Perubahan Kegiatan Perbankan Terkait Penggabungan Operasional Bank Danamon – Bank BNP
Kepada Nasabah eks Bank BNP yang terhormat,
Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan Bapak/Ibu selama ini. Kami sangat menghargai kerjasama yang telah terjalin dengan baik dan merupakan komitmen kami untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada nasabah kami.
Melanjutkan surat kami sebelumnya dimana kami informasikan bahwa Bank Danamon dan PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk. (Bank BNP) saat ini sedang melakukan integrasi operasional dan sistem layanan perbankan yang diperkirakan akan tuntas pada tanggal 2 September 2019 ("Tanggal Efektif Penggabungan Operasional”), dengan ini kami sampaikan perkembangan lebih lanjut tekait proses penggabungan operasional tersebut.
Terhitung sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, Bapak/Ibu dapat menikmati layanan dalam bentuk solusi keuangan yang lebih beragam serta akses yang lebih luas untuk jaringan kantor cabang, ATM, dan juga layanan SMS/ internet/ mobile banking. Sebagai nasabah, Bapak/Ibu adalah prioritas utama kami. Oleh karena itu, kami akan melakukan yang terbaik agar proses transisi ini berlangsung lancar dengan dampak seminimal mungkin pada Bapak/Ibu.
Sejak tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, akan terdapat beberapa penyesuaian sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan kami. Penyesuaian ini mencakup Kode Bank, Produk dan Layanan, Cek dan Bilyet Giro, Kartu Debit/ATM, dan Internet Banking.
Penyesuaian terhadap produk dan layanan yang lebih rinci adalah sebagai berikut:
1. Nama dan kontak bank
|
Sampai dengan 1 hari sebelum |
Sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional |
Logo Bank |
Bank BNP |
Bank Danamon |
Website |
||
Call Center & Pengaduan Nasabah |
BNP Call (022) 82560163 dan 82560164 |
Hello Danamon |
Kantor Pusat |
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Bandung 40132, Indonesia |
Jl. HR. Rasuna Said Blok C 10, Jakarta 12920, Indonesia |
Jumlah kantor |
33 |
464 |
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Mulai sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, Bank BNP akan bergabung secara penuh dengan Bank Danamon. Cabang Bank BNP akan berubah menjadi Cabang Bank Danamon. Dengan demikian, Bapak/Ibu mulai dapat menikmati layanan dalam bentuk solusi keuangan yang lebih beragam serta akses yang lebih luas. Didukung oleh bankir-bankir profesional dan berpengalaman, Bank Danamon memastikan selalu berada dekat dengan nasabah melalui jaringan 464 kantor cabang dan akses ke lebih dari 60.000 ATM yang tersebar di 32 provinsi yang didukung oleh layanan digital seperti mobile banking, internet banking dan SMS banking.
2. Kode bank
Daftar kode SWIFT dan RTGS yang akan berlaku sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019 adalah sebagai berikut.
|
Sampai dengan 1 hari sebelum |
Sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional |
Nama Bank |
Bank BNP |
Bank Danamon |
Kode Bank (**) |
145 |
011 |
Kode SWIFT |
NUPAIDJ6 |
BDINIDJA |
* Tunduk pada semua persetujuan yang diperlukan yang akan diperoleh dari pihak otoritas
** Perubahan kode SKN dan RTGS tunduk pada pendaftaran oleh Bank Indonesia
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Perubahan ini tidak akan mempengaruhi operasi pengiriman uang nasabah karena kode ini tidak diperlukan dalam instruksi pengiriman uang nasabah.
3. Nomor rekening
Rekening Bapak/Ibu di Bank BNP akan otomatis menjadi rekening Bank Danamon efektif pada Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
Nomor rekening lengkap untuk Tabungan dan Giro Bapak/Ibu akan berubah menjadi:
Contoh: rekening awal ‘88833100100’ menjadi ‘088833100100’.*
*apabila terdapat perbedaan dari informasi yang tertera diatas, kami akan komunikasikan melalui surat terpisah
Sedangkan nomor rekening deposito berjangka akan berubah pada saat melakukan perpanjangan deposito.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Nomor rekening Bapak/Ibu sudah langsung aktif setelah menjadi rekening Bank Danamon pada Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019. Dengan demikian, Bapak/Ibu tidak perlu mengaktifkan kembali nomor rekening setelah menjadi rekening Bank Danamon.
