Jakarta, 22 Oktober 2024 — PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) terus mengedukasi nasabahnya agar lebih bijaksana
dalam mengelola keuangan dan menghindari praktik gesek tunai (gestun) yang sudah dilarang oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan
(OJK). Praktik gestun ini bukan hanya melanggar hukum, melainkan juga membawa banyak risiko yang dapat merugikan nasabah, seperti pencurian
data pribadi dan pencucian uang.
Gestun sendiri merupakan tindakan yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit dengan memanfaatkan limit kartu kredit mereka melalui mesin
electronic data capture (EDC) di merchant tertentu. Secara formal, transaksi ini tampak seperti pembelian barang atau jasa, namun sesungguhnya
hanya untuk menutupi tujuan utamanya yaitu untuk menarik uang tunai. Bagi sebagian nasabah, gestun menjadi pilihan karena mereka membutuhkan
uang tunai secara cepat tanpa harus menariknya dari ATM yang dikenakan bunga penarikan tunai, atau tanpa harus melalui proses pengajuan
pinjaman personal. Namun, meski terlihat praktis, gestun sebenarnya adalah transaksi fiktif yang berpotensi mendatangkan berbagai risiko
finansial dan non-finansial kepada nasabah.
Praktik gestun dinyatakan ilegal oleh BI dan OJK, yang menjadikannya tindakan melanggar hukum. Bank Indonesia melalui Peraturan Bank
Indonesia No.11/11/PBI/2009 dan perubahannya menyatakan bahwa gestun adalah bentuk penipuan atau transaksi ilegal. Jika ketahuan melakukan
praktik ini, pelaku dapat dikenakan sanksi hukum yang berat.
Menurut buku Bijak Ber-e-Banking OJK, gesek tunai bukanlah produk bank dan oleh karena itu, jika terjadi kerugian akibat transaksi ini,
nasabah tidak dapat meminta ganti rugi kepada bank. Nasabah yang terlibat dalam gestun juga rentan terhadap risiko yang lebih besar, seperti
penyalahgunaan data pribadi dan pencurian identitas. Data pribadi yang diambil dari transaksi di merchant tidak resmi bisa digunakan untuk
mengakses informasi rekening atau kartu kredit nasabah tanpa sepengetahuan mereka.
Selain itu, gestun juga membuka peluang bagi praktik pencucian uang, yaitu uang hasil kejahatan atau kegiatan ilegal dapat dicuci melalui
transaksi berulang kali yang tampak sah secara permukaan. Dengan menghindari pengawasan ketat dari bank dan regulator, pelaku bisa mengubah
uang hasil tindakan kriminal menjadi uang yang tampak legal. Hal ini tidak hanya merugikan nasabah secara pribadi, tetapi juga dapat merusak
sistem keuangan secara keseluruhan.
Dalam upaya mencegah risiko-risiko tersebut, Danamon mengimbau nasabah untuk lebih berhati-hati dan menghindari semua bentuk praktik gestun.
Danamon juga menekankan pentingnya penggunaan kartu kredit sesuai dengan fungsinya sebagai alat pembayaran yang sah dan legal, bukan sebagai
alat untuk mendapatkan uang tunai secara ilegal, serta mengajak nasabah untuk mengelola keuangan pribadi secara lebih bijaksana, dengan
memastikan bahwa mereka mengutamakan keamanan dan tanggung jawab dalam setiap pengeluaran.
Sebagai solusi bagi nasabah yang membutuhkan dana tunai secara aman dan legal, Danamon menyediakan layanan Money Transfer. Layanan ini
memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mencairkan limit kartu kredit mereka ke rekening bank dengan bunga mulai dari 0%. Nasabah tidak
perlu lagi mengambil jalan pintas seperti gestun untuk mendapatkan dana tunai, karena dengan Money Transfer, mereka dapat mengajukan pencairan
limit kartu kredit dengan proses yang cepat dan mudah.
Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi mobile banking D-Bank PRO, sehingga nasabah bisa mengajukan kapan saja dan di mana saja,
dengan proses pencairan yang hanya memakan waktu 30 detik. Danamon juga menawarkan fleksibilitas dalam tenor cicilan mulai dari 6
hingga 36 bulan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
Enriko Sutarto, Consumer Lending Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menegaskan, “Danamon memahami bahwa terkadang nasabah
membutuhkan dana tunai untuk keperluan tertentu. Melalui layanan Money Transfer, kami menyediakan solusi yang aman, mudah, dan nyaman
untuk mendapatkan dana tunai tanpa harus melakukan gestun. Layanan ini juga merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung upaya
Bank Indonesia dan OJK untuk memberantas praktik gesek tunai yang merugikan.”
Danamon, lanjutnya, percaya bahwa dengan menyediakan solusi finansial yang komprehensif, nasabah dapat menghindari risiko yang timbul
dari praktik-praktik ilegal seperti gestun. Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon bersama grup perusahaan dan mitra strategisnya untuk
terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial dan menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pada nasabah dengan menyediakan
solusi finansial menyeluruh, sehingga nasabah dapat tumbuh bersama Danamon. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Money Transfer,
nasabah dapat mengunjungi situs resmi Danamon di bdi.co.id/MT.
###
Untuk pertanyaan media, mohon hubungi:
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
|