FAQ D-Bank PRO

A. UMUM

Layanan D-Bank PRO adalah layanan informasi dan transaksi perbankan yang disediakan oleh Danamon kepada Nasabah selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses oleh Nasabah, melalui aplikasi (mobile application) atau website dengan menggunakan jaringan internet pada telepon seluler/handphone atau computer/tablet pada situs (https://www.dbank.co.id)
Sebelumnya Layanan D-Bank hanya tersedia untuk versi mobile, sedangkan saat ini Layanan D-Bank PRO tersedia dan dapat diakses oleh Nasabah melalui aplikasi (mobile application) atau website.
Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore pada telepon selular. Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dapat digunakan dengan minimum iOS 11.4.1 dan minimum Android 5.0.1.
Layanan D-Bank PRO berbasis website dapat diakses melalui situs https://www.dbank.co.id menggunakan web browser sesuai dengan ketentuan Bank. Layanan D-Bank PRO berbasis website dapat digunakan dengan minimum Google Chrome 70.0.3538, Mozilla Firefox 64.0.2, Safari 12, Internet Explorer 11.0.80, MS Edge 41.16299.15.
Nasabah cukup melakukan aktivasi kembali pada aplikasi / platform baru Layanan D-Bank PRO dan untuk selanjutnya dapat menggunakan layanan dan fitur-fitur Layanan D-Bank PRO seperti biasa. 
Nasabah dapat menghubungi Hello Danamon di nomor: 1-500-090 atau email: hellodanamon@danamon.co.id . 
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 untuk melakukan reset password Layanan D-Bank PRO. Password Sementara (hanya berlaku dalam 24 jam) akan dikirimkan melaui SMS ke nomor telepon selular yang terdaftar pada sistem Danamon. Lakukan login melalui Layanan D-Bank PRO berbasis mobile atau Layanan D-Bank PRO berbasis website menggunakan Password Sementara dan anda akan diminta untuk melakukan perubahan Password.
- Masukkan User ID/Alamat Email dan Password Layanan D-Bank PRO dan klik Login pada Layanan D-Bank PRO berbasis website atau Layanan D-Bank PRO berbasis mobile
- Pilih menu ganti password
- Masukkan password saat ini
- Masukkan password baru anda dan konfirmasi password baru 
- Password Layanan D-Bank PRO telah terganti
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 untuk melakukan reset mPIN. Lakukan login melalui Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dan akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi (dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon selular yang terdaftar pada Bank) dan mPIN baru.
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 atau kunjungi Cabang Danamon terdekat untuk perubahan no. telepon selular.
Layanan D-Bank PRO dibuat dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan informasi pribadi dan keuangan Nasabah:
- Layanan D-Bank PRO dibuat menggunakan sistem keamanan terkini.
- Untuk dapat masuk ke Layanan D-Bank PRO dan bertransaksi, Nasabah harus memasukkan User ID/Alamat Email dan Password yang hanya diketahui oleh Nasabah. 
- Jika Password yang dimasukkan salah sebanyak tiga kali berturut-turut, maka akses Layanan D-Bank PRO akan diblokir untuk untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 
- Setiap transaksi finansial harus menggunakan Software Token/mPIN yang valid. 
- Jika tidak terdapat aktivitas selama lima menit, sistem secara otomatis akan mengakhiri (logout) akses Nasabah untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
- Tips-tips utk keamanan bertransaksi melalui Layanan D-Bank PRO berbasis website dan Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dapat dilihat oleh Nasabah pada Ringkasan Informasi produk D-Bank PRO pada website Bank Danamon di link berikut : https://www.danamon.co.id/id/E-Banking/Personal/D-Bank
 

B. REGISTRASI / AKTIVASI
Registrasi Layanan D-Bank PRO adalah proses yang harus dilakukan oleh pengguna baru Layanan D-Bank PRO agar dapat menggunakan Layanan D-Layanan Bank PRO berbasis website dan Layanan D-Bank PRO berbasis mobile. Aktivasi Layanan D-Bank PRO adalah proses yang harus dilakukan khusus oleh pengguna yang telah terdaftar sebelumnya dalam layanan e-channel Danamon (Danamon Online Banking dan/atau D-Bank) agar dapat menggunakan Layanan Layanan D-Bank PRO berbasis website dan Layanan D-Bank PRO berbasis mobile
Registrasi Layanan D-Bank PRO hanya dapat dilakukan melalui Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dengan langkah di bawah ini:
- Pilih tombol Daftar / Aktivasi pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile.
- Pilih jenis kartu (ATM/Debit atau Kredit) yang dikehendaki dan lengkapi data yang diminta oleh sistem.
- Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamon.
- Masukkan alamat email, apabila alamat email belum terdaftar di sistem Danamon, dan buat password Layanan D-Bank PRO.
- Buat mPIN yang digunakan untuk otorisasi transaksi.
- Pendaftaran selesai dan software token telah terdaftar.
- Masukkan User ID/Alamat Email dan Password Danamon Online Banking/D-Bank dan pilih tombol Login pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile.
- Pilih tombol Masuk
- Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamon.
- Masukkan mPIN yang digunakan untuk otorisasi transaksi.
- Aktivasi selesai dan software token telah terdaftar.
Untuk registrasi menggunakan Kartu ATM/Debit:
- Pastikan No. Kartu ATM/Debit yang dimasukkan adalah valid dan aktif.
- Pastikan PIN Kartu ATM/Debit yang dimasukkan adalah valid.
- Pastikan nomor telepon selular yang terdaftar pada Danamon masih aktif untusk menerima kode verifikasi.
- Pastikan kode verifikasi yang dimasukkan adalah valid.

Untuk registrasi menggunakan Kartu Kredit:
- Pastikan No. Kartu Kredit yang dimasukkan adalah valid dan aktif.
- Pastikan tanggal lahir yang dimasukkan adalah valid.
- Pastikan nomor telepon selular yang terdaftar pada Danamon masih aktif untuk menerima kode verifikasi.
- Pastikan kode verifikasi yang dimasukkan adalah valid.
 
Nasabah dapat langsung menggunakan dan bertransaksi di Layanan D-Bank PRO berbasis website dan Layanan D-Bank PRO berbasis mobile segera setelah proses registrasi/aktivasi pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile berhasil dilakukan.
Nasabah harus melakukan aktivasi ulang pada perangkat smartphone baru dengan langkah di bawah ini:
- Masukkan User ID/Alamat Email dan Password Layanan D-Bank PRO dan klik Login pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile
- Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamon
- Masukkan mPIN 
- Aktivasi ulang selesai dan software token telah terdaftar.

C. SOFTWARE TOKEN

Software Token adalah fungsi/fitur yang tersedia pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile yang dapat menghasilkan Kode Rahasia Token berupa Challenge Response maupun One Time Password (OTP) untuk dimasukkan pada layar transaksi Layanan D-Bank PRO berbasis website sebagai otorisasi transaksi sesuai dengan instruksi yang ditampilkan pada layar transaksi Layanan D-Bank PRO berbasis website.
Software Token digunakan untuk bertransaksi melalui Layanan D-Bank PRO berbasis website (internet banking).
Software Token dapat diakses melalui Aplikasi Layanan D-Bank PRO berbasis mobile yang dapat diunduh melalui Playstore (Android) dan Appstore (iOS).
Software Token akan secara otomatis aktif ketika Nasabah melakukan Pendaftaran atau Aktivasi Aplikasi Layanan D-Bank PRO berbasis mobile pada telepon selular Nasabah. 
Pastikan nomor telepon selular yang terdaftar pada sistem Danamon adalah nomor telepon selular aktif yang digunakan. Untuk perubahan nomor telepon selular, dapat dilakukan melalui Hello Danamon atau Cabang Danamon.

Fitur Software Token tidak akan terlihat jika Nasabah belum melakukan registrasi/aktivasi ulang pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile di smartphone Nasabah. Jika Nasabah sudah melakukannya, maka icon Software Token akan terlihat pada layar Login pada bagian bawah layar. Untuk panduan jelas maka dapat melihat pada halaman Informasi Produk Layanan D-Bank PRO.

Ya, Software Token menghasilkan Kode Rahasia Token secara online sehingga harus memiliki koneksi internet yang aktif di smartphone.

Nasabah harus memasukkan mPIN yang telah dibuat pada saat registrasi/aktivasi ulang Layanan D-Bank PRO. Setelah itu Software Token dapat menghasilkan APPLI 1 dan APPLI 2 yang perlu dimasukkan oleh Nasabah pada transaksi di Layanan D-Bank PRO berbasis website sesuai dengan instruksi yang diberikan pada layar transaksi Layanan D-Bank PRO berbasis website.

APPLI 1 adalah Kode Rahasia Token yang dapat dihasilkan dari Software Token untuk kemudian dimasukkan pada Layanan D-Bank PRO berbasis website untuk melanjutkan Transaksi Perbankan pada Layanan D-Bank PRO berbasis website yang memerlukan Kode Rahasia Token. Contoh transaksi pada Layanan D-Bank PRO berbasis website yang memerlukan APPLI 1 adalah transfer ke tujuan yang telah terdaftar, pembayaran ke tujuan yang telah terdaftar dan lain-lain.
APPLI 2 adalah Kode Rahasia Token berupa kode challenge yang harus dimasukkan ke dalam Software Token sesuai dengan instruksi dari Layanan D-Bank PRO berbasis website, yang secara sistem menghasilkan kode response yang harus dimasukkan pada aplikasi Layanan D-Bank PRO berbasis website untuk melanjutkan transaksi perbankan pada Layanan D-Bank PRO berbasis website yang memerlukan Kode Rahasia Token. Contoh transaksi pada Layanan D-Bank PRO berbasis website yang memerlukan APPLI 2 adalah transfer ke tujuan yang belum terdaftar, pembayaran ke tujuan yang belum terdaftar dan lain-lain.
Untuk alasan keamanan, masa berlaku Kode Rahasia Token APPLI 1/APPLI 2 adalah 5 (lima) menit.
Jika Software Token terkunci/terblokir karena kesalahan tiga kali berturut-turut, Nasabah harus menghubungi Hello Danamon untuk reset mPIN dan melakukan aktivasi ulang untuk membuat dan mengaktifkan mPIN dan Software Token baru.
Jika menggunakan smartphone yang sama, maka dapat tetap menggunakan Layanan D-Bank PRO yang telah didaftarkan sebelumnya namun disarankan untuk tetap mengubah / melakukan pengikinian data melalui cabang.
Jika Nasabah tidak memberitahukan Bank atas perubahan nomor telepon selular maka Nasabah tidak akan menerima informasi mengenai status Transaksi Finansial yang telah dilakukan oleh Nasabah dan informasi terkait Layanan D-Bank PRO lainnya.


