Tanya Jawab D-Point

Tanya Jawab D-Point

Apakah D-Point itu?
accordion toggle

D-Point adalah poin reward yang diperoleh Nasabah melalui transaksi/aktivitas perbankan yang jumlahnya ditentukan oleh Bank. Sistem akan menghitung dan mengumpulkan poin dari beberapa aktivitas transaksi perbankan Nasabah yang ditentukan oleh Bank dari produk Bank yang dimiliki oleh Nasabah dengan catatan produk yang dimiliki Nasabah tercatat dalam 1 (satu) CIF. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah melalui saluran penukaran yang disediakan oleh Bank.


Bagaimana nasabah dapat mengikuti program ini?
accordion toggle

Nasabah yang masih memiliki rekening perorangan di Bank maka secara otomatis bisa mendapatkan D-Point dengan melakukan transaksi sesuai Syarat Ketentuan Umum maupun kebijakan Bank Danamon yang berlaku.


Kapan Nasabah dapat mengikuti program ini?
accordion toggle

Keikutsertaan Nasabah dimulai pada saat program ini diluncurkan atau pada saat nasabah bergabung dengan Danamon melalui rekening produk-produk Danamon.


Kapan program ini berakhir?
accordion toggle

Kepemilikan Nasabah atas D-Point secara otomatis akan berakhir jika Nasabah tidak lagi memiliki rekening di Bank, Kartu Kredit Danamon dan/atau Nasabah dinyatakan tidak berhak mengumpulkan atau melakukan penukarkan D-Point oleh Bank karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan D-Point atau melanggar ketentuan yang berlaku di Bank ataupun peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dalam hal ini Bank sepenuhnya berhak untuk membatalkan kepemilikan Nasabah atas D-Point.


Apakah D-Point ini memiliki masa berlaku?
accordion toggle

Masa berlaku D-Point maksimal adalah 3 (tiga) tahun sejak dikreditkan.


Bagaimana jika D-Point tersebut telah melewati masa berlakunya?
accordion toggle

D-Point akan hangus secara otomatis dan tidak dapat ditukarkan untuk ditukarkan dengan hadiah D-Point apapun.


Bagaimana dengan Nasabah yang menutup semua rekeningnya tapi memiliki D-Point yang masih berlaku?
accordion toggle

Jika Nasabah menutup seluruh rekening dan/atau Kartu Kredit Danamon, maka seluruh D-Point yang terkumpul akan kedaluwarsa/hangus walaupun masa berlaku belum genap 3 (tiga) tahun. Nasabah disarankan untuk menukarkan D-Point sebelum melakukan penutupan rekening. Hal ini berlaku juga bagi rekening-rekening yang ditutup oleh Danamon (involuntary closed seperti dormant zero balance dll).

 

Apa kriteria nasabah untuk program ini?
accordion toggle
  • Nasabah Individu dari Consumer & SME Banking Danamon.
  • Memiliki setidaknya 1 rekening aktif/open di pada Nomor Identitas Nasabah (CIF).
  • Tidak termasuk dalam daftar Nasabah fraud atau memiliki tunggakan/pelanggaran lainnya.

Bagaimana cara mengetahui informasi D-Point yang dimiliki?
accordion toggle

Nasabah dapat secara langsung mengakses laporan informasi mengenai D-Point pada Saluran Penukaran atau media lainnya sebagaimana ditentukan oleh Bank. Saluran penukaran D-Point berbasis website dengan alamat dpoint.id menampilkan informasi D-Point yang akurat dan real time.

 

Produk apa saja yang mencakup dalam program ini?
accordion toggle
  • Kartu Debit/ATM Danamon
  • Kartu Kredit Danamon
  • Kredit Pemilikan Rumah
  • E-Channel Danamon (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking)
  • Bancassurance (Asuransi)
  • Reksa Dana
  • Produk Kredit Solusi UKM (Kredit Investasi Ruko, Kredit Investasi Usaha, Kredit Modal Kerja); dan/atau
  • Tabungan*
  • Giro*
  • Deposito*

*) pemberian D-Point hanya pada saat adanya program khusus yang diselenggarakan oleh Bank.


