Kolaborasi Hadirkan Solusi Pembayaran Inovatif, Danamon dan Prodia Raih Penghargaan “Best Payments dan Collection Solution” di Ajang Bergengsi se-Asia, The Asset Triple A Treasury, Trade, SSC and Risk Management Awards 2022

22 Agustus 2022 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama dengan PT Prodia Widyahusada, Tbk (Prodia) memperoleh apresiasi bertaraf internasional dari ajang 'The Asset Triple A Treasury, Trade, Sustainable Supply Chain and Risk Management Awards 2022' dengan meraih penghargaan untuk kategori Best Payments and Collections Solution. Penghargaan ini diberikan atas upaya Danamon yang didukung oleh PT Prodia Widyahusada, Tbk (Prodia) sehingga Danamon berhasil menciptakan dan menyediakan solusi portal pembayaran yang fully customized untuk PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) - klien jangka panjang Danamon selama lebih dari 30 tahun.

Penghargaan The Asset 2022 ini diraih berkat konsistensi Danamon dalam memberikan solusi finansial terbaik sesuai kebutuhan nasabah, dalam hal ini yaitu solusi digital berupa pengembangan portal AR-Match Invoice Management yang terintegrasi dengan sistem Internal Prodia, untuk mempermudah rekonsiliasi account receivables bagi klien Business-to-Business (B2B) Prodia. Portal digital ini mendukung proses pembayaran dan rekonsiliasi menggunakan Virtual Account (VA) & Non-VA (Real Account).  Selain dapat mengurangi risiko human error, hadirnya portal ini pun diharapkan berdampak positif pada efisiensi proses bisnis Prodia dalam menjalankan proses operasional sehari-harinya. Layanan yang diberikan Danamon kepada Prodia mencakup fasilitas pinjaman dan solusi Cash Management yang lengkap seperti API Virtual Account,API Mutasi Rekening,  Cash Deposit Machine dan Internet Banking untuk transaksi, pajak dan penggajian karyawan.

Kami merasa sangat bangga menerima penghargaan bergengsi di regional Asia. Ini merupakan pengakuan atas upaya kami untuk terus berinovasi demi mengembangkan organisasi yang customer-centric dengan mendengarkan dan memahami kebutuhan nasabah. Danamon berkomitmen untuk terus memberikan dukungan yang kuat kepada Prodia untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik,” ujar Andrew Suhandinata, Transaction Banking Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

 

Piagam penghargaan secara simbolis diberikan oleh perwakilan Danamon dan diterima dengan baik oleh Liana Kuswandi, Direktur Keuangan PT Prodia Widyahusada Tbk. pada tanggal 9 Agustus 2022 di Prodia Tower. Perolehan penghargaan ini menjadi penanda kolaborasi yang kuat antara Prodia dengan Danamon sebagai kemitraan korporasi yang mengedepankan kepuasan pelayanan kepada para pelanggan dan pemangku kepentingan.

 

Liana Kuswandi menyampaikan, “Prodia turut bangga menjadi bagian dalam perolehan penghargaan ini melalui kemitraan yang terjalin dengan Danamon sebagai lembaga perbankan terpercaya kami. Melalui penghargaan The Asset Asian Award 2022 ini, Prodia yakin bahwa kemitraan dengan Danamon adalah langkah kemitraan strategis dalam menyediakan layanan keuangan dan perbankan digital yang solutif, terintegrasi, dan komprehensif. Prodia akan senantiasa menjaga hubungan kemitraan ini melalui kolaborasi program dan sejumlah kegiatan untuk menunjang penguatan sistem keuangan Prodia ke depannya.”

 

Ke depannya, Prodia dan Danamon akan kembali melakukan kolaborasi melalui Prodia AR-Match Invoice Management. Program ini diharapkan mampu membantu Prodia dalam membangun platform digital keuangan yang komprehensif, meningkatkan produktivitas dan efisiensi pembayaran, serta optimalisasi rekonsiliasi sistem penerimaan dan pembayaran Prodia, tambah Liana.

 

Sebagai informasi, penghargaan The Asset Triple A Treasury, Trade, Sustainable Supply Chain and Risk Management Awards 2022 ini merupakan pengakuan atas keunggulan perusahaan dan lembaga keuangan yang telah meluncurkan atau membantu mengimplementasikan inisiatif dalam manajemen treasury perusahaan, pembiayaan perdagangan, rantai pasokan dan/atau risiko pengelolaan di tingkat dalam negeri/wilayah serta regional di Asia Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

 

Penghargaan ini diberikan oleh Asset Publishing and Research Ltd, perusahaan multi-media terintegrasi yang menghubungkan akses ke pembuat keputusan keuangan terkemuka dengan konten terkurasi yang menyebarkan media baru, cetak, acara, dan Big Data. Dalam memberikan penilaiannya, Dewan Editor mengevaluasi nominasi yang masuk berdasarkan kriteria masukan yang diberikan oleh klien, statistik bisnis selama periode peninjauan, hingga informasi yang dikumpulkan selama pertemuan atau panggilan telepon.

 

Khusus untuk kategori Best Payments and Collections Solutions, di mana Danamon menjadi salah satu pemenangnya, penghargaan diberikan kepada bank atau lembaga keuangan yang dapat mendukung perkembangan perusahaan kliennya melalui solusi digital yang mencakup konektivitas Application Programming Interface (API), integrasi, dan dukungan rekonsiliasi pelaporan secara online untuk mengembangkan solusi keuangan bagi klien.

 

 

Mendengarkan dan Memahami, Kunci Danamon Kembangkan Solusi Digital yang Tepat bagi Nasabah

 

Danamon memiliki aspirasi yang kuat untuk menyediakan solusi dan layanan keuangan yang relevan dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui berbagai produk, baik konvensional maupun syariah, dan berbagai channel agar tetap menjadi bank pilihan nasabah.

 

Andrew berkata, “Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas serta produktivitas karyawan Prodia, sehingga dengan waktu yang diperoleh dari proses otomasi ini, mereka dapat mencurahkan waktu dan fokus pada kegiatan bernilai tambah lainnya,” imbuh Andrew.

 

AR-Match Invoice Management, Tingkatkan Efektivitas, Produktivitas dan Nilai Tambah bagi Prodia

Pengembangan portal Prodia AR-Match Invoice Management dilatarbelakangi oleh perkembangan Prodia di segmen korporasi yang sangat cepat, sehingga membutuhkan cara yang otomatis dan digital untuk membantu klien korporat dalam hal memproses faktur dan merekonsiliasi pembayaran yang masuk dalam sistem ERP mereka. Proses yang ada sebelumnya masih manual, menggunakan telepon ke klien untuk melakukan konfirmasi tagihan dan pembayaran. Oleh karena itu, Prodia harus mengotomatisasi manajemen faktur dan proses rekonsiliasi untuk dapat melayani klien korporat mereka yang berjumlah ribuan tersebut.

Dengan mendengarkan dan mempertimbangkan kebutuhan tersebut, Danamon mengembangkan portal AR-Match Invoice Management untuk mendukung pengelolaan faktur AR yang mendukung proses pembayaran dan rekonsiliasi menggunakan Virtual Account (VA) yang terintegrasi secara Host to Host (H2H). Portal ini mempercepat waktu siklus faktur, yang berdampak positif pada efisiensi proses. Tujuan lainnya adalah mengurangi potensi perselisihan dalam proses pengelolaan faktur serta meningkatkan kontrol proses manajemen faktur dengan mengotomatisasi proses manual yang ada saat ini.

Sistem yang baru ini memungkinkan Prodia untuk mengelola faktur dengan merekonsiliasi faktur milik Prodia dan Bank Pembayaran, dengan menggunakan API Danamon dan Prodia. Dengan sistem yang baru ini, klien korporat Prodia dapat melakukan login, mengunggah struk pembayaran dan memilih sendiri invoice yang telah dibayarkan. Portal akan mengirimkan data pembayaran untuk diposting sebagai jurnal di sistem internal Prodia. Kemudian, laporan dapat diakses oleh Prodia secara real-time melalui portal AR-Match Invoice Management.

Portal ini telah mulai diujicobakan pada bulan Oktober 2021, dan saat ini Danamon terus bersinergi bersama Prodia untuk terus berupaya lebih menyempurnakan sistem yang akan diterapkan secara bertahap baik di kantor pusat maupun ke cabang serta regional Prodia.

 

###

Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:

Ni Luh Putu Utami Arsaningrum

Corporate Communications Manager

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Utami.Arsaningrum@danamon.co.id

 

Cindyani Lasmana

Corporate Communications Head

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

cindyani.lasmana@danamon.co.id

 

###

Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:

Ni Luh Putu Utami Arsaningrum

Corporate Communications Manager

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Utami.Arsaningrum@danamon.co.id

 

Cindyani Lasmana

Corporate Communications Head

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

cindyani.lasmana@danamon.co.id