MUFG, Danamon dan Adira Finance Bersama Gelar Sentra Vaksinasi untuk Dukung Percepatan Vaksinasi COVID-19

Executive Officer & MUFG Country Head Jakarta Branch, Daisuke Ejima (kiri), Direktur Utama Danamon, Yasushi Itagaki (kedua dari kiri), dan Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli (kedua dari kanan) beserta Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid (kanan) dalam acara Sentra Vaksinasi Covid-19 Kolaborasi MUFG, Danamon dan Adira Finance yang dilaksanakan untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah. Acara ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalu Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Rumah Sakit Mayapada, dan Halodoc sebagai fasilitator operasional dan manajemen pembuatan janji vaksinasi.

Jakarta, 23 Juni 2021
– MUFG Bank, Ltd., Kantor Cabang Jakarta (“MUFG”), PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”), dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (“Adira Finance”) bersama-sama menggelar sentra vaksinasi untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah melawan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 

Sentra vaksinasi ini dibuka untuk menyalurkan 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah (client facing) dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut. Sentra vaksinasi dibuka di Epiwalk, Epicentrum Kuningan, Jakarta, mulai hari ini sampai dengan 2 Juli 2021, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalu Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Rumah Sakit Mayapada, dan Halodoc sebagai fasilitator operasional dan manajemen pembuatan janji vaksinasi.

Pelaksanaan sentra vaksinasi ini merupakan bukti nyata komitmen MUFG, Danamon, dan Adira Finance, dalam mendukung upaya pemerintah melawan COVID-19 serta melayani masyarakat untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
“Sentra vaksinasi ini merupakan wujud kepedulian MUFG, Danamon, dan Adira Finance, dalam merespon tantangan yang ada di tengah masyarakat, khususnya pandemi COVID-19. Upaya memfasilitasi vaksinasi ini menunjukkan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan percepatan penanganan pandemi dan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia. Kami berharap sentra vaksinasi ini dapat mewujudkan cita-cita kami untuk memberdayakan masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat,” ungkap Executive Officer, Country Head of Indonesia dari MUFG, Daisuke Ejima.

“Bersama MUFG, Danamon telah mampu melewati masa-masa penuh tantangan dan merespon dengan berbagai inisiatif guna memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Sentra vaksinasi ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama dari tiga entitas, MUFG, Danamon, dan Adira Finance, yang berkolaborasi agar bisa segera mewujudkan Indonesia yang bebas COVID-19 dan masyarakat pulih secara sosial dan ekonomi dari krisis,” ujar Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki.



 

 

“Kami bergabung bersama MUFG dan Danamon dalam kepedulian untuk memfasilitas pemberian vaksin bagi masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap sentra vaksinasi ini dapat mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah, agar aktivitas masyarakat bisa kembali berjalan normal dan pemulihan perekonomian nasional dapat segera terjadi,” ujar Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

“Kami harap adanya pelaksanaan vaksinasi dengan cakupan tinggi dan merata ini dapat menekan dan mengendalikan kasus COVID-19 di Jakarta. Dinkes Provinsi DKI Jakarta berterimakasih kepada MUFG, Danamon dan Adira Finance yang turut berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyukseskan program vaksinasi ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM.

Tahun 2021 bertepatan dengan peringatan dua tahun penyelesaian investasi strategis MUFG di Danamon. Di samping sejumlah pencapaian dalam segi bisnis, MUFG, Danamon, dan Adira Finance telah berkontribusi dalam upaya menangani COVID-19, di antaranya melalui donasi lebih dari Rp1 miliar untuk mendukung mitra pengemudi transportasi daring, penyediaan alat pelindung diri (APD) dan ventilator, donasi asuransi jiwa dan jaminan kecelakaan kerja untuk 10.000 relawan di bawah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dukungan pembangunan rumah sehat dan fasilitas air bersih, serta donasi ¥100 juta (setara Rp14 miliar) untuk mendukung pelajar Indonesia di Jepang yang terdampak COVID-19.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Rezadharana Idris

External Communications Specialist

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Email: Corporate.Communications@danamon.co.id

 

 

 

Matthew Hanzel

Corporate Communications

MUFG Bank, Ltd Jakarta Branch

Email: matthew_hanzel@id.mufg.jp

 

Dyaharini Nurhapsari

Head of Corporate Communication

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

Phone (+6221) 52963322
Email: 
public.relation@adira.co.id

 


TENTANG MUFG BANK
MUFG Bank, Ltd. adalah bank terkemuka di Jepang, dengan jaringan global yang menjangkau lebih dari 50 pasar. Di luar Jepang, Bank menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan komersial dan investasi kepada bisnis, pemerintah, dan perorangan di seluruh dunia.