Bagaimana cara perhitungan D-Point?
accordion toggle

D-Point akan dihitung berdasarkan matriks perhitungan dasar poin. Poin akan dihitung & dikumpulkan dalam sistem dari rekening-rekening nasabah yang satu nomor CIF (customer number)


D-Point yang didapatkan dari transaksi menggunakan Kartu Kredit Danamon akan dikreditkan ke akun D-Point Nasabah yang berbasis Kartu Kredit Danamon. D-Point dari Kartu Debit/ATM Danamon, Kredit Pemilikan Rumah, E-Channel Danamon (ATM/CDM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking), Bancassurance (Asuransi), Reksa Dana, Produk Kredit Solusi UKM (Kredit Investasi Ruko, Kredit Investasi Usaha, Kredit Modal Kerja), akan dikreditkan ke akun D-Point Nasabah yang berbasis Kartu Debit/ATM Danamon.


Bagaimana matriks penghitungan poinnya?
accordion toggle
Produk Jenis Transaksi/ Aktifitas Jumlah Poin
Kartu Debit Transaksi belanja di berbagai merchant baik melalui EDC (mesin transaksi pembayaran) maupun pembayaran online min transaksi Rp 7.500 1 D-Point
Kartu Kredit Danamon Visa dan Mastercard® Platinum
  • Transaksi min. Rp2.500 (berlaku kelipatan)
  • Transaksi maksimal Rp10.000.000,-(untuk transaksi bill payment / PLN).
  • Tidak berlaku untuk:
  1. Transaksi cash advance/ tarik tunai
  2. Transaksi yang dijadikan cicilan (installment payment)
  3. Transaksi QRIS dengan sumber dana Kartu Kredit
1 D-Point
  • Informasi mengenai perolehan D-Point dapat dilihat pada lembar tagihan Kartu Kredit.*
Kartu Kredit Danamon JCB Precious
Kartu Kredit Danamon Grab
Kartu Kredit Danamon Mastercard® World
Kartu Kredit Danamon Mastercard® World Business
Kartu Kredit Danamon Visa Infinite
Kartu Kredit Danamon World Elite™ Mastercard®
E – Channel (D-Bank Pro, Danamon Online Banking, ATM/CDM, Danamon SMS Banking) Transaksi pembayaran, pembelian atau transfer min. 5 kali per bulan (tidak berlaku kelipatan). 250 D-Point
Bonus D-Point untuk pendaftaran baru akun D-Bank Pro/ Danamon Online Banking/ Danamon SMS Banking dan langsung melakukan transaksi dalam bulan yang sama. 500 D-Point
KPR Pencairan kredit rumah min. kredit Rp500 juta. Poin dihitung kelipatan Rp1 juta. 10 D-Point
Asuransi Primajaga Pembelian asuransi baru min premi Rp200 ribu. Poin dihitung dengan kelipatan Rp1.000 1.25 D-Point
Asuransi Proteksi Prima Amanah
Asuransi Proteksi Prima Medika
Asuransi Proteksi Prima Maxiplus Pembelian asuransi baru min premi Rp100 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp1 juta 100 D-Point
Asuransi Proteksi Prima Emas Plus Single Premium
Asuransi Proteksi Prima Rencana Optima Pembelian asuransi baru dan pembayaran premi bulanan dengan min. premi Rp12 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp1 juta. 1.000 D-Point
Asuransi Proteksi Prima Rencana Absolut
Asuransi Proteksi Prima Emas Plus PPEP
Asuransi Proteksi Prima Sehat Global
Asuransi Proteksi Prima Perlindungan Utama
Asuransi Proteksi Prima Rencana Utama
Reksadana Pembelian produk reksadana min Rp1 juta (berlaku kelipatan). Tidak berlaku untuk reksadana pasar uang dan obligasi 20 D-Point
Kredit Solusi UKM Pencairan Kredit produk Solusi UKM min. Rp500 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp1 juta 25 D-Point
Syarat dan Ketentuan berlaku.
*) Berlaku pembatasan bonus D-point (jika ada) sejumlah 1 (satu) kali dari limit kartu (termasuk jika kartu sedang dalam kenaikan limit sementara) yang diberikan oleh Bank kepada setiap Pemegang Kartu.

Apakah transaksi pembelanjaan Kartu Debit atau Kartu Kredit di luar negeri berlaku dihitung poin?
accordion toggle

Ya dihitung. D-Point dihitung berdasarkan nominal pembelanjaan dalam mata uang rupiah setelah dikonversi dari mata uang asal. Nilai tukar mata uang asing berdasarkan nilai tukar yang berlaku di Danamon.


