D-Financial

Danamon Financial (D-Financial) merupakan sebuah tool untuk mendukung Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan dan mengelola bisnisnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi pinjaman, membuat Laporan Laba Rugi dan Laporan Neraca sederhana, dan juga sebagai media untuk mereferensikan kerabat yang membutuhkan layanan perbankan. Aplikasi ini dapat diakses kapanpun dan dimana saja melalui smartphone, dan terdapat juga informasi mengenai beberapa program terkini.


Keuntungan dan fitur:

  1. Kalkulator pinjaman yang dapat menghitung angsuran bulanan, tenor/jangka waktu pinjaman, dan jumlah pinjaman
  2. Membuat Laporan Laba Rugi & Neraca yang sederhana, dan dapat memberikan indikasi jumlah pinjaman dan angsuran per bulan berdasarkan data yang diinput
  3. Memberikan media untuk mereferensikan kerabat yang dikira mempunyai kebutuhan perbankan untuk mendukung dan mengembangkan bisnisnya


Cara Penggunaan:

  1. Download aplikasi D-Financial melalui media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk Bank (Google Play Store dan Apple Store)
  2. Buat account melalui langkah berikut ini:
    • Klik “Daftar Sekarang” dan lengkapi semua fields yang dibutuhkan
    • Klik dan baca “Syarat & Ketentuan”. Harap dibaca sampai akhir dan jika setuju silahkan klik “Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan”
    • Klik “Daftar” dan 6 digit kode OTP (One Time Password) akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang didaftarkan
    • Masukkan 6 digit kode OTP tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran account
    • Setelah pendaftaran selesai, aplikasi D-Financial siap untuk digunakan
  3. Untuk informasi, pertanyaan, dan/atau masukan, silahkan hubungi Hello Danamon dengan klik “Hubungi Hello Danamon” di aplikasi

 

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

I. DEFINISI

1. Bank adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk berkedudukan di Jakarta Selatan yang bertindak melalui cabangnya di seluruh Indonesia.

2. Pengguna adalah perorangan yang menggunakan Aplikasi D-Financial sesuai jenis layanan serta persyaratan/batasan-batasan yang ditentukan oleh Bank.

3. Aplikasi D-Financial adalah jasa layanan informasi yang disediakan oleh Bank kepada Pengguna selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses secara langsung oleh Pengguna melalui telepon seluler/handphone menggunakan menu pada Aplikasi D-Financial dengan menggunakan media jaringan internet pada telepon seluler/handphone sesuai ketentuan yang berlaku di Danamon.

4. Aplikasi D-Financial (selanjutnya disebut “Aplikasi”) adalah aplikasi yang dapat diunduh (download) dari website resmi Bank (https://www.danamon.co.id/D-Financial) maupun media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk Bank dan memiliki mobile operating system yang terdapat pada telepon seluler/handphone Pengguna.

5. Nomor HP adalah identitas Pengguna terkait Password yang diperlukan Pengguna Aplikasi agar dapat mengakses dan menggunakan Aplikasi.

6. Password adalah kode/sandi rahasia terkait dengan Nomor Telepon yang diperlukan Pengguna agar dapat mengakses dan menggunakan Aplikasi.

7. OTP (One Time Password) adalah kode rahasia yang dikirimkan melalui SMS dan/atau e-mail oleh sistem Bank dan dikirimkan ke Nomor HP dan/atau e-mail Pengguna yang telah terdaftar pada sistem Bank sebagai bentuk verifikasi atas registrasi Aplikasi.

8. Laporan Laba Rugi adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Bank melalui Aplikasi dimana Pengguna dapat melakukan input data keuangan sesuai format yang tersedia dan menghasilkan Laporan Laba Rugi sederhana berdasarkan data yang sudah diinput.

9. Estimasi Pinjaman adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Bank melalui Aplikasi dimana Pengguna dapat memperoleh informasi estimasi/perkiraan nilai pinjaman berdasarkan data yang diinput di Laporan Laba Rugi. Nilai Pinjaman yang diinformasikan bersifat estimasi/perkiraan dimana nilai pinjaman final akan mengikuti ketentuan dan proses yang berlaku di Bank pada saat pengajuan kredit.

10. Laporan Neraca adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Bank melalui Aplikasi dimana Pengguna dapat melakukan input data keuangan sesuai format yang tersedia dan menghasilkan Laporan Neraca sederhana berdasarkan data yang sudah diinput.

11. Kalkulator Pinjaman adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Bank melalui Aplikasi dimana Pengguna dapat melakukan perhitungan simulasi jumlah pinjaman, jumlah cicilan bulanan, ataupun tenor/jangka waktu pinjaman sesuai dengan data yang diinput oleh Pengguna. Nilai Pinjaman yang diinformasikan bersifat estimasi/perkiraan dimana nilai pinjaman final akan mengikuti ketentuan dan proses yang berlaku di Bank pada saat pengajuan kredit.

12. Referensikan Kerabat Anda adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Bank melalui Aplikasi dimana Pengguna dapat memberikan referral (kerabat dan/atau rekan bisnis) kepada Bank dengan mudah, cepat, dan dimana saja.

13. Pinjaman adalah jenis layanan kredit yang diberikan oleh Bank kepada Pengguna untuk mendapatkan pembiayaan sesuai dengan proses, produk, syarat dan ketentuan yang berlaku di Bank.

14. Telepon seluler/handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa kemana-mana tanpa menggunakan kabel

15. Definisi yang tidak diatur khusus pada Aplikasi ini akan berlaku definisi yang tertera pada Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan – PT Bank Danamon Indonesia Tbk.


II. REGISTRASI, PENGAKTIFAN, PENGAKHIRAN DAN PENGHENTIAN/PERUBAHAN LAYANAN

1. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu Pengguna dalam:

a. Melakukan simulasi pinjaman

b. Mencatat transaksi finansial guna memberikan gambaran umum terkait kesehatan finansial usaha pengguna melalui Laporan Neraca dan Laba-Rugi

c. Mereferensikan kerabat dan rekan kerja kepada Bank Danamon

2. Aplikasi ini hanya dapat dijalankan di sistem operasi Android dan Apple.

3. Pengguna dapat melakukan registrasi melalui Aplikasi dengan memasukkan data-data sesuai pada Aplikasi.

4. Registrasi Aplikasi hanya berlaku 1 (satu) Nomor HP untuk 1 (satu) Pengguna.

5. Bank akan mengirimkan OTP melalui SMS ke Nomor HP Pengguna yang telah terdaftar pada Aplikasi sebagai bentuk verifikasi atas registrasi Aplikasi.

6. Penutupan Aplikasi dapat dilakukan oleh Pengguna setiap saat tanpa wajib melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Bank.

7. Bank dapat sewaktu-waktu menghentikan dan melakukan perubahan fitur dan/atau layanan Aplikasi (baik berupa pembatasan maupun penambahan); demikian pula Ketentuan Umum yang berlaku untuk setiap perubahan fitur dan atau layanan tersebut. Atas perubahan tersebut akan diberitahukan oleh Bank melalui media komunikasi yang tersedia pada Bank. Dalam hal terdapat penghentian dan/atau perubahan tersebut maka Pengguna berhak mengajukan keberatannya secara tertulis kepada Bank dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja terhitung setelah pemberitahuan perubahan tersebut oleh Bank Danamon melalui media komunikasi Bank. Dengan lewatnya waktu tersebut di atas, Pengguna setuju bahwa Bank akan menganggap Pengguna menyetujui perubahan tersebut.


III. LOGIN

1. Pengguna dapat menggunakan Nomor HP dan Password yang telah terdaftar pada saat registrasi untuk mengakses layanan Aplikasi.

2. Penggunaan Nomor HP dan Password merupakan kewenangan Pengguna.

3. Pengguna wajib mengamankan Nomor HP dan Password untuk kepentingannya sendiri dengan cara antara lain :

a. Melakukan penggantian Password secara berkala melalui fitur Ubah Password di Aplikasi.

b. Tidak mencatat/menyimpan Password pada telepon seluler/handphone, benda-benda lainnya atau tempat-tempat yang mudah diketahui oleh orang lain.

c. Tidak memberikan Password kepada orang lain termasuk kepada petugas Bank dan/atau anggota keluarga/orang terdekat.

d. Tidak menggunakan Password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau identitas pribadi Pengguna.

e. Tidak memberikan Password yang dituntun oleh orang lain atau pihak luar atau pihak Bank.

4. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui, bahwa Bank berhak memblokir dan/atau menutup Aplikasi Pengguna apabila:

a. Pengguna salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.

b. Pengguna tidak memenuhi atau melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Umum ini.

c. Permintaan dari instansi Kepolisian, Kejaksaan atau Pengadilan atau instansi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Apabila terjadi pemblokiran layanan yang disebabkan karena kesalahan penginputan Password sebanyak 3x, maka Pengguna dapat mencoba kembali dengan Password yang sama setelah masa blokir 15 menit.

