Zainal Abidin
Pihak Independen
Warga negara Indonesia. Berdomisili di Indonesia. Menjabat sebagai pihak independen dan menjadi anggota Komite Pemantau Risiko dan anggota Komite Audit independen Danamon sejak tahun 2020.

Kualifikasi/Riwayat Pendidikan

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi - Universitas Airlangga (1982) dan Master of Arts (MA) dalam bidang Ekonomi Pembangunan dari Williams College, Williamstown, Massachusetts, USA (1989). Bersertifikasi Chartered Accountant (CA-Indonesia).

Pengalaman Kerja

Beliau saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Artajasa Pembayaran Elektronis (2017-sekarang). Pernah menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Mekar Prana Indah - Bidakara Group (2014-2017). Memulai karir Perbankannya di Bank Indonesia dengan beberapa jabatan diantaranya sebagai Direktur Eksekutif pada Departemen Kredit, BPR dan UMKM (2012-2013). Direktur pada Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran (2012-2012). Peneliti Utama Bidang Pengaturan Perbankan dan Studi Bank Sentral (2008-2012). Direktur pada Direktorant Pengawasan dan Pemeriksaan Bank dan Deputi Direktur/Kepala Dealing Room/Kepala Biro Manajemen Devisa dan Nilai Tukar pada Direktorat Pengelolaan Devisa.

Tugas dan Tanggung Jawab

Anggota Komite Pemantau Risiko dan Komite Tata Kelola Terintegrasi