TANYA JAWAB (FAQ)
D-Bank dan Software Token
D-Bank adalah jasa layanan informasi dan transaksi perbankan yang disediakan oleh Danamon kepada Nasabah selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses oleh Nasabah melalui D-Bank Mobile dengan menggunakan telepon selular dan melalui D-Bank Web dengan menggunakan komputer/tablet.
D-Bank lama hanya tersedia untuk versi mobile, sedangkan D-Bank baru tersedia untuk versi mobile dan internet. D-Bank baru menggunakan platform Danamon Online Banking yang diperbaharui sehingga dapat diakses melalui aplikasi mobile maupun web browser (internet).
D-Bank Mobile dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore pada telepon selular. D-Bank Mobile dapat digunakan dengan minimum iOS 11.4.1 dan minimum Android 5.0.0.
D-Bank Web dapat diakses melalui situs https://www.dbank.co.id menggunakan web browser sesuai dengan ketentuan Bank. D-Bank Web dapat digunakan dengan minimum Google Chrome 70.0.3538, Mozilla Firefox 64.0.2, Safari 12, Internet Explorer 11.0.80, MS Edge 41.16299.15.
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 untuk melakukan reset password D-Bank. Password Sementara (hanya berlaku dalam 24 jam) akan dikirimkan melaui SMS ke nomor telepon selular yang terdaftar pada sistem Danamon. Lakukan login melalui D-Bank Mobile atau D-Bank Web menggunakan Password Sementara dan akan diminta untuk melakukan perubahan Password.
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 untuk melakukan reset mPIN. Lakukan login melalui D-Bank Mobile dan akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi (dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon selular terdaftar) dan mPIN baru.
Hubungi Hello Danamon 1-500-090 atau kunjungi Cabang Danamon terdekat untuk perubahan no. telepon selular.
Transaksi yang dapat dilakukan adalah Transfer ke Rekening Danamon, baik dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing, kecuali transaksi pembelian valuta asing.
Transfer ke rekening Danamon dengan mata uang yang sama dapat dilakukan selama 24 jam, sedangkan transfer ke rekening Danamon dengan mata uang yang berbeda dapat dilakukan pada hari kerja pukul 00.00 WIB – 19.00 WIB.
Fitur ini hanya tersedia untuk mata uang sesuai dengan produk tabungan/giro yang tersedia pada Danamon (contoh: IDR, USD, SGD, AUD, NZD, EUR, GBP, CNY), kecuali untuk pembelian valas.
Contoh transaksi yang diperbolehkan: Transfer dari rekening USD ke USD, transfer dari rekening USD ke AUD.
Contoh transaksi yang tidak diperbolehkan: Transfer dari rekening IDR ke USD, transfer dari IDR ke AUD.
Jenis Transaksi |
Batas Minimum (Rp) |
Batas Maksimum (Rp) |
Pindah Buku Dalam Valuta yang Sama |
1 |
200.000.000 |
Pindah Buku dalam Valuta yang Berbeda |
10.000 |
200.000.000 |
Jenis Transaksi |
Batas Maksimum (Rp) |
Pindah Buku |
200.000.000 |
Software Token adalah fungsi/fitur yang tersedia pada D-Bank Mobile yang dapat menghasilkan Kode Rahasia Token berupa Challenge Response maupun One Time Password (OTP) untuk dimasukkan pada layar transaksi D-Bank Web sebagai otorisasi transaksi sesuai dengan instruksi yang ditampilkan pada layar transaksi D-Bank Web.
Software Token digunakan untuk bertransaksi melalui D-Bank Web (internet banking).
Software Token dapat diakses melalui Aplikasi D-Bank (D-Bank Mobile) yang dapat diunduh melalui Playstore (Android) dan Appstore (iOS).
Software Token akan secara otomatis aktif ketika Nasabah melakukan Pendaftaran atau Aktivasi Aplikasi D-Bank Mobile pada telepon selular Nasabah.
Pastikan nomor telepon selular yang terdaftar pada Danamon adalah nomor telepon selular aktif yang digunakan. Untuk perubahan nomor telepon selular, dapat dilakukan melalui Hello Danamon atau Cabang Danamon.
Fitur Software Token tidak akan terlihat jika Nasabah belum melakukan registrasi/aktivasi ulang pada D-Bank Mobile di telepon selular Nasabah. Jika Nasabah sudah melakukannya, maka fiur Software Token akan terlihat pada layar Login pada icon Software Token di bagian bawah.
Ya, Software Token menghasilkan Kode Rahasia Token secara online sehingga harus memiliki koneksi internet yang aktif di telepon selular.
Nasabah harus memasukkan MPIN yang telah di buat pada saat pendaftaran/aktivasi ulang D-Bank. Setelah itu Software Token dapat menghasilkan APPLI 1 and APPLI 2 yang perlu dimasukkan oleh Nasabah pada transaksi di D-Bank Web sesuai dengan instruksi yang diberikan pada layar transaksi.
APPLI 1 adalah Kode Rahasia Token yang dapat dihasilkan dari Software Token untuk kemudian dimasukkan pada D-Bank Web untuk melanjutkan Transaksi Perbankan pada D-Bank Web yang memerlukan Kode Rahasia Token. Contoh transaksi pada D-Bank Web yang memerlukan APPLI 1 adalah transfer ke tujuan yang telah terdaftar, pembayaran ke tujuan yang telah terdaftar.
APPLI 2 adalah Kode Rahasia Token berupa kode challenge yang harus dimasukkan ke dalam Software Token sesuai dengan instruksi dari D-Bank Web, yang secara sistem menghasilkan kode response yang harus dimasukkan pada aplikasi D-Bank Web untuk melanjutkan transaksi perbankan pada D-Bank Web yang memerlukan Kode Rahasia Token.
Untuk alasan keamanan, terdapat waktu timeout masa berlaku token yaitu 5 (lima) menit.
Jika Software Token terkunci/terblokir karena kesalahan 3x berturut-turut. Nasabah harus menghubungi Hello Danamon untuk reset MPIN dan melakukan aktivasi ulang untuk membuat dan mengaktifkan MPIN dan software token baru.
JIka menggunakan telepon selular yang sama, maka Nasabah tidak perlu melakukan aktivasi ulang untuk Software Token dan dapat menggunakan Software Token untuk bertransaksi.