6. Apabila Pengguna lupa Password yang sudah terdaftar, maka Pengguna dapat memilih fitur Lupa Password dalam Aplikasi untuk mendapatkan Password yang baru.


IV. PENGGUNAAN APLIKASI

A. UMUM

1. Pengguna dengan ini menyetujui, bahwa Aplikasi hanya dapat digunakan untuk jenis-jenis layanan yang telah ditentukan Bank dan Pengguna harus memenuhi persyaratan serta mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Bank.

2. Dalam menggunakan layanan Aplikasi, Pengguna wajib mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Bank, serta memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank, berikut segenap peraturan perundangan yang secara khusus mengatur mengenai penggunaan layanan yang dilakukan.

3. Setiap pemakaian paket data yang timbul pada saat melakukan akses ke Aplikasi menjadi tanggung jawab Pengguna sesuai dengan ketentuan masing-masing operator/jaringan.

4. Dalam melaksanakan instruksi Pengguna, Bank berhak menerapkan prosedur/persyaratan khusus seperti penerapan prosedur pengamanan untuk validasi data dan kebenaran instruksi Pengguna.

5. Dalam menggunakan Aplikasi, Pengguna wajib memastikan kebenaran, ketepatan dan kelengkapan data yang diberikan sesuai format yang telah ditentukan oleh Bank.

6. Semua kerugian dan/atau risiko yang timbul akibat kelalaian, ketidaktepatan dan/atau ketidaklengkapan dan/atau ketidakbenaran data yang disampaikan Pengguna merupakan risiko dan menjadi tanggung jawab Pengguna.

7. Pengguna harus melakukan update terhadap Aplikasi setiap kali terdapat versi terbaru yang dikeluarkan oleh pihak Bank.

8. Aplikasi dapat diakses 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, tetapi Pengguna menyetujui bahwa pada waktu tertentu, Aplikasi kemungkinan tidak dapat diakses karena sedang dalam proses perbaikan sistem (system maintenance) atau sebab lainnya, dan hal tersebut akan diberitahukan oleh Bank kepada Pengguna melalui media komunikasi yang tersedia pada Bank.

9. Hak Penggunaan Aplikasi yang dialihkan tanpa sepengetahuan Bank, baik sebagian atau seluruhnya, untuk sementara atau selamanya kepada pihak lain menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna.

10. Pengguna dengan ini menyatakan dan menyetujui bahwa Bank berhak untuk mencatat dan menyimpan setiap data yang diinput oleh Pengguna pada Aplikasi.

11. Simulasi ini bisa digunakan untuk mendapatkan beberapa hasil simulasi kredit berdasarkan tingkat suku bunga, tenor, dan jumlah pinjaman yang dipilih oleh Pengguna dan hanya bersifat sebagai estimasi.

12. Pengguna bersedia dihubungi lebih lanjut oleh petugas Bank untuk mendapatkan informasi/penawaran produk Bank berdasarkan data-data yang diinput pada Aplikasi.


B. LAPORAN LABA RUGI DAN ESTIMASI PINJAMAN

1. Pengguna harus melakukan akses/login ke Aplikasi kemudian pilih menu Laporan Laba Rugi.

2. Pengguna harus melakukan input data sesuai format yang tersedia untuk menghasilkan Laporan Laba Rugi.

3. Atas layanan yang berhasil, Pengguna akan memperoleh Laporan Laba Rugi serta dapat mengirimkan Laporan Laba Rugi tersebut ke alamat e-mail yang dituju dalam format PDF.

4. Pengguna dapat memperoleh estimasi/perkiraan nilai pinjaman berdasarkan Laporan Laba Rugi yang sudah diinput.

5. Nilai Pinjaman ini bersifat estimasi/perkiraan dimana untuk nilai pinjaman yang sebenarnya akan ditentukan berdasarkan proses dan analisa lebih lanjut yang dilakukan oleh Bank. Hasil simulasi akan disesuaikan dengan jumlah pinjaman dan tingkat suku bunga yang berlaku pada saat permohonan fasilitas kredit diproses dan disetujui.

6. Jika Pengguna tertarik untuk mengambil pinjaman, maka Pengguna dapat menekan tombol “tertarik” dan tim Sales Danamon akan menghubungi Pengguna untuk mencari tahu kebutuhan kredit.

