Danamon Bermitra dengan 6Estates untuk Tingkatkan Pemrosesan Kredit dengan AI

Dr. Luan Huanbo, Chief Executive Officer 6Estates Pte Ltd (“6Estates”) (kiri) dan Jin Yoshida, Direktur Global Alliance Strategy PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) (kanan), mewakili kedua perusahaan mengumumkan kemitraan untuk meningkatkan pemrosesan kredit dengan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI).

Jakarta, 9 Mei 2025 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”, BEI: BDMN), anggota MUFG, grup jasa keuangan global, dan 6Estates Pte Ltd (“6Estates”), perusahaan spesialis kecerdasan buatan untuk bisnis asal Singapura, pada hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk mendukung inovasi Danamon dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence, “AI”) dalam pemrosesan kredit. Kemitraan ini akan memiliki peran penting dalam transformasi digital Danamon serta mendukung strategi inovasi yang dimiliki oleh grup MUFG sebagai induk perusahaan Danamon.

Jin Yoshida, Direktur Global Alliance Strategy Danamon, menjelaskan, “Danamon kini sedang menjalankan transformasi digital yang akan menjadi landasan untuk terus menghadirkan nilai bagi nasabah dan mitra kami. Teknologi domain-specific large language model AI yang dikembangkan 6Estates memungkinkan Danamon untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi operasional dalam bisnis kreditnya, serta pada saat yang sama, mendukung pencapaian visi bersama dengan MUFG untuk mendorong digitalisasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.”

Dr. Luan Huanbo, Chief Executive Officer 6Estates, menjelaskan, “Kami bangga dapat mendukung Danamon menyediakan otomasi yang menghasilkan dampak yang nyata dan terukur. Solusi AI kami dikembangkan secara khusus untuk institusi keuangan dan telah berhasil digunakan di kawasan Asia untuk mendukung bank dan kreditur lainnya mengambil keputusan yang lebih cepat, dengan skala yang lebih besar, dan lebih cerdas. Di luar otomasi ini, model GenAI kami memberikan pemahaman resiko mendalam—dari deteksi fraud dan analisis arus kas sampai konsolidasi multi-account dan rekonstruksi laporan laba rugi—menghasilkan keputusan kredit yang lebih kuat dan pasti.”

Pada tahap awal dari kolaborasi Danamon dengan 6Estates, Danamon memanfaatkan platform finance-as-a-service (“FAAS”) 6Estates yang memanfaatkan AI untuk mengotomasi proses analisis rekening koran, termasuk mengidentifikasi indikasi fraud, dengan cara yang aman. Dalam fase awal implementasi kemitraan ini, Danamon telah memanfaatkan solusi 6Estates untuk memproses rata-rata lebih dari 70.000 halaman dokumentasi kredit setiap bulannya untuk mendukung bisnis Consumer Banking, SME Banking, dan Enterprise Banking.

Di luar otomasi yang digunakan oleh Danamon, solusi GenAI milik 6Estates memiliki kapabilitas asesmen resiko yang komprehensif yang dapat menunjang pengambilan keputusan kredit yang lebih cepat dan akurat. Di antara fitur lanjutan yang termasuk adalah analisis laporan arus kas, evaluasi hubungan pembeli-penjual, konsolidasi multi-account dan multi-currency, analisis kemampuan membayar, dan indikator peringatan dini. Solusinya juga dapat menghasilkan memo dan laporan laba rugi yang disesuaikan, memberikan pemahaman mendalam dan dapat ditindaklanjuti untuk penilaian kredit.

Penggunaan solusi 6Estates meningkatkan kecepatan dan akurasi pemrosesan data Danamon, serta memberikan informasi analitis yang lebih mendalam dalam operasional kredit Danamon, dengan akurasi ekstraksi data dari rekening koran lebih dari 99%. Efisiensi operasional ini diharapkan dapat memperpendek waktu pemrosesan, meningkatkan kualitas dan akurasi penilaian kredit, serta meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah, sambil pada saat yang bersamaan, tetap memastikan kepatuhan kepada peraturan yang berlaku serta menjaga keamanan data perbankan.

Bagi 6Estates, kemitraan ini mempertegas posisinya sebagai salah satu penyedia solusi AI untuk industri keuangan terdepan di Asia Tenggara. Kemitraan dengan Danamon menjadi salah satu capaian penyediaan solusi AI yang dikembangkan 6Estates dalam skala yang lebih besar di Indonesia.
Kemitraan dengan 6Estates menegaskan prioritas Danamon dalam melakukan transformasi digital, khususnya melalui investasi dalam infrastruktur teknologi informasi yang fundamental untuk meningkatkan efisiensi operasional. Sebagai bagian dari prioritas strategis jangka menengah 2024-2026, Danamon mengedepankan pemanfaatan analitik data dan peningkatan proses internal untuk mendukung pertumbuhan bisnis Danamon secara berkelanjutan sekaligus mempertahankan Danamon sebagai salah satu bank umum terbesar di Indonesia. Pemanfaatan solusi teknologi ini juga selaras dengan strategi MUFG di keseluruhan grup untuk memacu transformasi digital dalam kegiatan operasional perbankan di seluruh kawasan, dengan potensi perluasan skala yang besar.

Kemitraan ini dapat terwujud dengan dukungan dari Enterprise Singapore, yang berperan penting dalam memfasilitasi kemitraan ini. Keterlibatan mereka mencerminkan komitmen berkelanjutan Enterprise Singapore untuk mendorong inovasi lintas batas dan kolaborasi perusahaan dalam wilayah. 

 

- SELESAI -

 

Untuk pertanyaan media, mohon hubungi:

Matthew Hanzel

Corporate Communications Manager

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Email: matthew.hanzel@danamon.co.id