Jakarta, 26 September 2022 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) belum lama ini kembali meraih empat penghargaan di ajang bergengsi TOP GRC 2022, atas komitmen dan pencapaiannya dalam bidang Governance, Risk dan Compliance (GRC). Keempat penghargaan tersebut adalah:
Adapun TOP GRC Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah memiliki kelengkapan Sistem dan Infrastruktur GRC yang baik dan berhasil dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Risiko, dan Pengelolaan Kepatuhan untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan, terutama di tengah pandemi COVID-19.
“Pandemi menimbulkan berbagai tantangan bagi Danamon, namun kami tetap berpegang teguh untuk mengimplementasikan prinsip GCG, Manajemen Risiko, serta Kepatuhan dalam menjalankan bisnis dan operasional Danamon, yang merupakan wujud komitmen kami untuk membangun organisasi yang customer-centric dan berkelanjutan,” ujar Rita Mirasari, Direktur Kepatuhan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Kegiatan TOP GRC Awards ini, diharapkan menjadi proses pembelajaran dan peningkatan komitmen serta implementasi GRC di perusahaan dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional. Tahun ini, acara penghargaan TOP GRC Awards dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 6 September 2022, di mana penghargaan bagi Danamon diterima oleh Enriko Sutarto selaku Credit & Enterprise Risk Management Head dan Lie Chen selaku Regulatory Compliance & Assurance Head.
Konsistensi dalam Penerapan Prinsip GCG, Manajemen
Risiko dan Kepatuhan, didukung oleh Kepemimpinan yang Kuat, adalah Kunci Danamon Mengembangkan Bisnis
Berkelanjutan
Sebagai Entitas Utama dalam Konglomerasi Keuangan Grup MUFG di Indonesia, Danamon menyusun dan menetapkan Kebijakan Tata Kelola Terintegrasi, yang merupakan pedoman utama dalam penerapan tata kelola di seluruh Entitas dalam Konglomerasi Keuangan Grup MUFG di Indonesia. Kebijakan ini berangkat dari kesadaran bahwa penerapan GCG yang baik bukan lagi merupakan keharusan, tetapi merupakan pondasi utama dan kebutuhan dasar dalam menjalankan kegiatan usaha. Penerapan GCG dilandaskan pada integritas yang kokoh, sehingga prinsip GCG dapat dilaksanakan pada setiap tingkatan organisasi, dan dilaksanakan dalam setiap aktifitas Danamon sehingga seluruh kegiatan operasional dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan.
Penerapan Tata Kelola Danamon berlandaskan pada 5 (lima) prinsip dasar Governance, yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independensi serta Kewajaran dan Kesetaraan. Prinsip dasar ini dikelompokkan dalam sistem governance yang terdiri dari 3 (tiga) aspek berupa Struktur Tata Kelola (Governance Structure), Proses Tata Kelola (Governance Process) dan Hasil Tata Kelola (Governance Outcome). Pengkajian atas aktifitas, proses, kebijakan dan strategi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan agar mampu memperoleh penerapan yang optimal dan pengendalian yang efektif.
“Penghargaan ini menunjukkan bahwa Danamon memiliki kualitas penerapan Manajemen Risiko dan GCG yg kuat dan dapat bersaing di industri keuangan baik perbankan maupun non-perbankan. Ke depannya, Danamon terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan dan memperkuat prinsip tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan budaya kepatuhan di seluruh tahapan kegiatan operasional perusahaan,” tutup Rita.
TOP GRC Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang diikuti berbagai perusahaan ternama dari berbagai sektor industri seperti jasa keuangan, migas, konstruksi, transportasi, dan sebagainya. Acara ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh majalah Top Business bekerja sama dengan Asosiasi GRC Indonesia, Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA), Institute Compliance Professional Indonesia (ICoPI), dan Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGi), serta didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Bisnis dan GRC, serta Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran, Bandung. Penjurian dilakukan para praktisi dan ahli di bidang GRC.
###
Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
Ni Luh Putu Utami Arsaningrum Corporate Communications Manager PT Bank Danamon Indonesia Tbk |
Cindyani Lasmana Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk |