Rencana Akuisisi Saham Danamon oleh MUFG

Jakarta, 26 Desember 2017 – Melanjutkan pengumuman yang disampaikan pada tanggal 9 November 2017, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) telah menerima pemberitahuan pada hari ini, tanggal 26 Desember 2017, dari pemegang saham utamanya, Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (“AFI”), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. (“FFH”), bahwa The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (“MUFG”), badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc., telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan AFI dan entitas terafiliasi lainnya dengan jumlah keseluruhan 73,8% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Di tahap awal MUFG akan membeli 19,9% dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan (“Tahap 1”) dengan harga Rp8323/saham. Harga saham untuk Tahap 1 didasarkan pada 3Q2017 price-to-book ratio dua, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

Setelah penyelesaian Tahap 1, MUFG akan membeli tambahan 20,1% saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan (“Tahap 2”). 

Setelah diselesaikannya Tahap 2, MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon (“Tahap 3”), dan hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Dengan dilaksanakannya Tahap 3, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8%  dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Harga pembelian saham Danamon dalam Tahap 2 dan Tahap 3 akan memakai pendekatan yang mirip dengan Tahap 1. Tidak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Danamon di Tahap 2 dan Tahap 3 akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat.

AFI tetap menjadi pemegang saham yang signifikan selama proses ini berlangsung dan tetap memberikan dukungan penuh sebagai pemegang saham.

MUFG adalah salah satu group keuangan terbesar di dunia dan investasinya di Danamon akan memberikan Danamon akses terhadap kekuatan finansial, keahlian dan jaringan MUFG untuk mendukung pertumbuhannya. 

Kami sampaikan pula rujukan pengumuman untuk informasi yang lebih terperinci atas transaksi yang akan dijalankan.
Tautan: http://www.bk.mufg.jp/global/newsroom/news2017/pdf/newse12263.pdf
Tautan: http://www.temasek.com.sg/mediacentre/newsreleases?detailid=27532 

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, fokus kami adalah untuk senantiasa meningkatkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan dan pemegang saham. Kami tetap berkomitmen menjalankan strategi perusahaan. Layanan dan kegiatan operasional perbankan tetap berjalan seperti biasa.

Dikarenakan transaksi yang diusulkan ini bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham, serta memiliki syarat pemenuhan yang serupa dengan transaksi sejenis, semua pihak dihimbau untuk berhati-hati saat memperdagangkan saham mereka. 


Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Atria Rai
Head of Corporate Communications
Email: corporate.communications@danamon.co.id

Tentang Danamon:
PT Bank Danamon Indonesia Tbk didirikan pada tahun 1956, dan pada 30 September 2017 mengelola asset senilai Rp 174 triliun bersama-sama dengan anak usahanya yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Danamon memiliki jaringan lebih dari 1600 cabang konvensional, unit syariah, kantor cabang pembantu serta lebih dari 60.000 ATM melalui kemitraan dengan ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO di 34 propinsi. Selain jaringan dalam bentuk fisik, layanan Danamon dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Mobile dan D-Card, serta SMS Banking.

Danamon secara eksklusif menerbitkan kartu DEBIT/ATM dan Kartu Kredit Manchester United, sekaligus juga penerbit Kartu Kredit American Express. Dengan banyaknya ragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa IB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Primajaga Insurance, Danamon memberikan pilihan pada semua segmen pelanggan untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

Danamon raih Corporate Governance Award dari Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) untuk kategori Top 50 of the Biggest Market Capitalization - Publicly Listed Companies. Selain itu, Danamon menerima penghargaan Indonesia Banking Award 2017 di kategori The Best Bank in Digital Service, kategori Aset di atas Rp100-250 triliun dari Tempo Media Group dan Indonesia Banking School. Terkait tanggung jawab sosial, Yayasan Danamon Peduli meraih Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2017 dalam kategori “Outstanding Philanthropy” dari majalah MIX Marketing & Communication.

 


BERITA TERPOPULER