Jakarta, 3 Juni 2024 - PT Bank Danamon Indonesia Tbk
(Danamon) berkomitmen memberikan layanan terbaik dalam memperlancar
penerimaan iuran dan pembayaran klaim kepada segenap nasabah dan masyarakat
yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
(BPJS Ketenagakerjaan).
Komitmen tersebut diresmikan dalam nota kesepahaman (Memorandum of
Understanding/MoU) yang ditandatangani Danamon bersama BPJS Ketenagakerjaan
di Menara Bank Danamon, pada Senin (03/06/2024).
Hadir dalam seremoni penandatanganan MoU tersebut Daisuke Ejima, Direktur
Utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Thomas Sudarma, Direktur Enterprise
Banking & Financial Institutions, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan
Herry Hykmanto, Direktur Syariah dan Sustainability Finance PT Bank Danamon
Indonesia Tbk beserta jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan, di antaranya
Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan dan Asep Rahmat
Suwandha, Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan.
“Kerja sama Danamon dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu
wujud komitmen kami dalam memberikan solusi keuangan holistik sebagai bagian
dari grup finansial yang didukung oleh MUFG untuk membantu nasabah dan mitra
strategis kami untuk bertumbuh dan memenuhi kebutuhan finansialnya. Kerja
sama ini akan menjadi inisiatif bisnis baru bagi Danamon dan kami optimis
dapat meningkatkan jumlah nasabah dan transaksi ke depannya. Sebagai salah
satu bank persepsi, Danamon juga mendukung program BPJS Ketenagakerjaan dan
pemerintah untuk meningkatkan jangkauan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan
untuk setiap lapisan masyarakat,” ujar Ejima, Direktur Utama PT Bank
Danamon Indonesia Tbk.
Seperti diketahui, sebagai bank yang customer centric, Danamon menawarkan
solusi keuangan holistik (one stop financial solution provider) yang sesuai
dengan tahapan kehidupan masyarakat. Hal ini didukung oleh posisi Danamon
sebagai bagian dari grup MUFG, dengan ekosistem layanan yang luas bersama
dengan anggota grup MUFG lainnya Adira Finance dan Zurich Asuransi
Indonesia, terutama setelah selesainya akuisisi Home Credit Indonesia oleh
MUFG; Mandala Finance oleh Adira Finance; serta dukungan mitra strategis
Danamon seperti Akulaku, Grab, dan Dana Ventura Garuda Fund oleh MUFG
Innovation Partners Co., Ltd (MUIP).
Berkomitmen untuk tumbuh bersama nasabah, Danamon terus meningkatkan
kemampuan ekosistem digitalnya dan berupaya menawarkan solusi keuangan
terbaik melalui serangkaian inisiatif yang salah satunya adalah kerja sama
dengan BPJS Ketenagakerjaan.
Ejima menambahkan, dalam mendukung kerja sama tersebut, Danamon menyediakan
berbagai kanal penerimaan iuran dari peserta BPJS Ketenagakerjaan dan
pembayaran klaim dari BPJS Ketenagakerjaan. Bagi pemberi kerja atau
perusahaan yang membutuhkan kemudahan dalam membayar iuran BPJS
Ketenagakerjaan seluruh pekerjanya, perusahaan dapat memanfaatkan Danamon
Cash Connect (Corporat Internet Banking) dan Open API.
Pekerja pada perusahaan tersebut juga berkesempatan mendapatkan penawaran
menarik dari Grup Danamon seperti (1) biaya atau bunga khusus untuk
kebutuhan Pinjaman Rumah, Pinjaman Mobil atau Motor dari Adira Finance, dan
Pinjaman Tanpa Agunan (KTA), (2) Kartu Kredit Danamon untuk karyawan dengan
fitur dan benefit yang menarik, (3) karyawan dapat memiih Rekening Payroll
Syariah atau Konvensional, dan beragam manfaat lainnya.
Di samping itu, bagi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dapat
melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui D-Bank PRO (aplikasi
mobile banking) dan Danamon Cash Connect (web banking). Danamon juga
meningkatkan jangkauan BPJS Ketenagakerjaan melalui kerjasama dengan kantor
cabang Adira Finance sebagai payment points. Danamon juga bekerja sama
dengan digital partner yang saat ini mencapai lebih dari 100.000 payment
points di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya memudahkan proses pembayaran
Iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja informal.
Ke depannya Danamon terus berkomitmen untuk memperluas jangkauan dan dukungan kepada BPJS Ketenagakerjaan sehingga memberikan kemudahan transaksi bagi setiap nasabah dan masyarakat peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pengembangan ke depannya meliputi penerimaan iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui lebih dari 1,000 ATM dan 373 Kantor Cabang Danamon, dan pembayaran klaim bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui partner remitansi yang memungkinkan penerimaan iuran dan pembayaran klaim melalui minimarket dan e-commerce di luar negeri.
“Kami berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mempercayai Danamon sebagai salah satu bank persepsi dan mitra untuk bertumbuh bersama. Dengan jaringan dan keunggulan layanan yang kami miliki, Danamon siap untuk mendukung masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Ejima.
Pada seremoni penandatanganan MoU hari ini, Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan rasa apresiasinya kepada Danamon. ‘’Menurut saya kolaborasi hari ini bisa menjadi pintu masuk yang baik. Kita mulai dulu dengan kanal pembayaran iuran dan klaim. Namun rasanya ke depan banyak hal yang bisa dikolaborasikan. Semakin banyak stakeholder yang terlibat, akan semakin banyak pekerja di luar sana yang terlindungi.”
“Saat ini kami melayani 40 juta pekerja, dan masih ada 60 juta lagi
yang belum terlindungi, di mana mayoritas adalah pekerja informal. Tantangan
buat mereka adalah kemudahan dalam membayar iuran. Sehingga kita harus
mendorong dengan mempermudah mereka dengan memberikan kanal yang mudah
diakses” tambah Anggoro.
###
Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
Tarida Fransiska Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
|