D. TRANSAKSI

Layanan D-Bank PRO memiliki beragam transaksi untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan anda. Daftar transaksi dapat dilihat Nasabah pada Ringkasan Informasi Produk Layanan D-Bank PRO pada website Danamon.co.id
Transfer ke rekening Danamon dengan mata uang yang sama dapat dilakukan selama 24 jam, sedangkan transfer ke rekening Danamon dengan mata uang yang berbeda dapat dilakukan pada hari kerja pukul 00.00 WIB – 19.00 WIB.
Transaksi dapat dilakukan pada hari kerja dari pukul 09.00 WIB - pukul 15.00 WIB.
Fitur ini hanya tersedia untuk mata uang sesuai dengan produk tabungan/giro yang tersedia pada Danamon (contoh: IDR, USD, SGD, AUD, NZD, EUR, GBP, CNY).
Contoh transaksi yang diperbolehkan: Transfer dari rekening USD ke USD, transfer dari rekening USD ke AUD, transfer dari rekening IDR ke USD dalam CIF yang sama, transfer dari rekening IDR ke AUD dalam CIF yang sama.
Contoh transaksi yang tidak diperbolehkan: Transfer dari rekening IDR ke USD dengan CIF berbeda, transfer dari IDR ke AUD dengan CIF berbeda.
Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia, transaksi pembelian valuta asing terhadap rupiah oleh Nasabah kepada Bank tanpa disertai Underlying Transaksi hanya dapat dilakukan paling banyak sebesar USD 25.000,00 (dua puluh lima ribu dollar Amerika Serikat) atau ekuivalennya per bulan per Nasabah.
Batas pembelian valuta asing terhadap rupiah tanpa disertai Underlying Transaksi ini memperhitungkan seluruh transaksi pembelian valuta asing terhadap rupiah yang dilakukan oleh Nasabah pada seluruh channel Bank. Jika Nasabah telah mencapai batas maksimum pembelian valuta asing terhadap rupiah tersebut, maka Nasabah dapat melakukan transaksi pembelian valuta asing terhadap rupiah melalui cabang dengan mengikuti ketentuan mengenai transaksi valuta asing terhadap rupiah, antara lain dengan melampirkan Underlying Transaksi.
Tidak, hanya transaksi sekarang yang dapat dilakukan untuk transfer dalam valuta yang berbeda ke rekening Danamon dan transfer valas ke rekening bank lain.
Detail terkait batasan nominal untuk transaksi melalu Layanan D-Bank PRO dapat mengacu pada RIP (Ringkasan Informasi Produk) atau pada Halaman Biaya Transaksi D-Bank PRO yang dapat diakses oleh Nasabah melalui Danamon Corporate Website.
Detail terkait batasan nominal untuk transaksi melalu Layanan D-Bank PRO dapat mengacu pada RIP (Ringkasan Informasi Produk) atau pada Halaman Biaya Transaksi D-Bank PRO yang dapat diakses oleh Nasabah melalui Danamon Corporate Website.
Nasabah dapat melakukan registrasi menggunakan rekening gabungan, baik "gabungan atau" maupun "gabungan dan”.
Nasabah dengan rekening “gabungan atau” dapat melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui Layanan D-Bank PRO seperti rekening tabungan (CASA) lainnya, tetapi nasabah dengan “rekening dan” tidak dapat melakukan transaksi finansial melalui Layanan D-Bank PRO.
Nasabah tidak dapat menggunakan Layanan D-Bank PRO jika Kartu Debit/ATM terblokir. Nasabah harus mengunjungi cabang terdekat untuk membuka Kartu Debit/ATM yang terblokir sebelum dapat menggunakan Layanan D-Bank PRO kembali.
Nasabah tidak diperbolehkan untuk menggunakan enam karakter spesial berikut pada jenis data transaksi apapun " ´ ;< /> -- 
Karakter ini tidak diperbolehkan untuk menjaga keamanan Layanan D-Bank PRO dari ancaman oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Layanan transfer yang tersedia pada Layanan D-Bank PRO adalah transfer Online (ATM Bersama/ALTO/PRIMA), SKN, RTGS, dan BI Fast.
Transaksi SKN dan RTGS dapat dilakukan selama jam operasional yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia. Transaksi yang dikirim di luar jam operasional atau pada hari libur akan diproses dan didebit pada hari kerja berikutnya.
Tidak, layanan transfer Online (ATM Bersama/ALTO/Prima) dan BI Fast tersedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
Dengan layanan transfer Online (ATM Bersama/ALTO Prima), dana akan langsung diterima pada rekening penerima setelah transaksi dikirimkan dan nama penerima akan ditampilkan untuk dikonfirmasi sebelum transaksi dikirimkan.
Untuk memastikan apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak, Nasabah dapat melakukan pengecekan melalui mutasi rekening Nasabah pada Layanan D-Bank PRO atau Nasabah dapat menghubungi Hello Danamon.
Setiap kali Nasabah melakukan transaksi finansial melalui Layanan D-Bank PRO, Nasabah akan mendapatkan bukti nomor referensi. Nasabah dapat mencetak/menyimpan bukti nomor referensi tersebut
D-Cash adalah fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu di mesin ATM Danamon dengan melakukan reservasi terlebih dahulu pada Layanan D-Bank PRO berbasis website dan Layanan D-Bank PRO berbasis mobile.
- Akses menu Tarik Tunai Tanpa Kartu pada Layanan D-Bank PRO
- Pilih jenis penarikan (via ATM Danamon)
- Masukkan nomor ponsel atau pilih dari list kontak
- Pilih jumlah penarikan
- Masukkan mPIN untuk konfirmasi
- Jika reservasi berhasil, informasi No Token akan dtampilkan untuk dipakai saat penarikan tunai di ATM Danamon.
- Tekan salah satu tombol di sisi layar ATM Danamon
- Pilih menu Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu (D-Bank PRO)
- Masukan No. Ponsel yang digunakan pada saat reservasi
- Pilih nominal penarikan dana
- Masukan No Token
- Jika semua data sesuai, dana dapat ditarik dan trasaksi selesai
Limit maksimum adalah Rp5.000.000,- / hari dan akan diperhitungkan ke dalam limit transaksi harian.


E. BI FAST

BI Fast adalah proses transfer dana dari rekening Nasabah yang ada di Bank Danamon ke Nasabah bank lain yang termasuk dalam peserta BI Fast dengan menggunakan nomor rekening atau nomor telepon selular atau alamat email yang telah ditautkan dengan nomor rekeningnya dan telah terdaftar di bank lain dalam mata uang Rupiah, dimana dana akan diterima secara langsung pada rekening penerima.
Fitur BI Fast yang tersedia pada Layanan D-Bank PRO, antara lain:
• Pengaturan BI Fast (Daftar Proxy BI Fast, Ubah Proxy BI Fast, Hapus/Unreg Proxy BI Fast, dan Porting Proxy BI Fast)
• Transfer BI Fast
• Pilih menu ‘Profil’
• Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
• Pilih ‘Pengaturan BI Fast’ untuk menampilkan detailnya
Nasabah dapat melihat daftar Proxy BI Fast yang terdaftar di Bank Danamon dan bank lain, Daftar nomor handphone dan/atau email sebagai Proxy BI Fast, Ubah nomor rekening terdaftar di Proxy BI Fast, Hapus/Unreg Proxy BI Fast, dan Porting Proxy BI Fast dari bank lain.
Proxy adalah alias terhadap nomor rekening Nasabah yang ditautkan pada nomor handphone atau alamat email.
Ya, informasi Proxy BI Fast yang terdaftar di bank lain juga dapat ditampilkan jika Proxy bank lain tersebut terdaftar atas Nomor Identitas Nasabah yang sama dengan Nomor Identitas Nasabah yang terdaftar pada sistem Bank Danamon. Nomor Identitas Nasabah yang dimaksud adalah Nomor Identitas Nasabah yang terdapat pada KTP, KTP Sementara, Paspor, dan KITAS.
Daftar Proxy BI Fast adalah proses pendaftaran nomor handphone dan/atau alamat email Nasabah yang terdaftar dalam sistem Bank Banamon sebagai alias untuk nomor rekening Nasabah di Bank Danamon.
Rekening Nasabah yang ditautkan kepada Proxy BI Fast akan dapat menerima transfer dana dari bank lain melalui layanan BI Fast.
• Pilih menu ‘Profil’
• Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
• Pilih ‘Pengaturan BI Fast’ untuk menampilkan daftar informasi Proxy BI Fast Nasabah
• Pilih tombol ‘Daftar BI Fast’ yang terdapat pada Proxy nomor handphone atau alamat email yang terdaftar di sistem
Bank Danamon (tombol akan muncul jika nomor handphone dan/atau alamat email Nasabah belum terdaftar sebagai Proxy BI Fast)
• Pilih nomor rekening Bank Danamon yang ingin ditautkan dengan Proxy tersebut
• Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone atau alamat email (sesuai dengan Proxy yang ingin didaftarkan)
• Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Nasabah dapat melakukan pengkinian data terlebih dahulu melalui Hello Danamon (1-500-090 atau hellodanamon@danamon.co.id) atau melalui Cabang Bank Danamon.
Satu Proxy (nomor telepon selular atau alamat email) Nasabah hanya dapat ditautkan ke satu nomor rekening Bank Danamon, namun satu nomor rekening Bank Danamon dapat ditautkan ke satu atau lebih Proxy (nomor telepon selular dan alamat email) Nasabah, seperti pada contoh diagram berikut.
Ubah Proxy BI Fast adalah proses pengubahan nomor rekening yang ditautkan dengan Proxy nomor handphone dan/atau alamat email yang terdaftar di Bank Danamon.
• Pilih menu ‘Profil’
• Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
• Pilih ‘Pengaturan BI Fast’ untuk menampilkan daftar informasi Proxy BI Fast Nasabah
• Pilih tombol ‘Ubah’ yang terdapat pada Proxy BI Fast yang terdaftar di Bank Danamon
• Layar detail Proxy akan muncul, kemudian pilih tombol ‘Ubah’
• Pilih nomor rekening Bank Danamon yang ingin ditautkan dengan Proxy tersebut
• Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Tidak, pengubahan nomor handphone dan/atau alamat email hanya dapat dilakukan melalui Hello Danamon (1-500-090 atau hellodanamon@danamon.co.id) atau melalui Cabang Bank Danamon.
Hapus/Unreg Proxy BI Fast adalah proses penghapusan Proxy nomor handphone dan/atau alamat email yang terdaftar di Bank Danamon.
• Pilih menu ‘Profil’
• Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
• Pilih ‘Pengaturan BI Fast’ untuk menampilkan daftar informasi Proxy BI Fast Nasabah
• Pilih tombol ‘Ubah’ yang terdapat pada Proxy BI Fast yang terdaftar di Bank Danamon
• Layar detail Proxy akan muncul, kemudian pilih tombol ‘Hapus/Unreg’
• Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Proxy Nasabah tersebut tidak lagi tersimpan di dalam sistem BI Fast dan tidak dapat menjadi tujuan pengiriman dana dari bank lain yang dilakukan melalui layanan BI Fast.
Ya, Nasabah dapat mendaftarkan kembali Proxy nomor handphone dan/atau alamat email yang sebelumnya sudah pernah dihapus/unreg.
Porting Proxy BI Fast adalah proses pemindahan Proxy yang terdaftar di bank lain ke Bank Danamon.
• Pilih menu ‘Profil’
• Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
• Pilih ‘Pengaturan BI Fast’ untuk menampilkan daftar informasi Proxy BI Fast Nasabah
• Pilih tombol ‘Ubah’ yang terdapat pada Proxy BI Fast yang terdaftar di bank lain
• Layar detail Proxy akan muncul, kemudian pilih tombol ‘Pindahkan ke Danamon’
• Pilih nomor rekening Bank Danamon yang ingin ditautkan dengan Proxy tersebut
• Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Berikut syarat untuk melakukan Porting Proxy bank lain ke Bank Danamon:
• Proxy bank lain terdaftar atas Nomor Identitas Nasabah yang sama dengan Nomor Identitas Nasabah yang terdaftar pada sistem Bank Danamon
• Data nomor handphone dan/atau alamat email pada Proxy yang terdaftar di bank lain sama dengan data nomor handphone dan/atau alamat email yang terdaftar pada sistem Bank Danamon
• Jika data nomor handphone dan/atau alamat email pada Proxy yang terdaftar di bank lain berbeda dengan data nomor handphone dan/atau alamat email yang terdaftar pada sistem Bank Danamon, maka Nasabah hanya akan dapat melihat data Proxy tersebut tanpa bisa melakukan Porting Proxy ke Bank Danamon
Ya, Bank Danamon akan mengirimkan email notifikasi ke alamat email Nasabah yang terdaftar di Bank Danamon atas transaksi Daftar Proxy BI Fast, Ubah Proxy BI Fast, Hapus/Unreg Proxy BI Fast, dan Porting BI Fast yang berhasil dan juga push notification yang dapat dilihat pada perangkat Nasabah dan pada Layanan D-Bank PRO.
• Pilih menu ‘Transfer’
• Pada layar ‘Transfer Rupiah’, pilih ‘Rekening Sumber Dana’ dan ‘Tujuan Transfer’ ke nomor rekening atau nomor handphone atau alamat email penerima di bank lain
• Jika Nasabah memilih ‘nomor rekening’ sebagai tujuan transfer, maka Nasabah harus memilih layanan transfer yang ingin digunakan
• Jika Nasabah memilih ‘nomor handphone’ atau ‘alamat email’ sebagai tujuan transfer, maka layanan transfer akan didefault secara otomatis ke ‘BI Fast’
• Masukkan Jumlah dan Pesan (jika ada)
• Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Tidak, Nasabah tidak perlu mendaftarkan nomor handphone dan/atau alamat email sebagai Proxy BI Fast untuk melakukan transfer dana ke bank lain melalui layanan BI Fast.
Nasabah dapat melihat histori transaksi atas transaksi transfer BI Fast yang telah dilakukan pada menu ‘Histori Transaksi’ yang terdapat di Layanan D-Bank PRO. Selain itu, email notifikasi akan dikirimkan ke alamat email Nasabah yang terdaftar di Bank Danamon atas transaksi transfer BI Fast dan juga push notification yang dapat dilihat pada perangkat Nasabah dan pada Layanan D-Bank PRO.
Detail terkait batasan nominal untuk transaksi melalu Layanan D-Bank PRO dapat mengacu pada RIP (Ringkasan Informasi Produk) atau pada Halaman Biaya Transaksi D-Bank PRO yang dapat diakses oleh Nasabah melalui Danamon Corporate Website.
Detail terkait batasan nominal untuk transaksi melalu Layanan D-Bank PRO dapat mengacu pada RIP (Ringkasan Informasi Produk) atau pada Halaman Biaya Transaksi D-Bank PRO yang dapat diakses oleh Nasabah melalui Danamon Corporate Website


F. KARTU KREDIT

Saat ini, fitur Kartu Kredit yang terdapat di Layanan D-Bank PRO meliputi:
- Link Kartu Kredit
- Ringkasan Kartu Kredit
- E-Statement Kartu Kredit
- Transaksi Terakhir Kartu Kredit
- Payment Reminder
- Pilih menu ‘Profil’
- Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
- Pilih ‘Link Ke Kartu Kredit/Charge Card Amex’ untuk menampilkan detailnya
- Masukkan nomor Kartu Kredit yang akan dilink
- Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamon
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout
Ya, Kartu Kredit yang sebelumnya sudah pernah terdaftar sebagai User ID D-Bank PRO dapat di-link ke User ID D-Bank PRO lainnya. Setelah proses link Kartu Kredit tersebut berhasil, maka User ID D-Bank PRO yang sebelumnya terdaftar dengan menggunakan Kartu Kredit akan secara otomatis dinonaktifkan.
Ringkasan Kartu Kredit dapat ditampilkan jika Nasabah sudah pernah berhasil melakukan proses Link Kartu Kredit pada Layanan D-Bank PRO. Ringkasan Kartu Kredit dapat diakses dengan 2 (dua) cara, yaitu:
- Pilih menu ‘Rekening’
- Pada kategori, pilih ‘Kartu Kredit’ atau ‘Semua’
- Ringkasan Kartu Kredit yang dimiliki akan ditampilkan
atau - Pilih menu ‘Transaksi’
- Pada kategori ‘Transaksi Utama’, pilih ikon ‘Kartu Kredit Ku’
- Ringkasan Kartu Kredit yang dimiliki akan ditampilkan
- Pada Ringkasan Kartu Kredit, pilih salah satu dari Kartu Kredit yang ditampilkan
- Beranda Kartu Kredit Utama akan muncul
- Opsi tab yang tersedia untuk Kartu Kredit Utama, meliputi:
- Beranda
- Transaksi Terakhir
- E-Statement
- Nasabah dapat melihat detail Kartu Kredit Utama, yaitu:
  • Gambar Kartu Kredit
  • Minimum Pembayaran
  • Nomor Kartu Kredit
  • Total Pemakaian Kartu
  • Nama pada Kartu Kredit
  • Tanggal Jatuh Tempo
  • Status Kartu Kredit
  • Batas Kredit
  • Jumlah Tagihan
  • Sisa Batas Kredit
- Jika Nasabah mempunyai Kartu Kredit Suplemen, maka Beranda Kartu Kredit Suplemen (tambahan) dapat ditampilkan dengan cara menggeser gambar Kartu Kredit yang terdapat pada Beranda Kartu Kredit Utama.
- Opsi tab yang tersedia untuk Kartu Kredit Suplemen, meliputi:
- Beranda
- Transaksi Terakhir
-Nasabah dapat melihat detail Kartu Kredit Suplemen, yaitu: 
  • Gambar Kartu Kredit
  • Status Kartu Kredit
  • Nomor Kartu Kredit
  • Pemakaian Kartu
  • Nama pada Kartu Kredit
  • Batas Kredit

- Pada Beranda Kartu Kredit Utama, pilih tab ‘Transaksi Terakhir’
- Nasabah dapat melihat transaksi terakhir Kartu Kredit yang belum tercetak pada lembar tagihan, transaksi Kartu Kredit yang ditampilkan mencakup transaksi pendebitan, transaksi pengkreditan, transaksi posted, dan transaksi unposted
- Pada Beranda Kartu Kredit Utama, pilih tab ‘E-Statement’
- Pilih periode tagihan Kartu Kredit (hanya menampilkan 3 bulan terakhir)
- Pilih ‘Tampilkan di Layar’ untuk menampilkan lembar tagihan Kartu Kredit pada layar D-Bank PRO, atau
- Pilih ‘Download’ untuk mengunduh lembar tagihan Kartu Kredit yang kemudian akan tersimpan pada perangkat yang digunakan
Saat ini telah terdapat fitur baru yaitu Payment Reminder (Pengingat Pembayaran Tagihan) berupa email yang akan dikirimkan ke alamat email Nasabah yang terdaftar pada sistem Danamon dan juga berupa push notification yang dapat dilihat pada perangkat Nasabah dan pada Layanan D-Bank PRO. Payment Reminder akan dikirimkan secara otomatis oleh sistem kepada Nasabah yang sudah melakukan proses link Kartu Kredit melalui Layanan D-Bank PRO.
Saat ini fitur Aktivasi Kartu Kredit belum dapat diakses oleh Nasabah melalui Layanan D-Bank PRO meskipun tombol ‘Aktivasi Sekarang’ sudah dapat dilihat. Tunggu kehadiran fitur ini segera, ya!


G. REKENING RENCANA / SUB ACCOUNT - D-SAVE PLUS

Tabungan Danamon Save Plus adalah tabungan yang membantu Anda dalam mengatur keuangan untuk beragam kebutuhan, baik untuk mengatur pengeluaran bulanan maupun untuk kebutuhan perencanaan jangka panjang.
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk melakukan pembukaan Danamon Save Plus adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Setoran awal untuk Danamon Save Plus adalah sebesar Rp100.000,-
- Pastikan anda telah melakukan registrasi/aktivasi Layanan D-Bank PRO
- Pilih jenis produk Danamon Save Plus (Regular / Syariah)
- Pilih Menu Danamon Save Plus dan pilih goal yang diinginkan. Masukkan nama rencana dan unggah foto rencana anda
- Pilih rekening sumber dana, periode transfer dan masukkan jumlah setoran awal, jumlah transfer dan jumlah rencana anda
- Masukkan mPIN anda untuk konfirmasi
Fitur yang terdapat pada Danamon Save Plus adalah top up saldo Danamon Save Plus, ubah rencana dan lihat riwayat transaksi Danamon Save Plus. Ketentuan detail mengenai Danamon Save plus dapat diakses pada halaman Produk Danamon Save Plus pada www.danamon.co.id


H. DEPOSITO BERJANGKA

- Pilih menu Penempatan Deposito Berjangka
- Pilih sumber rekening, tenor yang diinginkan dan input jumlah pokok deposito
- Pilih instruksi jatuh tempo (perpanjang otomatis atau kredit ke sumber rekening) dan Pilih pembayaran bunga (kredit ke rekening deposito atau kredit ke sumber rekening)
- Masukkan Kode Token APPLI 1/APPLI 2 pada Layanan D-Bank PRO berbasis website atau mPIN pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile
- Proses penempatan deposito berjangka selesai
Deposito berjangka yang telah ditempatkan dapat diubah dengan mengakses menu perubahan deposito berjangka
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk melakukan pembukaan rekening deposito berjangka adalah rekening tabungan dan giro (CASA).


I. PEMBAYARAN NIRSENTUH (CONTACTLESS PAYMENT) BERBASIS QRIS

Pembayaran nirsentuh (contactless payment) berbasis QRIS adalah salah satu metode pembayaran yang dapat dilakukan dengan memindai/scan sebuah barcode/QRIS Code yang tersedia pada merchant atau dengan mengupload foto barcode/QRIS Code yang tersedia pada galeri device. Barcode/QR Code yang dapat diproses pembayarannya oleh Bank adalah Barcode/QR Code yang sudah memiliki Standar Nasional QR Code Pembayaran.  Saat ini menu pembayaran nirsentuh (contactless payment) berbasis QRIS hanya tersedia pada aplikasi D-Bank PRO Mobile.
 
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran nirsentuh (contactless payment) berbasis QRIS adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Tidak, layanan transaksi pembayaran nirsentuh (contactless payment) berbasis QRIS dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
- Login ke aplikasi D-Bank PRO Mobile
- Klik tombol ‘QR’ pada menu di bagian bawah halaman Beranda
- Scan QRIS Code yang tersedia pada merchant atau upload QRIS Code dari galeri device
- Setelah QRIS Code tervalidasi, system akan menampilkan halaman Pembayaran
- Pilih ‘Rekening Sumber Dana’
- Masukkan ‘Jumlah’ (khusus untuk QR static)
- Klik ‘Lanjut’, lalu lakukan konfirmasi data transaksi dengan memasukkan ‘MPIN’
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout
- Lebih ringkas, tanpa fisik uang atau kartu
- Mudah dilakukan, tidak perlu repot mencari ATM ketika sedang tidak ada uang cash
- Hemat waktu
- Sistem pembayaran yang lebih responsive
- Aman digunakan

J. PEMBAYARAN ADIRA

Pembayaran Adira adalah salah satu opsi pada menu ‘Asuransi’ yang disediakan oleh Danamon yang dapat digunakan untuk membayar Asuransi Adira.
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Adira adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Tidak, layanan transaksi pembayaran Adira dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
- Pilih menu ‘Asuransi’
- Pilih ‘Rekening Sumber Dana’ dan Tujuan Transaksi ‘Asuransi Adira’
- Detail pembayaran Asuransi Adira akan ditampilkan
- Klik ‘Lanjut’, lalu lakukan konfirmasi data transaksi dengan memasukkan ‘mPIN’
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout


K. TOP-UP PAKET DATA INTERNET TELKOMSEL

Top-up Paket Data Internet Telkomsel adalah salah satu opsi pada menu ‘Paket Data Internet’ yang disediakan oleh Danamon yang dapat digunakan untuk top-up Paket Data Internet Telkomsel.
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk top-up Paket Data Internet Telkomsel adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Tidak, layanan top-up Paket Data Internet Telkomsel dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
- Pilih menu ‘Paket Data Internet’
- Pilih ‘Rekening Sumber Dana’ dan Penyedia Jasa ‘Telkomsel Pulsa Internet’
- Masukkan detail pembelian Paket Data Internet Telkomsel
- Klik ‘Lanjut’, lalu lakukan konfirmasi data transaksi dengan memasukkan ‘mPIN’
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout


L. PESAN / INFORMASI

Pesan/Informasi adalah fitur yang terdapat pada Layanan D-Bank PRO yang diperuntukkan agar Nasabah dapat melihat kembali ringkasan dari transaksi finansial dan non-finansial yang telah dilakukan di Layanan D-Bank PRO.
- Klik ikon ‘Lonceng’ yang tersedia pada bagian atas halaman Beranda
- Daftar Pesan/Informasi akan muncul
- Klik salah satu Pesan/Informasi untuk menampilkan detailnya
 


M. BIOMETRIC LOGIN

Biometric Login adalah proses login dengan menggunakan verifikasi identitas Nasabah yang melibatkan pemindaian atau analisis beberapa bagian tubuh, yaitu: Fingerprint dan Face ID.
- Login ke aplikasi Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dengan menggunakan password
- Pop-up message yang menanyakan apakah Nasabah ingin setup Biometric Login atau tidak akan ditampilkan untuk Nasabah yang belum setup Biomeric Login
- Pilih ‘Ya’ untuk lanjut setup dan setujui syarat & ketentuan
- Lanjut untuk scan sidik jari (khusus untuk handset yang support Touch ID) / wajah (khusus untuk handset yang support Face ID)
- Jika sidik jari / wajah Nasabah yang telah discan sesuai dengan yang tersimpan pada device Nasabah, maka data Touch ID/Face ID akan tersimpan dan Biometric Login akan diaktifkan untuk digunakan pada proses login selanjutnya
- Buka aplikasi Layanan D-Bank PRO berbasis mobile
- Pada halaman Login, pop-up untuk melakukan Biometric Sign On akan ditampilkan
- Lanjut untuk scan sidik jari (khusus untuk handset yang support Touch ID) / wajah (khusus untuk handset yang support Face ID)
- Jika data Touch ID/Face ID sesuai, maka halaman Beranda akan ditampilkan
Nasabah dapat mengubah setting Biometric Login pada menu Setting. Setting yang dilakukan meliputi enable/disable Biometric Login dan setting ulang Biometric Login
- Dapat melakukan identifikasi dengan akurat
- Memudahkan Nasabah untuk mengakses aplikasi
- Karakteristik sidik jari/wajah sulit untuk dipalsukan


N. BULK TRANSFER

Bulk Transfer adalah salah satu fitur yang dapat digunakan oleh Nasabah untuk melakukan transfer dana massal secara online antar sesama rekening Danamon
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk Bulk Transfer adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Tidak, layanan Bulk Transfer dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
- Pilih ‘Bulk Transfer’ yang terdapat pada menu ‘Transfer’
- Pilih ‘Rekening Asal’ dan ‘Penerima’ (Penerima dapat dipilih lebih dari satu)
- Klik ‘Lanjut’, lalu lakukan konfirmasi data transaksi dengan memasukkan ‘mPIN’
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout
- Transfer ke rekening Danamon secara massal dapat diselesaikan seketika hanya dengan satu kali proses eksekusi transaksi
- Mempermudah dan memperlancar proses transfer ke rekening Danamon secara massal karena transaksi dapat dilakukan secara online


O. PEMBAYARAN TRANSAKSI E-COMMERCE

Pembayaran Transaksi E-Commerce adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Danamon yang dapat mempermudah Nasabah dalam pembayaran belanja online pada website merchant
Tipe rekening yang dapat digunakan untuk Pembayaran Transaksi E-Commerce adalah rekening tabungan dan giro (CASA).
Tidak, layanan Pembayaran Transaksi E-Commerce dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu
- Melakukan transaksi belanja online/e-commerce di website merchant
- Memilih ‘Danamon D-Bank PRO’ sebagai metode pembayaran
- Halaman Login Omnichannel versi web akan ditampilkan
- Masukkan User ID/Alamat Email dan Password untuk login
- Data transaksi belanja online akan ditampilkan
- Pilih ‘Rekening Sumber Dana’
- Klik ‘Lanjut’, lakukan konfirmasi data transaksi dan masukkan kode token (kode token dihasilkan pada menu Software Token pada Layanan D-Bank PRO berbasis mobile dimana untuk mengakses Software Token, mPIN harus dimasukkan sebagai otorisasi)
- Sistem akan menampilkan konfirmasi transaksi berhasil/gagal/timeout
- Pembayaran yang dilakukan akan dideteksi secara instan dan otomatis oleh sistem
- Tersedia riwayat transaksi beserta detailnya untuk memudahkan proses monitoring
- Notifikasi otomatis yang dikirimkan oleh system
- Transaksi pembayaran menjadi lebih aman
- Tidak diperlukannya bentuk uang atau kartu kredit secara fisik


P. PROFIL

Menu Profil adalah menu yang tersedia untuk Nasabah agar dapat mengatur Profilnya sesuai dengan kebutuhan
- Link ke Kartu Kredit/Charge Card Amex
- Pengaturan Kartu Debit/Kredit untuk e-Commerce
- Pengaturan BI Fast
- Registrasi E-Statement
- Keamanan (Ubah Password, Ubah mPIN, Biometric Login)
- Kotak Pesan
- Pengaturan Lainnya
- Pilih menu ‘Profil’
- Jenis Pengaturan yang tersedia akan ditampilkan
- Pilih salah satu jenis Pengaturan untuk menampilkan detailnya
Setiap kali Nasabah melakukan perubahan data pada menu Profil melalui Layanan D-Bank PRO, Nasabah akan mendapatkan bukti nomor referensi. Nasabah dapat mencetak/menyimpan bukti nomor referensi tersebut