7. Bank berhak menghubungi Pengguna untuk penyampaian atau penawaran produk lebih lanjut.


C. LAPORAN NERACA

1. Pengguna harus melakukan akses/login ke Aplikasi kemudian pilih menu Laporan Neraca.

2. Pengguna harus melakukan input data sesuai format yang tersedia untuk menghasilkan Laporan Neraca.

3. Atas layanan yang berhasil, Pengguna akan memperoleh informasi Laporan Neraca serta dapat mengirimkan Laporan Neraca tersebut ke alamat e-mail yang dituju dalam format PDF.


D. KALKULATOR PINJAMAN

1. Pengguna harus melakukan akses/login ke Aplikasi kemudian memilih menu Kalkulator Pinjaman.

2. Pengguna harus memasukkan data nilai pinjaman, atau nilai angsuran, atau tenor/jangka waktu pinjaman sesuai format yang tersedia untuk menghasilkan nilai yang ingin dihitung.

3. Hasil perhitungan ini bersifat estimasi/perkiraan dimana untuk nilai perhitungan yang sebenarnya akan ditentukan berdasarkan proses dan analisa lebih lanjut yang dilakukan oleh Bank. Hasil simulasi akan disesuaikan dengan jumlah pinjaman dan tingkat suku bunga yang berlaku pada saat permohonan fasilitas diproses dan disetujui.


E. REFERENSIKAN KERABAT ANDA

1. Pengguna harus melakukan akses/login ke Aplikasi kemudian memilih menu Referensikan Kerabat Anda.

2. Pengguna dapat mereferensikan kerabat dan/atau rekan bisnis yang memiliki kebutuhan pinjaman kepada Bank dengan melengkapi data sesuai format yang tersedia.

3. Pengguna, selaku pemberi referral, menyatakan bahwa telah menerima persetujuan dari referral untuk menggunakan data referral dalam aplikasi ini, dan baik Pengguna maupun referral bersedia untuk dihubungi oleh pihak Bank.

4. Bank dapat menyebutkan nama pengguna/pemberi referral dalam melakukan penawaran kepada referral sesuai ketentuan yang berlaku di Bank.

5. Dengan memberikan referral, Pengguna menyatakan keikutsertaannya dalam Program Member Get Member Bank Danamon (selama program ini masih berjalan) dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan Program Member Get Member yang berlaku di Bank. Program Member Get Member adalah reward program yang diberikan oleh Bank bagi nasabah existing Bank yang berhasil mereferensikan kerabat/rekan bisnisnya untuk mengambil produk pinjaman Danamon Solusi UKM.


V. TARIF DAN BIAYA

Aplikasi ini bebas biaya.


VI. PERNYATAAN DAN JAMINAN

1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menyetujui bahwa Bank berhak untuk mencatat dan menyimpan setiap data yang diinput oleh Pengguna pada Aplikasi.

2. Pengguna bersedia dihubungi lebih lanjut oleh petugas Bank untuk mendapatkan informasi/penawaran produk Bank berdasarkan data-data yang diinput pada Aplikasi.

3. Pengguna mengakui telah mengetahui dan menyadari sepenuhnya prosedur Aplikasi dan segala resiko yang timbul sehubungan dengan penggunaan Aplikasi.

4. Pengguna dengan ini menyatakan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Umum Aplikasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia dan kelaziman yang berlaku bagi perbankan, serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan sehubungan dengan layanan melalui media elektronik. Setiap perubahan/penggantian Syarat dan Ketentuan Umum Aplikasi tersebut akan diberitahukan kepada Pengguna melalui sarana yang tersedia pada Bank termasuk sarana media tertulis atau media elektronik sesuai peraturan perundangan yang berlaku.


VII. FORCE MAJEURE

1. Tidak ada satu pihakpun yang dinyatakan telah melakukan kelalaian/pelanggaran terhadap isi/ketentuan ini apabila hal tersebut disebabkan karena force majeure.

2. Hal-hal yang termasuk force majeure dalam Perjanjian ini adalah peristiwa atau kejadian yang berada di luar kemampuan manusia, termasuk namun tidak terbatas pada sabotase, peperangan, dikeluarkannya peraturan/kebijaksanaan Pemerintah, bencana alam, huru-hara, epidemi, kebakaran dan tidak dapat digunakannya Aplikasi karena terjadinya hambatan yang antara lain disebabkan oleh perangkat/peralatan Bank mengalami gangguan listrik atau komunikasi atau sistem terkena virus.


VIII. MEDIA PEMBERITAHUAN TRANSAKSI

Hal-hal yang berkaitan dengan media komunikasi transaksi yang digunakan adalah melalui satu atau lebih media berikut: telepon, SMS maupun e-mail.


IX. HUKUM YANG BERLAKU DAN JURISDIKSI

1. Keabsahan, penafsiran, dan pelaksanaan dari Ketentuan Umum ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

2. Hal-hal yang berkaitan dengan Ketentuan Umum ini dan segala akibatnya, Pengguna memilih domisili hukum yang tetap dan seumumnya pada Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang demikian dengan tidak mengurangi hak Bank/Pengguna untuk mengajukan gugatan/ tuntutan hukum kepada salah satu pihak di hadapan pengadilan-pengadilan lain di manapun juga di seluruh Indonesia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


X. PROSEDUR PELAYANAN DAN PENYELESAIAN PENGADUAN PENGGUNA

1. Pengguna dapat mengajukan pengaduan atas layanan perbankan kepada Bank (c.q. Kantor Cabang Bank yang terdekat atau Hello Danamon 1-500-090) secara lisan maupun tertulis.

2. Dalam hal penyelesaian pengaduan secara lisan tidak dapat diselesaikan oleh Bank dalam jangka waktu 2 (dua) Hari Kerja, maka Bank berhak meminta kepada Pengguna untuk mengajukan pengaduan secara tertulis yang disertai dengan dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh Bank.

3. Penanganan penyelesaian pengaduan tertulis tersebut akan diselesaikan dan pemberitahuannya akan disampaikan secara tertulis kepada Pengguna dalam jangka waktu selambat-lambatnya 20 (dua puluh) Hari Kerja (hari dimana bukan hari libur nasional dan bukan hari Sabtu ataupun Minggu) terhitung sejak Pengguna memberikan laporan atau pengaduan kepada Bank dan diterimanya dokumen-dokumen terkait yang diminta oleh Bank sehubungan dengan penanganan penyelesaian pengaduan tersebut. Dalam kondisi tertentu (misalnya layanan yang diadukan memerlukan penelitian lebih lanjut atau ada keterlibatan pihak ketiga di luar Bank), jangka waktu tersebut dapat diperpanjang hingga 20 (dua puluh) Hari Kerja berikutnya.

4. Dalam hal terdapat kondisi tertentu, Bank berhak melakukan perpanjangan waktu penyelesaian pengaduan dengan pemberitahuan secara tertulis kepada Pengguna sebelum berakhirnya jangka waktu sebagaimana dimaksud pada butir 3 berakhir, yaitu:

• Kantor Bank yang menerima pengaduan tidak sama dengan Kantor Bank tempat terjadinya permasalahan yang diadukan dan terdapat kendala komunikasi diantara kedua Kantor Bank tersebut.

• Layanan keuangan yang diadukan oleh Pengguna dan/atau perwakilan Pengguna memerlukan penelitian khusus terhadap dokumen-dokumen Bank.

• Terjadi force majeure sebagaimana dimaksud dalam butir VII Syarat dan Ketentuan Umum ini dan/atau terjadi sebab-sebab lain yang berada di luar kendali Bank dan dalam hal ini Bank telah melakukan langkah-langkah perbaikan yang wajar sesuai kelaziman dalam praktek perbankan.

5. Pengguna berhak mengajukan penyelesaian sengketa melalui lembaga alternative penyelesaian sengketa yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.


XI. LAIN-LAIN

1. Dengan ini Bank dan Pengguna sepakat dan setuju terhadap layanan Aplikasi yang disediakan Bank kepada Pengguna berlaku syarat-syarat dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini.

2. Syarat dan Ketentuan Umum ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan, serta Syarat dan Ketentuan Umum untuk masing-masing produk/ layanan yang berlaku pada Bank.

3. Keabsahan, penafsiran dan pelaksanaan dari layanan Aplikasi ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

4. Judul dan istilah-istilah yang dipergunakan dalam Ketentuan Umum ini semata-mata bertujuan untuk mempermudah pemahaman atas isi layanan Aplikasi ini.

5. Terhadap layanan/fasilitas perbankan lainnya yang tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, akan diatur secara terpisah dan merupakan satu kesatuan serta bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Umum ini.

Layanan Informasi Bank Danamon : Telepon : 1-500-090 (24 jam) E-Mail : hellodanamon@danamon.co.id PT Bank Danamon Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.