Jakarta, 27 November 2023 – Sebagai bank yang berkomitmen untuk menjadi organisasi yang customer-centric, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) secara proaktif memberikan edukasi literasi keuangan kepada nasabah dan mitra bisnis, termasuk agar mereka bisa lebih bijak dalam melakukan transaksi perbankan secara digital.
Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi, penggunaan online banking semakin meningkat dari hari ke hari. Sayangnya, masih banyak nasabah dan mitra bisnis yang belum menyadari pentingnya menjaga kerahasiaan identitas pribadi dalam menjalankan berbagai transaksi keuangan dan perbankan secara digital, termasuk menjaga kerahasiaan PIN.
Personal Identification Number, disingkat PIN, adalah sandi rahasia yang terdiri dari 6 digit angka yang diperlukan oleh setiap nasabah sebagai sebuah aksi otorisasi untuk dapat melakukan transaksi perbankan, seperti ATM Danamon, Kartu Kredit, Kartu Debit dan mobile banking D-Bank PRO.
Secara umum PIN dibagi menjadi dua macam, yaitu mPIN dan PIN Telepon. mPin adalah sandi rahasia yang dibutuhkan oleh nasabah pengguna mobile banking ketika melakukan otorisasi transaksi perbankan, sementara PIN Telepon dibutuhkan untuk mengakses data melalui komunikasi telepon dengan Hello Danamon.
Mengingat pentingnya peran PIN dalam berbagai transaksi perbankan, kerahasiaan PIN hanya boleh ditentukan dan diketahui oleh nasabah pemilik rekening. Hal ini merupakan lapisan penting di dalam sistem keamanan perbankan bagi nasabah.
Penting untuk dimengerti bahwa kecanggihan teknologi di dalam dunia perbankan juga memiliki berbagai risiko di saat yang bersamaan, salah satunya kebocoran informasi PIN yang pada umumnya terjadi akibat kelalaian nasabah dalam menjalankan transaksi keuangan. Ketika PIN diketahui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, nasabah sebagai pemilik rekening akan berada dalam posisi yang berbahaya karena pelaku dapat melakukan berbagai tindakan merugikan, mulai dari pencurian data pribadi dan informasi penting lainnya hingga pembobolan uang di dalam rekening. Oleh karena itu, menjaga kerahasiaan PIN sangatlah krusial dan tidak boleh dianggap remeh.
“Danamon terus berupaya mengingatkan nasabah melalui kampanye anti-fraud #JanganKasihCelah agar nasabah dan mitra bisnis selalu waspada menjaga kerahasiaan identitas pribadi dan informasi penting lainnya, contohnya dengan melakukan proteksi atas PIN milik sendiri, dan menghindari menulis PIN di tempat yang mudah ditemukan atau menyimpan PIN di HP tanpa diberikan pengamanan berupa password. Pastikan gerakan tangan Anda tidak bisa dilihat orang lain ketika memasukkan PIN di mesin ATM atau EDC. Selain itu, jangan pernah membagikan PIN Anda dengan siapa pun, bahkan kepada staf bank Anda sekalipun,” ujar Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Apabila sewaktu-waktu nasabah perlu mengubah PIN, nasabah bisa langsung mengubahnya melalui berbagai macam layanan Danamon, yaitu:
Pastikan seluruh komunikasi Anda dilakukan melalui kanal resmi Danamon, sejalan dengan upaya #JanganKasihCelah terhadap segala bentuk penipuan. Media komunikasi resmi Danamon:
.Jika nasabah memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, mohon menghubungi call center Hello Danamon di 1-500-090.
###
Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
|