11 Agustus 2022 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) hari ini meresmikan fasilitas air bersih di Desa Gembong, Pacitan, Jawa Timur. Dihadiri oleh Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan Bobby P. Manullang, General Manager Fundraising Wakaf, Dompet Dhuafa, peresmian ini menandai dimulainya pelaksanaan peresmian rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon bertajuk Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara, yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia.
Melalui program ini, Danamon mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan membangun delapan fasilitas sumber air bersih di delapan kota. Pembangunan pembangunan sumur dan sarana sanitasi merupakan bentuk berkontribusi dalam produk sosial banking dengan memilih program wakaf air yang mana implementasi program tersebut bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia. Program air bersih dan sanitasi untuk nusantara dilakukan setelah melakukan asesmen terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan air bersih dan sanitasi yang layak. Sebagai bagian dari rangkaian program CSR tersebut, Danamon juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menjaga dan melestarikan sumber air serta memiliki perilaku hidup sehat. Fasilitas berupa bangunan fisik sumur dan sanitasi akan diserahterimakan kepada pemangku kepentingan di wilayah tersebut dan mitra pelaksana akan memberikan laporan kemajuan dan laporan akhir kegiatan.
“Danamon memiliki visi untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, dan kami menyadari bahwa kesejahteraan tidak akan bisa tercapai tanpa akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak bagi semua orang. Oleh karena itu, Danamon senang dapat bersinergi bersama Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia untuk membangun fasilitas air bersih dan sanitasi, yang kami percaya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
“Alhamdulillah, KolaborAksi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk dalam menghadirkan program sumur wakaf Dompet Dhuafa terus bergulir hingga ke 6 titik. Kali ini bisa hadir di Dusun Ngasem, Desa Gembong, Pacitan, Jawa Timur, dan telah kita resmikan bersama pada Kamis (11/08) pagi penuh berkah ini. Sumber air bersih dan fasilitas pendukungnya ini, menjadi oase baru dan siap dinikmati warga sekitar. Ini adalah kerjasama tahap kedua antara Dompet Dhuafa dan Bank Danamon Indonesia dalam menghadirkan akses air bersih. Semoga wakaf sumur terus mengalirkan keberkahan bagi masyarakat dan donatur kami di program ini, yaitu Bank Danamon Indonesia. Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan Bank Danamon Indonesia kepada Dompet Dhuafa,” sebut Bobby P. Manulang, selaku General Manager Fundraising Wakaf Dompet Dhuafa.
Gandeng Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia, Danamon Wujudkan Komitmen Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat
Dalam menjalankan program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara ini, Danamon bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia untuk melakukan asesmen terhadap lingkungan dan masyarakat penerima bantuan, serta membangun fasilitas air bersih dan sanitasi di wilayah yang membutuhkan. Program ini dimulai pada bulan Desember 2021, dan saat ini pembangunan telah selesai dilakukan di seluruh wilayah yang dituju, yaitu dua lokasi di mana Danamon bekerja sama dengan Habitat Indonesia pada bulan Februari 2022, dan enam lokasi di mana Danamon bekerja sama dengan Dompet Dhuafa pada bulan Juni 2022.
Adapun rincian keseluruhan mengenai lokasi, jumlah penerima dan bantuan yang diberikan dalam rangkaian program ini adalah sebagai berikut:
Mitra |
Lokasi Program |
Penerima Manfaat |
Bantuan yang Diberikan |
Habitat Indonesia |
Desa Muara Bakti Kec Babelan Kab Bekasi |
50 KK |
|
Desa Muara Kec Cilamaya Wetan Kab Karawang |
75 KK |
|
|
Dompet Dhuafa |
Desa Watohari Kec Solor Timur Kabupaten Flores Timur |
55 KK |
|
Desa Masaran Kec Bawang Kab Banjarnegara |
100 KK
|
|
|
Desa Gembong Kec Arjosari Kab Pacitan |
125 KK |
|
|
Desa Saribu Lambok Kec Dolok Sanggul Kab Humbahas |
150 KK |
|
|
Desa Rumah Sumbul Kec Tiga Juhar Kab Deli Serdang |
200 KK |
|
|
Kp Nelayan Kec Medan Belawan Kota Medan |
200 KK |
|
Program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara sebagai Bagian dari Tiga Pilar CSR Danamon
Program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia merupakan wujud dari komitmen Danamon untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan, yaitu dengan mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang negatif yang dapat timbul dari kegiatan bisnis dan operasional yang dilakukan, aktif bekerja mencari solusi untuk masalah lingkungan global melalui kegiatan bisnisnya serta mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku. Di 2022, ini selaras dengan pilar lingkungan dan fokus MUFG sebagai perusahaan induk, yaitu mendorong siklus yang baik antara lingkungan dan ekonomi. Melalui pilar lingkungan ini, Danamon telah menggagas banyak program pelestarian lingkungan hidup berkelanjutan seperti Zero Carbon Emission (solar panel), penanaman pohon mangrove, pembangunan taman kota dan program “Air Bersih & Sanitasi untuk Nusantara”.
Dalam menjalankan program CSR, Danamon memiliki tiga pilar utama, yaitu:
Fokus pada penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat yang membutuhkan didasari oleh kesadaran bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang kesulitan mengakses air bersih dan sanitasi. Sebagai bagian dari implementasi Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah (RPJMN) 2020-2024, Bappenas menyesuaikan standar peningkatan kualitas air minum, permukiman, dan sanitasi nasional sesuai dengan standar SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya nomor enam. Pencapaian akses "layak" tidak lagi cukup, digantikan dengan penekanan pada pencapaian target "aman". "Aman" sesuai standar SDGs, terjadi ketika suatu fasilitas dapat diakses secara berkelanjutan. Saat ini, tingkat akses air minum layak adalah 87,8% (termasuk 6,7% akses aman), dan tingkat akses sanitasi adalah 74,6% (termasuk 7,42% akses aman) untuk akses air limbah domestik dan capaian penanganan serta pengurangan persampahan adalah 59,45% dan 1,19%. Padahal, target Pemerintah adalah akses air minum layak sebesar 100% (termasuk 15% akses aman), akses air limbah domestik layak sebesar 90% (termasuk 15% akses aman), dan akses persampahan sebesar 80% untuk penanganan dan 20% untuk pengurangan1.
Target ini tentunya tidak dapat tercapai tanpa sinergi dan kolaborasi dari semua sektor, mulai dari pemerintah, swasta, hingga individu. Oleh karena itu, Danamon senantiasa berupaya untuk mengampanyekan berbagai inisiatif untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan ekonomi, sosial, dan kualitas lingkungan hidup2, serta mengajak komunitas masyarakat dan karyawan untuk turut berperan aktif dalam memanfaatkan energi terbarukan, seperti sinar matahari dengan memasang solar panel atau PLTS. Danamon melakukan hal ini melalui program Danamon Peduli sebagai bentuk kegiatan CSR perusahaan.
“Peresmian fasilitas air bersih di Pacitan hari ini merupakan bagian dari inisiatif yang lebih besar dari Danamon untuk mewujudkan visi Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan. Ke depannya, Danamon akan terus fokus pada upaya mensinergikan berbagai program terkait penurunan kadar emisi karbon, digitalisasi, serta dukungan pada aspek kesejahteraan masyarakat3,” tutup Hadi.
###
Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum
Corporate Communications Manager
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Utami.Arsaningrum@danamon.co.id
Cindyani Lasmana
Corporate Communications Head
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
cindyani.lasmana@danamon.co.id