4. Produk bank
Seluruh produk Bank BNP akan otomatis berubah menjadi produk Bank Danamon mulai sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019 sebagai berikut.
|
Sampai dengan 1 hari sebelum |
Sejak Tanggal Efektif Penggabungan Operasional |
Produk |
Tabungan Parahyangan |
Tabungan Danamon Lebih |
Tabungan Sakura |
Tabungan Flexi Max |
|
Tabungan Dollar |
Tabungan Prima Dollar |
|
TabunganKu Bank BNP |
TabunganKu Bank Danamon |
|
Tabungan Payroll Bank BNP |
Tabungan Payroll Bank Danamon |
|
Giro Bank BNP |
Giro Bank Danamon |
|
Giro Valas Bank BNP |
Giro Valas Bank Danamon |
|
Deposito Bank BNP |
Deposito Bank Danamon |
|
Catatan: Khusus untuk Tabungan Japan, produk tersebut telah diberhentikan dan dana nasabah akan dikembalikan ke rekening asal pada tanggal 1 Agustus 2019. |
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Seluruh produk yang Bapak/Ibu miliki sebelumnya di Bank BNP otomatis berubah menjadi produk Bank Danamon seperti tertera di tabel di atas. Seluruh produk dan layanan akan mengikuti syarat dan ketentuan produk Bank Danamon.
Selain produk-produk yang tertera di atas, Bapak/Ibu juga akan memiliki akses kepada beragam produk Bank Danamon lainnya sesuai dengan kebutuhan keuangan Bapak/Ibu.
Untuk penjelasan mengenai produk dan layanan Bank Danamon lebih lanjut dapat dilihat di website www.danamon.co.id, menghubungi Relationship Manager Bapak/Ibu atau Hello Danamon (1-500-090).
5. Pinjaman
Seluruh fasilitas pinjaman yang telah dimiliki dan sedang diproses akan tetap berjalan seperti biasa. Mohon untuk menghubungi relationship manager Bapak/Ibu yang menangani fasilitas pinjaman untuk keterangan lebih lanjut.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Bagi Bapak/Ibu yang sudah memiliki rekening pinjaman di Bank BNP dan di Bank Danamon, maka setelah Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, rekening pinjaman dan limit kredit Bapak/Ibu di Bank BNP akan dialihkan dan ditatausahakan secara terpisah dengan limit kredit Bapak/Ibu di Bank Danamon.
6. Pembukaan rekening baru
Untuk membuka rekening baru Bank BNP dapat dilakukan sampai dengan tanggal 31 Juli 2019.
7. Cek dan/atau Bilyet Giro
Cek dan/atau bilyet giro eks Bank BNP masih berlaku sampai dengan 3 bulan setelah Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Bapak/Ibu masih dapat menggunakan cek dan/atau bilyet giro eks Bank BNP sampai dengan 28 November 2019 (tanggal terakhir dikliringkan atau dipindahbukukan).
Mulai tanggal 2 September 2019, permintaan cek dan/atau bilyet Giro Bank Danamon dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP). Cek dan/atau bilyet giro Bank BNP yang belum digunakan dapat ditukarkan dengan cek dan/atau bilyet giro Bank Danamon.
8. Proses kliring cek dan/atau Bilyet Giro
Sebelum Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019:
Setelah Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019:
Layanan penerimaan titipan Bilyet Giro yang belum jatuh tempo (PDC - Post-Dated Check) berlaku sebagai berikut:
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Jika Bapak/Ibu menggunakan layanan kliring kami (baik sebagai Penerima maupun Penarik) untuk Cek dan/atau Bilyet Giro, harap memperhatikan tanggal-tanggal yang disebutkan di atas, Perlu diperhatikan hal tersebut dapat mempengaruhi perencanaan kas Bapak/Ibu.
9. Buku Tabungan
Sehubungan dengan perubahan produk Bank BNP menjadi produk Bank Danamon, kami mohon Bapak/Ibu untuk membawa Buku Tabungan Bank BNP dan akan diganti menjadi Buku Tabungan Bank Danamon di cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP) terdekat . Penggantian buku tabungan ini dapat dilakukan mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Untuk kenyamanan Bapak/Ibu bertransaksi, kami mohon untuk melakukan pengkinian buku tabungan Bank BNP di seluruh cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP) mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
Selain menggunakan buku tabungan untuk mengakses informasi rekening, Bapak/Ibu juga dapat menikmati layanan e-statement (laporan rekening elektronik) Bank Danamon, setelah Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
10. Kartu Debit/ ATM
Sehubungan dengan perubahan layanan Bank BNP menjadi layanan Bank Danamon, Bapak/Ibu juga perlu mengganti kartu Debit/ ATM Bank BNP menjadi kartu Debit/ ATM Bank Danamon di seluruh cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP), yang dapat dilakukan mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019.
Namun demikian, Kartu Debit/ ATM Bank BNP baik Visa maupun GPN selama belum kadaluarsa masih dapat digunakan untuk transaksi di dalam negeri hingga tanggal 28 Februari 2020.
