4 Tips Agar Pengajuan Pinjaman Dana Bisnis Disetujui

Ada banyak jenis pinjaman yang bisa Anda gunakan, namun, mendapatkan persetujuan atas pengajuan pinjaman yang Anda lakukan bukanlah perkara mudah. Banyal hal yang menjadi bahan pertimbangan. Mengingat pinjaman dana bisnis merupakan hal yang krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha Anda, tak ada jawaban selain terus berusaha. Berikut 4 tipsnya khusus untuk Anda!

Baca Juga: 4 Pebisnis Indonesia yang mengubah hal biasa jadi luar biasa

 

Riset, riset, riset

 

Pastikan Anda melakukan riset sebelum mengajukan pinjaman. Riset akan memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk sukses melakukan pinjaman. Biasanya, pihak pemberi modal akan melakukan pemeriksaan mendalam mengenai rencana hingga kelayakan bisnis Anda. Sehingga sudah pasti Anda harus mulai menyusun rencana hingga perbaikan bisnis jika harus. 

Pelajarilah beberapa pemberi modal yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga Anda memeriksa berbagai syarat dan memenuhinya. Temukanlah bank atau pihak peminjam lainnya yang menawarkan Anda bunga cicilan terendah dan tenor paling fleksibel agar proses pinjaman dan pengembaliannya lebih mudah. Jangan sampai hanya karena kurang riset, Anda salah mengambil keputusan dan stuck di tengah jalan.

Baca Juga: Cara efektif mengelola utang dan piutang dalam berbisnis

 

Punya tujuan bisnis yang jelas

Sebelum menyetujui pinjaman dana bisnis yang Anda ajukan, kemungkinan besar pihak pemberi pinjaman akan meminta Anda membuat rencana bisnis yang jelas. Pihak pemberi pinjaman tentu ingin mengetahui secara detail mengenai bagaimana Anda akan menggunakan uang pinjaman, rencana Anda ke depan, serta kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman.

Rencana bisnis yang baik haruslah mencakup laporan keuangan usaha Anda di masa lalu, saat ini, dan lengkap dengan tujuan bisnis masa depan. Tambahkan juga elemen-elemen lainnya seperti deskripsi produk dan perusahaan, analisis pasar, hingga strategi perusahaan untuk tumbuh menjadi lebih besar untuk memperbesar kemungkinan pinjaman Anda disetujui.

Baca Juga: Coba cara ini untuk mengembangkan bisnis keluarga

 

Tentukan jumlah pinjaman dana

Pastikan Anda menghitung dengan pasti jumlah yang Anda butuhkan sebelum mengajukan pinjaman. Dengan begitu, Anda dapat mengajukan pinjaman dana bisnis dengan lebih bijaksana. Kemungkinan pinjaman tersebut diterima juga akan lebih besar. Pastikan juga Anda mengetahui tujuan pinjaman dengan jelas.

Lakukanlah perhitungan proyeksi arus kas berkala untuk menentukan jumlah pinjaman dana. Dari sini, jumlah kekurangan dana yang Anda butuhkan akan terlihat. Mungkin akan lebih mudah untuk menentukan jumlah pinjaman dengan perhitungan kasar. Namun ingat, Anda tak akan ingin tampak konyol ketika bank meminta proyeksi arus kas usaha Anda dan menemukan fakta bahwa Anda ternyata membutuhkan jumlah dana yang jauh berbeda dari dana yang Anda ajukan.

Baca Juga: Jangan keliru, ini perbedaan KTA dan dana tunai kartu kredit

 

Pertimbangkan prinsip 5C: capacity, capital, collateral, conditions, character

 

Satu lagi cara yang bisa Anda lakukan agar pinjaman dana yang Anda ajukan kali ini berjalan lancar, pertimbangkan prinsip 5C. Prinsip yang terdiri dari Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral ini akan membuat akses Anda terhadap persetujuan pinjaman bisnis menjadi lebih luas. Pertama character, prinsip ini tentang kepribadian Anda. Apakah Anda sosok yang dapat dipercaya? Jika Anda mampu menonjolkan karakter positif Anda dalam proses pinjaman dana, Anda bisa mengharapkan hasil yang positif pula.

Kedua capacity, faktor ini mengukur kemampuan Anda dalam menjalankan financial usaha Anda. Masalah keuangan yang pernah Anda hadapi sebelumnya bisa jadi bahan pertimbangan utama. Lalu ada capital yang melihat kondisi aset dan kekayaan yang Anda miliki. Faktor ini biasanya dilihat dari laporan tahunan usaha Anda dan menentukan layak tidaknya usaha Anda diberi pinjaman.

Collateral merupakan jaminan yang Anda punya apabila nantinya Anda tak mampu mengembalikan pinjaman dana. Serta condition yang melihat kondisi financial secara keseluruhan, seperti kondisi perekonomian negara sebelum memberikan pinjaman.

Lakukan 4 tips di atas untuk memperbesar peluang pinjaman dana bisnis Anda disetujui. Apabila Anda telah mempersiapkan segala hal dengan matang, tak menutup kemungkinan dana yang selalu ini Anda butuhkan akan segera Anda dapatkan. Jangan lupa, permudahlah juga perjalanan bisnis Anda dengan mengunjungi Danamon Solusi UKM untuk mendapatkan solusi mengembangkan usaha Anda. Semoga bermanfaat!


BERITA TERPOPULER