Jakarta, 3 Oktober 2024 – Di tengah tingginya kebutuhan nasabah dan masyarakat luas terhadap produk dan solusi keuangan
yang andal dan sesuai perkembangan jaman, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) membagikan informasi tentang kinerja Kartu Kredit Danamon Grab
yang terus meningkat sejak diluncurkan beberapa tahun lalu. Kartu kredit yang ditujukan untuk kaum muda yang dinamis ini mencatatkan performa yang
cukup menggembirakan. Per September 2024, jumlah pengguna, jumlah transaksi dan nilai transaksi meningkat hingga dua kali lipat tahun ke tahun. Hal
ini tentunya menunjukkan tingginya animo pengguna kartu kredit terhadap produk ini.
Disesuaikan dengan karakteristik Gen Z, terutama mereka yang lahir antara 1997 hingga 2012, Kartu Kredit Danamon Grab dilengkapi dengan beragam keunggulan,
salah satunya untuk memudahkan tidak hanya transaksi seperti GrabCar/GrabBike/GrabFood/dan lain-lain di aplikasi Grab, namun juga transaksi lainnya yang sesuai
dengan gaya hidup generasi muda masa kini, tentunya dengan tetap menjaga pengelolaan finansial yang lebih baik.
“Kartu kredit ini merupakan kolaborasi antara Danamon dengan Grab, yang merupakan bagian dari mitra strategis Danamon. Kolaborasi ini
adalah wujud nyata dari komitmen Danamon bersama grup perusahaan dan mitra strategisnya untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup
Finansial. Danamon terus berupaya untuk menjadi mitra keuangan terpercaya yang senantiasa berorientasi pada nasabah dan inovatif, dengan
menyediakan solusi finansial menyeluruh, sehingga nasabah dapat tumbuh bersama kami,” jelas Enriko Sutarto, Consumer Lending Business Head,
PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Tingginya ketertarikan Gen Z terhadap Kartu Kredit Danamon Grab bukan tanpa alasan; produk kartu kredit ini memang didesain sesuai dengan kebutuhan dan
karakteristik masyarakat muda Indonesia. Mengacu kepada riset kualitatif terhadap lebih dari 600 responden Gen Z di 10 kota besar di Indonesia dengan judul
“Indonesia Gen Z Report 2024” yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute bersama Advisia, ditemukan bahwa telah terjadi pergeseran perilaku Gen Z, yang merupakan
generasi yang sudah melek digital sedari usia dini. Apabila ada anggapan bahwa Gen Z adalah generasi yang boros dan sering mengeluarkan uang secara impulsif, survei ini
membuktikan sebaliknya. Salah satu temuan menarik dari penelitian ini menunjukkan kalau konsumen Gen Z di Indonesia memiliki kesadaran lebih tinggi terkait biaya yang mereka
keluarkan (budget conscious) serta pemahaman tentang dinamika harga produk dan jasa sehingga mereka lebih berhati-hati sebelum mengambil keputusan dalam berbelanja.
Selain itu, salah satu sifat penting konsumen Gen Z lainnya yang ditemukan oleh survei ini adalah kenyataan bahwa generasi ini menjadikan
internet sebagai sumber utama yang mendukung keputusan mereka sebelum melakukan pembelian produk dan jasa. Mereka mencari referensi di
internet berupa perbandingan barang yang akan dibeli serta tempat wisata atau restoran yang akan dikunjungi. Jenis konten yang dilihat
adalah konten yang relevan dengan preferensi mereka masing-masing. Contohnya makanan, baju, produk kecantikan, elektronik, dan gadget.
Lebih rinci, Gen Z mengganggap iklan dan konten di media sosial, seperti TikTok dan YouTube, sebagai acuan yang paling efektif dalam proses
pengambilan keputusan mereka dalam berbelanja.
Itulah sebabnya, dengan tagline “Jadi Diri Gue,” Kartu Kredit Danamon Grab menjadi jawaban berbelanja bagi para konsumen Gen Z yang
memiliki karakter budget conscious dan tingkat kedekatan dengan dunia digital yang tinggi tersebut. Didukung dengan berbagai fitur
terkini, Kartu Kredit Danamon Grab juga didesain secara khusus untuk bisa mendukung gaya hidup konsumen Gen Z terutama terkait transaksi
online maupun offline, serta membantu mereka dalam mengelola keuangan sehari-hari secara mudah.
Banyak cara yang dapat nasabah lakukan untuk mempermudah transaksi. Dimulai dari mendaftarkan Kartu Kredit Danamon Grab ke dalam aplikasi
Grab untuk transaksi GrabCar/GrabBike/GrabFood/dan lain-lain, hingga pembayaran yang seamless dengan QRIS D-Bank PRO karena menggunakan
sumber dana kartu kredit. Semua kemudahan ini tidak mengharuskan nasabah untuk menggunakan kartu kredit fisik ketika melakukan transaksi.
Selain itu, nasabah juga dapat mengelola keuangan dengan menggunakan fitur atur limit kartu kredit dan My Own Installment di mana nasabah
dapat mengubah transaksi menjadi cicilan dengan bunga mulai 0%.
Lebih dari itu, Kartu Kredit Danamon Grab juga menawarkan beragam promo menarik sehingga dapat mendukung gaya hidup Gen Z secara maksimal,
antara lain welcome offer berupa Grab Voucher hingga Rp675 ribu, tambahan 5x D-Point untuk transaksi di Grab dan nantinya bisa ditukar
menjadi Grab Voucher mulai Rp25 ribu per bulan; dan diskon dan penawaran menarik baik untuk kuliner maupun belanja online di Shopee, Tokopedia,
Sushi Tei, Sushi Kiosk, Tom Sushi, Sushi Kyuden, Hokkaido-Ya, Yoka Yoka, serta masih banyak lagi.
“Danamon memahami bahwa Gen Z masa kini sangat melek finansial, digital savvy, dan dinamis. Mereka memaksimalkan internet dan media
sosial untuk mencari informasi dan membandingkan produk dan layanan yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle. Kartu Kredit
Danamon Grab dengan fitur, manfaat, dan program promosi yang relevan, dapat membantu mereka mencapai tujuan ini, sejalan dengan komitmen
Danamon untuk menyediakan solusi dan produk keuangan yang seamless dan tailor-made bagi setiap nasabah,” tutup Enriko.
Untuk info lebih lanjut kunjungi bdi.co.id/ccgrab.
###
Untuk pertanyaan media, mohon hubungi:
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
|