E-Tax Payment

Bank Danamon memberikan kemudahan pembayaran pajak secara real-time on-line melalui Danamon Cash Connect dan langsung memperoleh Bukti Penerimaan Negara (BPN) serta dapat melakukan pencetakan Surat Setoran Pajak (SSP)/ Surat Setoran Pabean Cukai Pajak (SSPCP).

Metode/cara pembayaran yang dapat dipilih adalah:

  1. One to one  : Pembayaran pajak diinput dan dijalankan satu per satu.
  2. Multi : Beberapa pembayaran pajak diinput dan dijalankan secara bersamaan dalam satu transaksi (file), dengan cara melakukan unggah data sesuai dengan format standar ke dalam sistem Danamon Cash Connect.

Jenis pembayaran pajak yang dapat dilayani adalah pembayaran SSP (PPn & PPh) dan SSPCP (pajak terkait Export/Import dan cukai).

MANFAAT LAYANAN

  1. Memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak, tanpa harus datang ke Counter/Cabang.
  2. Memberikan kemudahan melakukan pembayaran MMn & PPh) tanpa harus login ke website DJB untuk mendapatkan ID Billing (khusus untuk multi payment PPn & PPh).
  3. Pembayaran pajak dilakukan secara realtime-online melalui Danamon Cash Connect dan langsung memperoleh BPN yang dapat langsung diberikan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sebagai tanda bukti pembayaran Pajak.

RESIKO LAYANAN

  1. Nasabah dapat menghindari resiko kesalahan pembayaran pajak dengan memastikan data yang diinput telah benar (antara lain: masa pajak, jenis pajak, nominal).
  2. Nasabah dapat menghindari keterlambatan pembayaran pajak dengan cara:
  • Memastikan bahwa nasabah telah menerima Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) dan Bukti Penerimaan Negara (BPN).
  • Segera melakukan pelaporan ke kantor pajak.

PERSYARATAN LAYANAN

Terdaftar dalam layanan Danamon Cash Connect dengan paket Premium.

LAYANAN INFORMASI/KELUHAN

Untuk layanan informasi/keluhan atas layanan/transaksi e-tax Bank Danamon, nasabah dapat menghubungi menghubungi Hello Danamon  di nomor 1-500-090.

BIAYA LAYANAN

Seluruh biaya akan langsung didebet dari rekening nasabah.
Biaya transaksi   : 0
Biaya administrasi cap basah : Rp 100,000,-/per formulir (khusus SSPCP)

ALUR TRANSAKSI

  1. Nasabah melakukan pendaftaran layanan Danamon Cash Connect.
  2. Nasabah mengisi form SSP/SSPCP pada layar  e-Tax Payment.
  3. Nasabah melakukan pencetakan BPN setelah transaksi telah berhasil dilakukan.
  4. Nasabah melakukan pengecekan status transaksi dan mutasi rekening.

FAQ PEMBAYARAN PAJAK

Modul Penerimaan Negara adalah sistem elektronik yang terintegrasi untuk pengelolaan penerimaan negara melalui kode billing sehingga memberikan kemudahan bagi wajib pajak, wajib bayar, dan wajib setor agar semua setoran dapat diaplikasikan dengan lebih praktis, cepat dan aman melalui kanal pembayaran yang disediakan oleh Bank
  1. Kode Billing Dirjen Pajak (Setoran Pajak Persepsi)
    • Melalui Danamon Cash Connect. Link: https://cashconnect.danamon.co.id/
    • Melalui Web Dirjen Pajak. Link: https://sse.pajak.go.id/
  2. Kode Billing Dirjen Bea dan Cukai (Setoran Pajak Ekspor dan Impor)
    • Link: https://customer.beacukai.go.id/
  3. Kode Billing Dirjen Anggaran (Setoran PNBP)
    • Link: https://simponi.kemenkeu.go.id/index.php/welcome/login
Pembayaran Modul Penerimaan Negara dapat dilakukan di Kantor Cabang Danamon (Teller) dan Layanan Danamon Cash Connect
  1. Setoran Pajak Persepsi
    Pada kategori ini, kamu bisa membayar semua pajak yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh), PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPh 25, PPh 26, PPh 29, PPh Final
  2. Setoran Pajak Ekspor dan Impor
    Pada kategori ini, kamu bisa membayar biaya customs / bea cukai (dibawah naungan Direktorat Jenderal Bea Cukai)
  3. Bayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
    Pada kategori ini, kamu bisa membayar biaya/pajak yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Anggaran, seperti biaya perpanjangan paspor dan biaya perpanjangan SIM
  • Menu Tax Payment -> Single Billing
  • Khusus untuk pembuatan ID Billing massal, Menu Tax Payment -> Multibilling

Jika Anda tidak memiliki menu tersebut, hubungi Tim Transaction Banking Implementasi (email: tb.implementation@danamon.co.id).

Bukti bahwa pembayaran Modul Penerimaan Negara telah berhasil, jika pendebitan rekening Anda atas transaksi tersebut telah berhasil dilakukan dan Bukti Penerimaan Negara (BPN) dapat dicetak. Anda dapat melihat Bukti Penerimaan Negara pada menu BPN Report.

CATATAN: Lakukan selalu pengecekan terlebih dahulu apakah rekening telah terdebit setelah melakukan transaksi Modul Penerimaan Negara. Jika rekening sudah terdebit tetapi tidak mendapatkan BPN/NTPN atau mendapatkan respon timeout, jangan melakukan transaksi ulang, segera hubungi Transaction Banking Service (email: tb.service@danamon.co.id)

Untuk informasi referensi langkah-langkah cara mendapatkan kode billing silakan klik disini

Format Kode Billing:

Kode Billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak/wajib bayar/wajib setor dalam rangka identifikasi penerbit kode billing dalam Modul Penerimaan Negara. Terdiri atas 15 digit angka, dimana digit pertama adalah kode penerbit billing.

Contoh Gambar Format Kode Billing adalah sebagai berikut:

Apabila transaksi kamu sudah berhasil di proses, kamu akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara.

Contoh Bukti Penerimaan Negara adalah sebagai berikut:

Ya, masa berlaku dari kode bayar/kode billing untuk Setoran Pajak Persepsi adalah 30 hari. Sedangkan masa berlaku dari kode bayar/kode billing untuk Pajak Ekspor dan Impor serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengikuti ketentuan umum yang berlaku.