Takayoshi Futae
Komisaris Utama
Warga Negara Jepang. Berdomisili di Tokyo. Senior Managing Executive Officer & Chief Executive of Global Commercial Banking Business Unit and Chief Operating Officer-International (COO-I), MUFG Bank, Ltd.

Kualifikasi / Latar Belakang Pendidikan
Lulus dengan gelar ekonomi dari Osaka University di Osaka, Jepang pada tahun 1983, dan mendapatkan gelar Master pada bidang Administrasi Bisnis (Master's degree in Business Administration) dari Booth School of Business, University of Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1988.

Pengalaman Kerja
Seorang bankir yang sarat akan keahlian dengan lebih dari 30 tahun pengalaman, Bapak Takayoshi Futae memulai kariernya pada tahun 1983 pada The Sanwa Bank, Ltd., yang merupakan pendahulu dari The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ. Ia bekerja di Amerika Serikat selama lebih dari 10 tahun, pada cabang-cabang di Chicago dan New York sebelum kembali ke Jepang untuk menempati posisi yang lebih senior dalam pembiayaan terstruktur, pembiayaan berbasis proyek dan aset (structured finance, project and asset based finance) serta restrukturisasi korporasi. Sebagai Managing Executive Officer yang bertanggung jawab atas Kredit Korporasi Jepang (Japanese Corporate Credit), Bapak Futae memegang peran penting dalam memulai dua fungsi bisnis kunci dari bank - yaitu Divisi Pembiayaan berbasis Proyek dan Aset (Project & Asset-based Financing Division) yang saat ini adalah bagian dari divisi Pembiayaan Terstruktur (Structured Finance Division), dan Divisi Perbankan Korporasi Global (Global Corporate Banking), yang melayani perusahaan-perusahaan multinasional dan perusahaan-perusahaan non Jepang.

Pada tahun 2016, Bapak Futae pindah ke Singapura dimana beliau diangkat sebagai Chief Executive Officer MUFG Bank untuk wilayah Asia & Oseania, memimpin bisnis bank di 13 negara, Pada tahun 2017, cakupan kepemimpinan beliau bertambah untuk meliputi Asia Timur.

Salah satu peran penting beliau adalah mendorong kolaborasi antara MUFG dan bank mitra strategis di Asia, dan pengangkatan Bapak Futae dalam Dewan di Bank of Ayudhya dan Security Bank Corporation of the Philippines, dimana MUFG memiliki kepemilikan saham pada kedua bank tersebut. Saat ini, Bapak Futae sudah tidak menjabat pada Dewan kedua bank tersebut, namun masih menjadi anggota Dewan Komisaris Bank Danamon Indonesia sejak bulan November 2018.

Saat ini, Bapak Futae berdomisili di Tokyo untuk memimpin Global Commercial Banking Business Unit yang berperan untuk meningkatkan sinergi antara bank mitra strategis MUFG. Jabatan lain beliau adalah COO-I dengan peran untuk mengawasi keamanan dan kesehatan operasional dan bisnis bank secara global.

Dengan pengalaman dan keahlian luas dari berbagai negara di benua Asia dan Amerika, Bapak Futae membawa perspektif global, keahlian yang beraneka ragam, dan ketilitian yang berharga untuk segala bisnis. Peran aktif beliau dalam memperkuat jaringan perbankan strategis MUFG di Asia telah memberikan beliau pemahaman yang dalam terkait pentingnya memanfaatkan sinergi antara mitra local dan group keuangan global guna meraih kesuksesan bersama.