimkan melalui SMS bersama dengan user ID oleh Bank Danamon setelah merchant melalui proses pendaftaran.
  11. QRIS atau QR Indonesian Standard adalah sebuah mekanisme pembaran digital melalui Uang Elektronik dimana QR code nya sudah distandarisasi oleh Bank Indonesia agar dapat di scan dengan semua Aplikasi Uang Elektronik yang terdaftar di BI.
  12. QR Statis adalah QR Code Pembayaran yang diterbitkan sebelum terdapat transaksi yang akan diinisiasi dan dapat dipindai berulang kali untuk memfasilitasi berbagai transaksi pembayaran yang berbeda
  13. Rekening Settlement adalah rekening yang dimiliki oleh Pengguna untuk menampung semua pembayaran yang dilakukan melalui QRIS pada H+1 transaksi secara otomatis.
  14. Transaksi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi dan dapat menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan yang dimiliki, baik itu bertambah atau berkurang.
  15. User ID adalah identitas Pengguna D-Wallet Merchant yang dimana user ID tersebut akan dibuatkan oleh Bank Danamon dan dikirimkan ke Merchant setelah mengisi Form Pendaftaran Merchant.
  1. Pengguna wajib mendownload Aplikasi D-Wallet Merchant melalui link yang diberikan Bank Danamon.
  2. Pengguna wajib mengisi form pendaftaran Merchant QRIS.
  3. Pengguna wajib login ke Aplikasi D-wallet Merchant melalu user ID dan Password yang diberikan Bank Danamon.
  1. Pengguna wajib membaca Syarat dan Ketentuan Layanan Merchant QRIS Bank Danamon (“Syarat dan Ketentuan”) dan menyetujui ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Merchant wajib membuka rekening di Bank Danamon sebagai Rekening Settlement tiap Transaksi.
  3. Setiap perintah yang telah disetujui dari Pengguna yang tersimpan pada pusat data Aplikasi Merchant QR Danamon merupakan data yang benar dan Pengguna menerima sebagai bukti perintah yang sah kepada sistem Merchant QR Danamon untuk melaksanakan Transaksi yang dimaksud.
  4. Jika Pengguna salah memasukkan password Aplikasi Merchant QR Danamon sebanyak 3 kali, maka layanan Merchant QR Danamon akan terblokir. Dan untuk dapat bertransaksi kembali, Pengguna harus mengajukan pembukaan blokir dengan menghubungi Hello Danamon (1- 500-090).
  5. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang diperintahkan telah berhasil dilakukan oleh sistem Aplikasi Merchant QR Danamon, Pengguna akan mendapatkan notifikasi tentang Transaksi melalui Aplikasi Merchant QR Danamon (di kolom “Histori”).
  6. Pembayaran yang masuk melalu QRIS Bank Danamon akan di lakukan settlement pada H+1 ke rekening Bank Danamon milik Merchant setelah Transaksi berjalan.
  7. Merchant wajib memberitahukan kepada Bank Danamon jika terdapat perubahan data Merchant.
  8. Bank Danamon akan menyediakan QR Statis yang bentuknya akan berupa print out / sticker QR kepada Merchant yang bekerjasama dengan Bank Danamon.
  9. Bank Danamon berhak menghentikan Layanan Kerjasama QRIS untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank Danamon untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain berdasarkan pertimbangan yang ditentukan oleh Bank Danamon, dan untuk itu Bank Danamon tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun. Setiap penghentian layanan kerjasama QRIS akan diberitahukan ke Pengguna paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum penghentian dilakukan.
  10. Pengguna dapat menutup Merchant QR Danamon ini dengan cara menghubungi Hello Danamon (1-500-090). Pengguna juga dapat menghubungi Hello Danamon untuk melakukan blokir, membuka blokir dan mengajukan pengaduan terhadap transaksi yang bermasalah.
  11. Penawaran Produk dan Jasa Merchant yang terdapat di dalam situs dan Aplikasi Layanan D- Wallet Merchant hanya sebagai informasi Produk bagi Pengguna saja, dan Merchant hanya merupakan kontraktor independen yang tidak berkaitan dengan Bank Danamon termasuk perusahaan, anak perusahaan, karyawan, manajemen atau pihak terafiliasi lainnya.