Bagaimana dasar penghitungan D-Point untuk produk Asuransi?
accordion toggle

D-Point dihitung berdasarkan pembelian premi yang sudah diterbitkan polis asuransinya.


Bagaimana jika terjadi pembatalan premi asuransi setelah polis diterbitkan, apakah D-Point tetap diberikan?
accordion toggle

Selama polis sudah diterbitkan dan dana sudah masuk maka D-Point tetap diberikan.


Bagaimana premi yang termasuk dalam produk unit link seperti PPM?
accordion toggle

D-Point dihitung berdasarkan total premi yang dibayarkan, tidak memperhitungkan porsi investasi dan asuransinya.


Bagaimana jika Nasabah memiliki 2 Nomor Identitas Nasabah (CIF)?
accordion toggle

Nasabah akan dianggap 2 Nasabah yang berbeda, dan D-Point dari masing-masing CIF tidak dapat digabungkan.


Bagaimana jika Nasabah masih memiliki Nomor Identitas Nasabah (CIF) tapi semua rekeningnya sudah tutup?
accordion toggle

Nasabah tidak berhak mengikuti program ini sertaD-Point yang terkumpul akan hangus secara otomatis.


Bagaimana mekanisme pengumpulan D-Point pada rekening gabungan?
accordion toggle

Pada rekening gabungan baik AND atau OR maka D-Point akan dihitung & dikumpulkan untuk CIF pertama.

Bagaimana cara penukaran D-Point?
accordion toggle

D-Point dapat ditukarkan dengan berbagai macam pilihan produk/layanan (“Hadiah”) pada Saluran Penukaran. Saluran penukaran D-Point berbasis website dengan alamat  dpoint.id  dapat digunakan oleh Nasabah untuk melakukan penukaran D-Point dengan berbagai hadiah yang tersedia.


Bagaimana cara penukaran D-Point melalui Saluran Penukaran Website?
accordion toggle
  1. Masuk ke website dpoint.id 
  2. Masukan data credential nasabah:
    • Nomor Rekening (sebanyak 12 digit, jika nomor rekening kurang dari 12 digit maka ditambahkan angka ‘0’ didepan sehingga total nomor rekening mencapai 12 digit) / nomor Kartu Debit/ Nomor Kartu Kredit;
    • Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY); dan
    • Nomor handphone.
  3. Masukan kode OTP (One Time Password) yang diterima melalui nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamon.
  4. Pilih hadiah yang tersedia dalam saluran penukaran sesuai jumlah poin yang dimiliki nasabah.
  5. Lakukan konfirmasi transaksi penukaran poin.
  6. Nasabah akan menerima notifikasi transaksi penukaran poin melalui alamat email yang terdaftar di sistem bank.

Bisa ditukarkan apa saja D-Point ini?
accordion toggle

D-Point dapat ditukarkan dengan berbagai macam pilihan produk/layanan (“Hadiah”) yang tersedia pada Saluran Penukaran.

 

Apakah poin yang sudah ditukarkan bisa dibatalkan?
accordion toggle

D-Point yang dikonversi/ditukar oleh Nasabah tidak dapat dibatalkan.

 

Bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang dipilih?
accordion toggle

Nasabah dapat menghubungi Customer Care Hello Danamon untuk menyampaikan keluhan dan Danamon akan membantu menindaklanjuti tersebut ke pihak vendor penyedia barang.

 

Berapa lama barang sampai ke alamat tujuan?
accordion toggle

Pengiriman tergantung dari jenis barang, asal barang dan alamat tujuan, mempertimbangkan asal barang bisa saja berasal dari luar Indonesia. Secara keseluruhan lama pengiriman sekitar 14 - 30 hari kerja.

 

Bagaimana menyampaikan keluhan?
accordion toggle

Keluhan penukaran point selambat-lambatnya diterima Hello Danamon (1-500-090), 2 (dua) minggu sejak penukaran poin.

 

D-Bank PRO #SelaluMenggoda
Penuhi kebutuhan transaksi dan atur finansial sehari-hari dengan solusi tepat yang bikin semua terpikat dari D-Bank PRO by Danamon!
product icon
Waspada Modus Penipuan Transaksi Online