Untuk Kartu Debit/ ATM berlogo Visa sudah tidak dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri sejak tanggal 30 Agustus 2019.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Demi meningkatkan kenyamanan transaksi dan mendapatkan manfaat yang optimal, kami harap Bapak/Ibu melakukan penukaran kartu Debit/ATM Bank BNP dengan kartu Debit/ATM Bank Danamon sebelum tanggal 28 Februari 2020 atau tanggal kadaluarsa kartu di seluruh cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP).
11. Pembayaran Tagihan Autodebet
Terkait pembayaran tagihan melalui autodebet, terhitung mulai dari Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, tanggal pendebetan rekening untuk pembayaran tagihan akan disesuaikan dengan ketentuan Bank Danamon dimana untuk pembayaran tagihan PLN dan Telkom akan dilakukan mulai tanggal 7 sampai dengan tanggal 20 di setiap bulan. Sementara untuk pembayaran penyedia jasa lainnya, tanggal pendebetan akan menyesuaikan dengan tanggal tagihan masing-masing penyedia jasa.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, kami sarankan Bapak/Ibu untuk menyediakan dana yang cukup di rekening pendebetan sebelum batas akhir tanggal pendebetan sebagaimana disebutkan diatas. Untuk penjelasan lebih lanjut, mohon untuk menghubungi relationship manager Bapak/Ibu.
12. Internet Banking
Mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, Bapak/Ibu dapat mulai menikmati layanan Internet Banking Bank Danamon yaitu Danamon Online Banking dengan melakukan registrasi Internet Banking Danamon di cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP) terdekat .
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Dalam rangka proses penggabungan operasional, Internet Banking Bank BNP tidak dapat digunakan mulai tanggal 30 Agustus 2019. Namun kami memberikan layanan Internet Banking Bank Danamon yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital Bapak/Ibu. Bapak/Ibu dapat melakukan registrasi Internet Banking Bank Danamon di seluruh kantor cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP). Layanan Internet Banking Bank Danamon memiliki fitur beragam, kemampuan belanja serta pembayaran online, dan penggunaan soft token (SMS token). Selain Internet banking, Bapak/Ibu dapat melakukan pendaftaran layanan digital lainnya seperti mobile banking D-Bank untuk kemudahan transaksi perbankan melalui smartphone maupun SMS banking.
13. Fasilitas Payroll
Terhitung mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, fasilitas payroll akan dilakukan melalui layanan Internet Banking Danamon Cash Connect (DCC), yang memberikan beragam solusi.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Bapak/Ibu yang bermaksud menggunakan fasilitas payroll melalui layanan Internet Banking DCC dapat melakukan pengisian formulir DCC yang akan dimulai pada tanggal 1 – 31 Juli 2019. Relationship manager akan membantu Bapak/Ibu dalam memberikan panduan penggunaan layanan DCC pada bulan Agustus 2019 dan implementasi layanan DCC setelah Tanggal Efektif Penggabungan Operasional pada tanggal 2 September 2019.
14. Safe Deposit Box
Bapak/Ibu yang menggunakan layanan Safe Deposit Box (SDB) di cabang Bank BNP akan tetap dapat menikmati layanan tersebut. Mulai tanggal 1 Januari 2020, layanan SDB akan mengikuti syarat dan ketentuan Bank Danamon.
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Layanan SDB akan tetap berjalan seperti biasanya. Jika ada perubahan terkait layanan ini, kami akan informasikan lebih lanjut.
15. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mirai+
Mulai Tanggal Efektif Penggabungan Operasional yang diperkirakan pada tanggal 2 September 2019, Pembayaran angsuran KTA Mirai+ dengan setor tunai dapat Bapak/Ibu lakukan di seluruh cabang Bank Danamon (termasuk cabang Bank Danamon eks-BNP).
Nomor rekening lengkap KTA Mirai+ Bapak/Ibu akan berubah menjadi:
Contoh: rekening awal ‘88833100100’ menjadi ‘088833100100’.*
*apabila terdapat perbedaan dari informasi yang tertera diatas, kami akan komunikasikan melalui surat secara terpisah
Apa artinya untuk Bapak/Ibu?
Penggabungan operasional tidak mempengaruhi fasilitas (jangka waktu, suku bunga, besaran angsuran, tata cara pembayaran/pelunasan, media pembayaran) KTA Bapak/Ibu.
Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, fokus kami adalah senantiasa meningkatkan nilai jangka panjang bagi Bapak/Ibu. Apabila Bapak/Ibu memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan, silakan menghubungi relationship manager, customer service Bank BNP atau menghubungi BNP Call melalui nomor telepon (022) 82560163-164.
Hormat kami,
Michellina Triwardhany
Wakil Direktur Utama
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Informasi mengenai Penggabungan Operasional
FAQ dan Tambahan Informasi untuk Nasabah eks Bank BNP