  12. Pengguna menjamin kepada Bank Danamon bahwa semua informasi mengenai Produk dan Jasa yang diberikan oleh Merchant adalah akurat, lengkap, benar atau terbaru.
  1. User ID bersifat tetap dan tidak dapat diubah kembali.
  2. Sebelum menerima pembayaran dengan melalui Transaksi QRIS, Pengguna wajib untuk melakukan perubahan password yang diberikan oleh Bank Danamon;
  3. Untuk mencegah terjadinya fraud dan penyalahgunaan Aplikasi Merchant QR Danamon untuk pencucian uang, Pengguna wajib untuk mengamankan User ID dan Password dengan cara:
    1. Tidak memberitahukan User ID dan Password kepada orang lain.
    2. Berhati-hati dalam menggunakan User ID dan Password agar tidak diketahui orang lain.
  4. Segala perintah dan Transaksi berdasarkan penggunaan User ID dan Password Aplikasi Merchant QR Danamon oleh pihak yang tidak berwenang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  5. Bank Danamon tidak memiliki tanggung jawab atas dan terbebas dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri sebagai akibat penyalahgunaan User ID dan Password Aplikasi Merchant QR Danamon oleh Pengguna.
  1. Akses Layanan Aplikasi Merchant QR Danamon akan dihentikan oleh Bank Danamon apabila:
    1. Pengguna meminta kepada Bank Danamon untuk menghentikan akses Layanan Merchant QR Danamon secara permanen yang antara lain disebabkan oleh:
      • Pengguna lupa akan User ID dan Password Layanan Merchant QR Danamon.
      • Pengguna menutup semua rekening yang dapat diakses melalui Layanan Merchant QR
    2. Diterimanya laporan tertulis dari Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya User ID dan Password Layanan Merchant QR Danamon disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak berwenang.
    3. Bank Danamon melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pengguna dilarang:
    1. Menjual barang dan/atau jasa yang dilarang peraturan perundang-undangan yang berlaku selama terdaftar sebagai Merchant QRIS yang bekerjasama dengan Bank Danamon; dan
    2. Memproses Transaksi yang sebelumnya sudah selesai diproses;
  3. Dalam hal Pengguna melanggar ketentuan pelarangan di atas, maka Bank Danamon berhak untuk menghentikan akses Layanan Merchant QRIS;
  4. Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses Layanan Merchant QR Danamon tersebut di atas, Pengguna wajib menghubungi Hello Danamon.
  5. Dalam hal Pengguna ingin mengakhiri penggunaan Layanan Merchant QR Danamon dan ingin melakukan penarikan tunai sisa saldo, maka penarikan tunai tersebut dapat dilakukan dengan mekanisme penarikan tunai atau mekanisme transfer ke rekening bank yang berlaku.
  1. Dalam hal terjadi Force Majeure maka pihak yang mengalami keadaan Force Majeure tersebut berkewajiban untuk memberitahukan pihak lainnya dan menghubungi Hello Danamon selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja terhitung setelah berakirnya keadaan Force Majeure tersebut.
  2. Apabila pihak yang mengalami keadaan Force Majeure tersebut tidak melakukan pemberitahuan kepada pihak lainnya dalam kurun waktu sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka seluruh kerugian yang mungkin timbul menjadi beban dan tanggung jawab pihak yang mengalami Force Majeure tersebut.
  3. Dalam hal terjadi kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Bank Danamon termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. segala gangguan virus telepon seluler,
    2. sistem trojan horses,
    3. komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi Layanan Merchant QR Danamon
    4. layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan,
    5. bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian, dan/atau
    6. sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Bank Danamon,
      Dengan ini Pengguna tidak dapat menuntut Bank Danamon untuk bertanggung jawab atas segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan transaksi maupun instruksi dari Pengguna melalui Aplikasi Layanan Merchant QR Danamon maupun Akun Pengguna, baik sebagian maupun seluruhnya.

Dengan ini Pengguna tidak dapat menuntut Bank Danamon untuk bertanggung jawab atas segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan transaksi maupun instruksi dari Pengguna melalui Aplikasi Layanan Merchant QR Danamon maupun Akun Pengguna, baik sebagian maupun seluruhnya.

Segala hak atas kekayaan intelektual yang melekat pada situs dan Aplikasi Merchant QR Danamon seperti logo, foto, gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, susunan warna dan kombinasi dari unsur-unsur merupakan milik Bank Danamon sepenuhnya. Pengguna Aplikasi Merchant QR Danamon dilarang untuk meniru, memperbanyak, atau menggunakannya untuk kepentingan dan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis dahulu dari Bank Danamon.

Bank akan mengkreditkan ke Rekening Settlement Pengguna, Transaksi yang berhasil dijalankan setelah dikurangi biaya Merchant Discount Rate (MDR) per transaksi sebagaimana komposisi biaya MDR per transaksi yang sudah diatur oleh BI sebagai berikut :

Jenis Merchant

Kategori

% MDR on & off us*

Reguler

 

0.7%

Khusus

Pendidikan

0.6%

SPBU

0.4%

G2P, P2G & donasi

0%

*MDR dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

  1. Bank Danamon sewaktu-waktu dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini termasuk namun tidak terbatas pada manfaat, risiko dan biaya layanan. Setiap perubahan Syarat dan Ketentuan akan diberitahukan kepada Pengguna dalam kurun waktu 30 hari kerja sebelum berlakunya perubahan tersebut.
  2. Dalam hal Pengguna berkeberatan atas perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut, maka Pengguna wajib memberitahukan keberataannya tersebut secara tertulis dalam waktu 30 hari kerja sesudah pemberitahuan dari Bank Danamon.
  3. Jika Pengguna tidak menyampaikan keberatan atas perubahan Syarat dan Ketentuan, maka Bank Danamon menganggap Pengguna menyetujui perubahan tersebut.
  1. Pengaduan Pengguna terkait aplikasi Layanan Kerjasama QRIS Bank Danamon dapat dilakukan dengan menghubungi Hello Danamon di nomor 1-500-090 atau melalui email hellodanamon@danamon.co.id.
  2. Dalam hal Pengguna melakukan pengaduan terkait dengan Rekening Settlement, maka pengaduan mengacu pada Syarat dan Ketentuan Umum pembukaan Rekening dan Layanan Perbankan yang berlaku di Bank Danamon.
  1. Keabsahan, penafsiran, dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  2. Apabila terjadi sengketa atau perselisihan (“Sengketa”) yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini atau pelaksanaannya, maka Bank Danamon dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan sengketa melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang dimuat dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau melalui Pengadilan Negeri di tempat kantor cabang Pemelihara Rekening.
  1. Penawaran Produk dan Jasa Merchant yang terdapat di dalam situs dan Aplikasi Merchant QR Danamon hanya sebagai informasi Produk bagi Pengguna saja, dan Pengguna hanya merupakan mitra kerjasama Bank Danamon yang tidak berkaitan dengan Bank Danamon termasuk perusahaan, anak perusahaan, karyawan, manajemen atau pihak terafiliasi lainnya.
  2. Pengguna menyetujui bahwa Bank Danamon tidak bertanggung jawab, atau menjamin, bahwa semua informasi mengenai Produk dan Jasa yang diberikan oleh Merchant adalah akurat, lengkap, benar atau terbaru.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Merchant QRIS Bank Danamon dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia dan kelaziman yang berlaku bagi perbankan, serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan /atau Otoritas Jasa Keuangan sehubungan dengan layanan Transaksi Perbankan melalui media elektronis, baik yang telah ada maupun yang akan ditetapkan dikemudian hari dan hal tersebut akan diberitahukan kepada Pengguna melalui sarana yang tersedia pada Bank Danamon termasuk namun tidak terbatas pada sara media tertulis maupun media elektronik.
  4. Apabila dalam kerjasama Merchant QRIS Bank Danamon ini, ditemukan dan/atau terdapat laporan mengenai indikasi tindak pidana pencucian uang, penipuan, dan/atau penyimpangan transaksi, seperti:
    1. dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi merupakan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia,
    2. kerjasama layanan QRIS Bank Danamon ini dimaksudkan dan/atau ditujukan untuk melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku di Republik Indonesia,
    3. transaksi dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia,
      maka Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Bank dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun. Bank Danamon juga berhak untuk menghentikan layanan kerjasama dalam hal terbukti melakukan hal di atas.
  5. Syarat dan Ketentuan ini merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dengan formulir pendaftaran Merchant Bank Danamon;

Perjanjian ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.