Jakarta, 13 April 2023 – Menjelang periode liburan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi nasabah. Sejalan dengan komitmen untuk senantiasa bertumbuh dan hadir dalam setiap langkah dan setiap tahap kehidupan nasabah, Danamon tetap siaga menyediakan layanan dan fasilitas perbankan untuk membantu nasabah mempersiapkan diri menyambut liburan dan mewujudkan #RamadanLebihBerkah.
Momen Idulfitri selalu menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam. Namun, Idulfitri tahun ini lebih terasa istimewa karena menjadi momen perayaan Idulfitri pertama sejak dicabutnya peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir tahun lalu. Dengan dicabutnya peraturan PPKM, masyarakat dapat kembali bebas berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, melaksanakan tradisi tahunan mudik dan kebersamaan lainnya.
Selain untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, momen Idulfitri juga merupakan momen di mana masyarakat memberikan hadiah berupa barang maupun uang kertas baru kepada sanak keluarga yang lebih muda. Momen ini juga diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi dengan meningkatnya konsumsi masyarakat yang didukung oleh diterimanya Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 oleh pegawai dan Aparatur Sipil Negara (ASN), serta cuti bersama yang telah diumumkan pemerintah akan jatuh pada tanggal 19 hingga 25 April 2023.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Danamon sebagai bank yang senantiasa berupaya untuk menawarkan solusi yang berpusat pada nasabah (customer-centric), akan tetap mengoperasikan 50 kantor cabang Danamon di seluruh Indonesia pada tanggal 19-20 April pukul 08.00 hingga 16.30 waktu setempat dan 24-25 April 2023 pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Layanan yang tetap beroperasi di antaranya adalah layanan pembukaan atau penutupan rekening CASA, pembukaan atau pencairan rekening deposito, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan khusus mata uang Rupiah, penerimaan warkat sendiri, setoran PDC (Post-Dated Check) warkat bank lain dan warkat sendiri, layanan SDB (Safe Deposit Box) untuk cabang yang memiliki SDB, serta setoran pajak. Kantor-kantor cabang lain di luar daftar tersebut tidak akan beroperasi pada tanggal 19-25 April 2023. Untuk informasi lengkap mengenai kantor cabang mana saja yang tetap beroperasi selama periode libur Lebaran, kunjungi bdi.co.id/infocabang.
Danamon juga dipastikan tetap mengoperasikan seluruh jaringan ATM secara 24/7 di seluruh Indonesia untuk mempermudah transaksi dan memastikan nasabah dapat memperoleh uang tunai. Nasabah juga dapat terus menggunakan aplikasi D-Bank PRO untuk semua kebutuhan transaksi termasuk transfer dana, top-up e-wallet, dan pembayaran menggunakan QRIS. Sementara, semua kantor cabang dan layanan weekend banking Danamon tidak beroperasi pada tanggal 22 - 23 April 2023.
Kembalinya tradisi mudik ke kampung halaman pasca pandemi, memberikan hadiah dan THR, serta meningkatnya konsumsi pada periode menjelang Hari Raya Idulfitri diprediksi memunculkan kebutuhan masyarakat atas layanan perbankan, serta kebutuhan akan uang kertas terutama dengan denominasi yang lebih kecil.
Kebutuhan ini dijawab Danamon dengan membuka layanan penukaran uang baru dengan denominasi yang lebih kecil selama Ramadan. Danamon tidak memberlakukan batasan untuk penukaran uang kerta di cabang, dan penukaran uang dapat dilakukan sesuai ketersediaan. Danamon juga telah menyediakan layanan tambahan mobile branch untuk mempermudah nasabah bertransaksi, di kawasan Islamic Center – Koja, Jakarta Utara, yang beroperasi pada tanggal 3 – 14 April 2023 mulai pukul 10:00 hingga 14:00 WIB setiap hari kerja. Untuk layanan mobile branch ini, setiap nasabah hanya dapat menukarkan uang sejumlah Rp3.800.000,- dengan denominasi berikut: denominasi Rp20.000,- hingga Rp2.000.000,-; denominasi Rp10.000,- hingga Rp1.000.000,-; denominasi Rp5.000,- hingga Rp500.000,-; denominasi Rp2.000,- hingga Rp200.000,-; dan denominasi Rp1.000,- hingga Rp100.000,-.
Selain memastikan ketersediaan layanan perbankan selama periode libur Lebaran, Danamon juga telah meluncurkan program #RamadanLebihBerkah. Program ini didasari oleh pemahaman mengenai kondisi meningkatnya harga barang-barang menjelang Hari Raya Idulfitri, dan dimaksudkan untuk membantu nasabah mengelola keuangannya dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik dari Danamon. Melalui program ini, nasabah bisa mendapatkan nilai lebih untuk memenuhi kebutuhan pribadi, ataupun untuk berbagi keberkahan dengan sesama melalui acara buka bersama, memberi bingkisan atau hampers, hingga berdonasi untuk masyarakat yang membutuhkan dengan menggunakan Kartu Debit, Kredit, Charge Danamon, serta aplikasi D-Bank PRO. Untuk informasi lebih lengkap mengenai program #RamadanLebihBerkah, kunjungi bdi.co.id/ramadan.
###
Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
Tarida Fransiska Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |