Jakarta, 2 Maret 2022 - Dengan tujuan meningkatkan sinergi grup Danamon serta mengedepankan bakat kepemimpinan internal, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) hari ini mengumumkan Bapak Hafid Hadeli, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), akan resmi bergabung dengan Danamon sebagai Wakil Direktur Utama dan bertanggung jawab atas Bisnis Consumer Banking Danamon. Dalam peran barunya, Bapak Hafid akan mengelola consumer, branch network, bancassurance, digital banking, dan marketing. Penunjukan Bapak Hafid akan tunduk pada RUPST pada tanggal 25 Maret 2022 serta persetujuan dan peraturan otoritas yang berwenang.
"Saya telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Direktur Utama Adira Finance pada hari ini untuk dapat bergabung bersama Danamon. Situasi ini dipastikan akan berdampak positif bagi para nasabah Danamon dan Adira Finance. Dengan adanya peningkatan sinergi dan kolaborasi yang akan dibangun bersama, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih komprehensif dan menyeluruh bagi masyarakat Indonesia,” ujar Hafid Hadeli.
“Bapak Hafid mempunyai peran penting dalam meningkatkan kolaborasi yang lebih terintegrasi dengan Adira Finance untuk melayani berbagai segmen nasabah consumer banking dengan lebih baik. Sebagai bankir senior, Bapak Hafid memiliki pengalaman yang luas, baik di perbankan dan multi finance. Beliau telah menunjukkan kemampuan kepemimpinannya yang luar biasa di Adira Finance. Kini Adira telah menjadi perusahaan multi finance terdepan di Indonesia dengan kinerja dan reputasi yang baik,” ujar Direktur Utama Danamon, Yasushi Itagaki.
“Kolaborasi antara Danamon dan Adira Finance adalah kunci untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing entitas menjadi satu sinergi yang unggul serta kompetitif. Sebagai satu grup, kami berbagi aspirasi yang sama untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh segmen nasabah consumer banking tersebut,” lanjut Yasushi Itagaki.
Langkah kolaborasi ini menunjukkan komitmen Danamon dan anak perusahaannya, Adira Finance, dalam mengembangkan organisasi yang memprioritaskan semua pemangku kepentingan mereka. Hal ini juga sejalan dengan brand promise Danamon untuk memberikan solusi keuangan bagi nasabah dalam mengelola dan mengendalikan kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.
###
Tentang Bank Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX Code: BDMN) yang berdiri sejak 1956, per 31 Maret 2021 mengelola total aset konsolidasi sebesar Rp 193 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% dimiliki oleh publik. Danamon didukung oleh 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 33 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, mobile banking melalui aplikasi D-Bank dan D-Card, SMS Banking, serta layanan phone banking melalui Hello Danamon.
Dengan beragam produk dan layanan keuangan, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen termasuk perbankan Konsumer, Usaha Kecil Menengah (UKM), Wholesale (Korporasi dan Komersial), dan Syariah serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance. Pada bulan Juli 2020, Danamon juga meluncurkan segmentasi Danamon Optimal untuk membantu segmen upwardly mobile dalam mengelola keuangan. Danamon Optimal terdiri dari produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan para individu tersebut, baik dari simpanan, pinjaman hingga asuransi dilengkapi dengan layanan serba digital untuk kemudahan dalam bertransaksi. Danamon Optimal ini diharapkan dapat membantu nasabah yang tergolong dalam segmen ini untuk dapat memegang kendali keuangan mereka dengan mudah dan bijak.
Sebagai bagian dari MUFG, grup keuangan global serta bank terbesar di Jepang dan salah satu institusi keuangan terkemuka di dunia, Danamon akan dapat mengakses kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG untuk melayani nasabah kami dan memfasilitasi pertumbuhan Danamon dalam mewujudkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan. Danamon menerima penghargaan sebagai peringkat satu SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia dan Infobank. Danamon juga meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020 dalam kategori Bank Umum Konvensional Modal Inti Rp30 triliun ke atas (BUKU IV) dengan aset di bawah Rp500 triliun. Di kancah internasional, Danamon juga menjadi Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020. Danamon juga menerima penghargaan Asia Traiblazer 2020 dari Retail Banking International (RBI) dengan predikat Highly Commended dalam kategori Best Digital Banking Initiative. Selain itu, Danamon menerima penghargaan 2020 DX Gamechanger dari IDC untuk transformasi digital perusahaan.
Dyaharini Nurhapsari
Head of Public Relation
PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.
Phone (+6221) 52963322
Email: public.relation@adira.co.id
TENTANG ADIRA FINANCE
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berdiri pada tahun 1990 semula dikembangkan sebagai perusahaan pembiayaan mobil, yang kemudian sejak tahun 1997 merambah ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan diambil alih oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Saat ini kepemilikan saham Bank Danamon terhadap Perusahaan adalah sebesar 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance menjadi bagian dari Grup MUFG.
Adira Finance telah menjadi perusahaan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani beragam merek dan produk. Pada tahun 2015, Adira Finance mulai memperkenalkan produk pembiayaan perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable) dan pembiayaan otomotif (mobil dan motor) berbasis syariah melalui Unit Usaha Syariah Adira Finance. Di tahun 2017 Adira Finance turut menghadirkan platform e-commerce pembiayaan multiguna jasa dicicilaja.com, marketplace jual beli kendaraan momobil.id, dan diikuti momotor.id pada tahun 2018. Pada tanggal 20 Februari 2020, Adira Finance meluncurkan inovasi baru di bidang digital yaitu aplikasi layanan konsumen adiraku, yang bisa diunduh melalui Appstore dan Google Store, untuk memberikan pengalaman bertransaksi secara real time dengan mudah, aman dan nyaman.
Sesuai dengan janji brand Adira Finance, “Sahabat Setia Selamanya”, perusahaan terus hadir di sisi konsumen dengan memberikan beragam solusi finansial sesuai siklus kehidupannya, dari pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umroh.
Saat ini, Adira Finance memiliki peringkat surat utang idAAA/Stable dari Pefindo, dan peringkat kredit internasional “BBB” dari Fitch Rating dan “Baa1” dari Moodys. Kedua peringkat internasional tersebut merupakan investment grade yang sama dengan peringkat negara Indonesia. Hal ini tentunya diperkuat dengan transformasi bisnis yang berkelanjutan secara digital untuk merespon perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat. Adira Finance melayani lebih dari 2 juta konsumen aktif di seluruh Indonesia dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp 40,4 triliun (2021). Selengkapnya kunjungi www.adira.co.id.