FAQ D-Bank

Fitur dan Layanan

A: D-Bank adalah Jasa Layanan Informasi dan Transaksi Perbankan yang disediakan oleh Danamon kepada Nasabah selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses secara langsung oleh Nasabah melalui telepon seluler/handphone menggunakan menu pada aplikasi D-Bank dengan menggunakan media jaringan internet pada telepon seluler/handphone sesuai ketentuan yang berlaku di Bank.
A: Jenis layanan transaksi D-Bank sebagai berikut: 
- Informasi saldo dan mutasi rekening.
- Transfer dana.
- Informasi Produk perbankan termasuk simulasi produk.
- Pembelian: pulsa isi ulang, Tiket Penerbangan (Garuda/Lion Air), Voucher televisi berbayar (Orange TV), Paket data internet (Bolt/XL).
- Pembayaran: Kartu Kredit Danamon dan bank lainnya, Tagihan bulanan seperti Telkom dan Ponsel pascabayar, tagihan televisi berbayar (Okevision/TOP TV/ Indovision/ Transvision/ Topas TV/Nex Media), Pinjaman (Adira Finance/Kredit), dan Pembayaran Virtual Account.
- Transaksi Tunai Tanpa Kartu (D-Cash), SosMed D-Cash, dan Ponsel D-Cash.
- Pembukaan Rekening Online: Danamon LEBIH, TabunganMU dan FlexiMAX, D-Save & D-Save Plus, Deposito Online.klik di sini
A: Persyaratan untuk mendapatkan layanan D-Bank adalah
- Nasabah Danamon yang memiliki Tabungan atau Giro.
- Nasabah Danamon pemegang Kartu Kredit Danamon (Visa atau MasterCard).
- Memiliki smartphone dengan spesifikasi system operasi IOS atau Android dengan versi yang telah ditentukan pada saat mendownload Aplikasi D-Bank)
- Sebagai pelanggan provider Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, 3,
- Menggunakan layanan data (internet).
- Memiliki alamat email pribadi yang aktif.
A: Lakukan pengunduhan (download) aplikasi D-Bank melalui

1. PlayStore(bagi pengguna android/tablet).

2. AppStore ( Iphone/Ipad).


Aktivasi Layanan

A: Terdapat 2 cara untuk aktivasi layanan D-Bank yaitu :
1. Bagi Nasabah yang melakukan pembukaan rekening melalui D-Bank Registration, secara otomatis mendapatkan layanan D-Bank dan dapat langsung Log In menggunakan alamat email & password D-Bank Registration.
2. Bagi yang telah memiliki User ID atau Email dan Password Aktif - pengguna Danamon Online Banking; dapat melakukan aktivasi dengan langkah-langkah sbb:
• Klik Aktivasi.
• Klik Danamon Online Banking.
• Klik Setuju untuk setiap ketentuan yg berlaku.
• Masukkan User id & Password Danamon Online Banking pada kolom yg tersedia - klik lanjut.
• Nasabah akan terima kode aktivasi ke No HP yg terdaftar di Danamon Online Banking.
• Input kode aktivasi yg diterima via sms pada kolom yg tersedia - klik lanjut.
• Input 6 digit mPIN yg diinginkan.
• Ketik ulang 6 digit mPIN --- klik lanjut.
• Selesai -- langsung aktif.
Google Play (bagi pengguna android/tablet)
3. Bagi yang belum memiliki User id/Email dan Password Danamon Online Banking dapat melakukan aktivasi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
• Klik Aktivasi.
• Klik Kartu Debit/ATM.
• Klik Setuju untuk setiap ketentuan yg berlaku.
• Input data-data : No Kartu ATM , PIN ATM, No HP , alamat email - klik lanjut (Catatan: No HP yg diinput harus sama dengan yang terdaftar pada sistem Bank).
• Input User id yg diinginkan (8-20 Char).
• Input Password yg diinginkan (Min & Maks 8 Char) - klik lanjut
• Nasabah akan terima Kode Aktivasi melalui SMS ke nomor HP sesuai yang dengan yang terdaftar pada sistem Bank Danamon.
• Input Kode Aktivasi yg diterima via sms pada kolom yg tersedia - klik lanjut.
• Input 6 digit mPIN yg diinginkan.
• Input mPIN yg diinginkan sekali lagi.
• Selesai langsung aktif.
A: Aktivasi dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Debit/ATM yaitu :
• Klik Aktivasi.
• Klik Kartu Debit/ATM.
• Klik Setuju untuk setiap ketentuan yg berlaku.
• Input data-data : No Kartu ATM , PIN ATM, No HP , alamat email - klik lanjut (Catatan: No HP yg diinput harus sama dengan yang terdaftar pada sistem Bank).
• Input User ID/Email
• Input Password yg diinginkan (8 karakter terdiri dari angka dan huruf ) - klik lanjut.
• Nasabah akan terima Kode Aktivasi melalui SMS ke nomor HP sesuai yang dengan yang terdaftar pada sistem Bank Danamon.
• Input Kode Aktivasi yg diterima via sms pada kolom yg tersedia - klik lanjut.
• Input 6 digit mPIN yg diinginkan.
• Input mPIN yg diinginkan sekali lagi.
• Aktivasi telah selesai dan Nasabah dapat langsung menggunakan Aplikasi D-Bank.
A:Untuk saat ini, Aktivasi D-Bank melalui cara "Pengguna Kartu Debit" belum dapat terdaftar sebagai pengguna Danamon Online Banking secara otomatis. Nasabah dapat melakukan pendaftaran Danamon Online Bankingmelalui ATM/Web Online: https://www.danamonline.com..
A: Jika Nasabah sudah memiliki User ID Danamon Online Banking,maka Nasabah dapat melakukan aktivasi melalui Danamon Online Banking.
A: User ID D-Bank akan ikut terblokir dalam kurun waktu 7 menit. Untuk dapat kembali menggunakan layanan D-Bank, maka dapat melakukan registrasi ulang sesuai dengan ketentuan D-Bank yang berlaku.

User ID/ E-Mail Password

A: Berikut adalah langkah-langkah yang harus diilakukan :
• Silakan melakukan registrasi internet banking terlebih dulu di ATM. Setelah itu, Nasabah akan mendapatkan User ID sementara dan akan dikirimkan Password Sementara via SMS. Nasabah dapat melakukan perubahan User ID dan Password Sementara menjadi permanen dengan cara Log In ke Danamon Online Banking. Setelah itu lakukan aktivasi D-Bank dengan cara masuk melalui menu pengguna Danamon Online Bankingsetelah 7 menit perubahan dilakukan, ATAU
• Silakan Nasabah melakukan pengkinian data terlebih dahulu ke cabang Danamon untuk No HP nya setelah itu baru lakukan aktivasi D-Bank menggunakan jalur pengguna kartu debit ATAU
• Jika Nasabah memiliki TPIN maka bisa melakukan perubahan nomor HP melalui Agent Hello Danamon dan setelah nomor HP ter-update (tidak bisa dihari yg sama, mengikuti Service Level  Hello Danamon) Nasabah bisa lakukan aktivasi D-Bank melalui pengguna kartu Debit.

Log In & Transaksi

A: Tetap bisa melakukan transaksi tertentu saja seperti cek saldo dan mutasi namun demi keamanan rekening maka disarankan untuk melakukan blokir layanan D-Bank.
A: Layanan D-Bank tidak akan link ke kartu ATM yang baru secara otomatis; namun dapat mengajukan link tersebut pada saat penggantian kartu ATM di Cabang Bank Danamon
A : Setiap penggantian perangkat HP/device maka Log In tidak dapat dilakukan secara langsung melainkan harus melakukan aktivasi kembali.
A : Transaksi melalui D-Bank tidak dapat menggunakan rekening yang berstatus Dormant.
A : Transaksi melalui Danamon Online Banking tetap dapat dilakukan karena proses pemblokiran dilakukan hanya berlaku untuk layanan D-Bank.

Perubahan/Lupa Password - Email Notifikasi

A : 1. Jika Aktivasi melalui Danamon Online Banking & D-Bank Registration Perubahan Password secara berkala merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna menjaga keamanan rekening dengan melakukan perubahan Password via Danamon Online Banking sebagai berikut:
a) Log In Danamon Online Banking
b) Pilih Layanan
c) Pilih Ganti Password
d) Masukkan Password Sekarang
e) Masukkan Password Baru
f) Masukkan Password Baru 1 kali untuk konfirmasi danLanjut
g) Masukkan OTP (One Time Password)Konfirmasi
h) Transaksi penggantian Password selesai

2. Jika Aktivasi melalui Kartu Debit/ATM atau Kartu KreditJika nomor HP yang terdaftar adalah sama dengan nomor HP yang digunakan untuk bertransaksi maka cukup ajukan reset Password. Jika berbeda, maka dapat datang ke cabang Danamon terdekat untuk melakukan pengkinian data.
A: Terdapat email pemberitahuan yang dikirimkan ke alamat email terdaftar
A: Terdapat email pemberitahuan yang dikirimkan ke alamat email terdaftar.
A: Apabila Nasabah memegang perangkat handphone yang telah memiliki fitur scan sidik jari / fingerprint (semua tipe handphone) atau identifikasi wajah / Face ID (untuk Handphone dengan sistem operasi IOS tertentu), maka Nasabah dapat menggunakan sidik jari / identifikasi wajah yang terdaftar pada perangkat handphone tersebut untuk untuk melakukan login ke aplikasi D-Bank Ini merupakan cara tambahan untuk login D-Bank selain menggunakan UserID/Email dan Password
  • Pastikan perangkat handphone Nasabah sudah mendukung untuk scan sidik jari / fingerprint (semua tipe handphone) atau identifikasi wajah / Face ID (untuk Handphone dengan sistem operasi IOS), ,serta telah mendaftarkan sidik jari atau identifikasi wajah tersebut pada menu pengaturan sebagaimana fitur bawaan yang dimiliki oleh perangkat handphone. 
  • Lakukan login secara manual terlebih dahulu di Aplikasi D-Bank. 
  • Apabila login telah berhasil, maka akan muncul informasi berupa pop up untuk mengaktifkan login menggunakan sidik jari /fingerprint  atau identifikasi wajah / Face ID
  • Ikuti panduan verifikasi yang ada pada layar handphone. 
  • Jika verifikasi berhasil maka setiap kali aplikasi D-Bank dibuka, Nasabah cukup melakukan scan sidik jari atau identifikasi wajah / Face ID saja tanpa perlu login manual menggunakan UserID/Email dan Password.

Fungsi login pada aplikasi D-Bank menggunakan sidik jadi / identifikasi wajah ini bertujuan untuk mempermudah Nasabah yang tidak ingin login secara manual namun tetap aman dan nyaman. Untuk keamanan login menggunakan sidik jari, Bank Danamon menganjurkan Nasabah untuk selalu mengikuti anjuran berikut :

  • Membatasi penambahan jumlah sidik jari / identifikasi wajah pada perangkat handphone yang terlalu banyak / yang tidak diperlukan.
  • Tidak mendaftarkan sidik jari / identifikasi wajah selain dari  Nasabah pemilik rekening (yang melakukan akses ke D-Bank).
  • Tidak memberikan perangkat handphone maupun akses scan sidik jari / identifikasi wajah kepada orang lain termasuk petugas Bank atau anggota keluarga/orang terdekat.

Apabila terdapat sidik jari / identifikasi wajah baru yang didaftarkan, Nasabah dianjurkan kembali untuk memeriksa apakah sidik jari / identifikasi wajah baru tersebut benarditambahkan oleh Nasabah selaku pemilik, atau ditambahkan oleh orang lain. Nasabah harus melakukan login secara manual terlebih dahulu untuk kembali mengaktivasi fitur login menggunakan sidik jari / identifikasi wajah. Hal ini dilakukan agar data, aktivitas login dan transaksi tetap aman dan nyaman serta menghindari risiko penyalahgunaan.

Apabila Nasabah telah mengaktivasi fitur login menggunakan sidik jari / Identifikasi Wajah kemudian ingin menonaktifkan, atau belum melakukan aktivasi namun tidak ingin menerima informasi pop up aktivasi sidik jari setiap kali login manual berhasil dilakukan, maka Nasabah dapat mematikan opsi login tersebut pada menu Pengaturan.

Lain-Lain

A: layanan D-Bank tidak bisa digunakan apabila Nasabah melakukan penutupan layanan Danamon Online Banking di Cabang.
A: Akan dianjurkan atau update secara otomatis untuk melakukan unduh/download ulang.
A: FAQ ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari syarat & ketentuan umum D-Bank. Untuk Informasi lebih lanjut dan penjelasan yang lebih lengkap mengenai D-Bank, agar dapat mengacu ke : Informasi Produk
Syarat & ketentuan dapat diakses pada link : Syarat & Ketentuan
Dan informasi biaya-biaya layanan dapat diakses pada link : Biaya-biaya layanan