Induk usaha MUFG Bank, Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG) adalah salah satu grup jasa keuangan terdepan dunia. Berpusat di Tokyo dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan lebih dari 2.600 lokasi di lebih dari 50 pasar. MUFG memiliki lebih dari 180.000 karyawan dan menawarkan berbagai jasa termasuk perbankan komersial, perwaliamanatan, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan sewa guna usaha.

MUFG bertujuan untuk "menjadi grup jasa keuangan paling terpercaya di dunia" melalui kolaborasi erat di antara sejumlah perusahaan operasional kami dan secara fleksibel menjawab seluruh kebutuhan finansial nasabah kami, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa-bursa efek Tokyo, Nagoya, dan New York.

Di Asia, MUFG beroperasi di 20 pasar—Australia, Bangladesh, China, Filipina, Hong Kong, Indonesia, India, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Selandia Baru, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

MUFG juga telah membentuk sejumlah kemitraan strategis dengan bank-bank utama di Asia Tenggara, semakin memperkuat jaringan tak tertandinginya di kawasan—VietinBank di Vietnam, Krungsri di Thailand, Security Bank di Filipina, dan Bank Danamon di Indonesia.

Di Indonesia, MUFG hadir melalui Kantor Cabang Jakarta, yang didirikan pada tahun 1968. MUFG merupakan salah satu kantor cabang bank asing terbesar di Indonesia yang melayani nasabah-nasabah korporasi Jepang, domestik, dan multinasional. MUFG Bank meraih penghargaan “Best International Bank in Indonesia” tahun 2019 dari FinanceAsia dan “Project Finance House of the Year, Indonesia” tahun 2020 dari The Asset.

TENTANG BANK DANAMON
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX Code: BDMN) yang berdiri sejak 1956, per 31 Maret 2021 mengelola total aset konsolidasi sebesar Rp 193 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% dimiliki oleh publik. 

Danamon didukung oleh 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, mobile banking melalui aplikasi D-Bank dan D-Card, SMS Banking, serta layanan phone banking melalui Hello Danamon.
Dengan beragam produk dan layanan keuangan, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen termasuk perbankan Konsumer, Usaha Kecil Menengah (UKM), Wholesale (Korporasi dan Komersial), dan Syariah serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance. 

Pada bulan Juli 2020, Danamon juga meluncurkan segmentasi Danamon Optimal untuk membantu segmen upwardly mobile dalam mengelola keuangan. Danamon Optimal terdiri dari produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan para individu tersebut, baik dari simpanan, pinjaman hingga asuransi dilengkapi dengan layanan serba digital untuk kemudahan dalam bertransaksi. Danamon Optimal ini diharapkan dapat membantu nasabah yang tergolong dalam segmen ini untuk dapat memegang kendali keuangan mereka dengan mudah dan bijak.
Sebagai bagian dari MUFG , group keuangan global serta bank terbesar di Jepang dan salah satu institusi keuangan termuka di dunia, Danamon akan dapat mengakses kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG untuk melayani nasabah kami dan memfasilitasi pertumbuhan Danamon dalam mewujudkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Danamon menerima penghargaan sebagai peringkat satu SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia dan Infobank. Danamon juga meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020 dalam kategori Bank Umum Konvensional Modal Inti Rp30 triliun ke atas (BUKU IV) dengan aset di bawah Rp 500 triliun. Di kancah internasional, Danamon juga menjadi Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020. Danamon juga menerima penghargaan Asia Traiblazer 2020 dari Retail Banking International (RBI) dengan predikat Highly Commended dalam kategori Best Digital Banking Initiative. Selain itu, Danamon menerima penghargaan 2020 DX Gamechanger dari IDC untuk transformasi digital perusahaan. 

TENTANG ADIRA FINANCE
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berdiri pada tahun 1990 semula dikembangkan sebagai perusahaan pembiayaan mobil, yang kemudian sejak tahun 1997 merambah ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan diambil alih oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Saat ini kepemilikan saham Bank Danamon terhadap Perusahaan adalah sebesar 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance menjadi bagian dari Grup MUFG.

Adira Finance telah menjadi perusahaan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani beragam merek dan produk. Pada tahun 2015, Adira Finance mulai memperkenalkan produk pembiayaan perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable) dan pembiayaan otomotif (mobil dan motor) berbasis syariah melalui Unit Usaha Syariah Adira Finance. Di tahun 2017 Adira Finance turut menghadirkan platform e-commerce pembiayaan multiguna jasa dicicilaja.com, marketplace jual beli kendaraan momobil.id, dan diikuti momotor.id pada tahun 2018. Pada tanggal 20 Februari 2020, Adira Finance meluncurkan inovasi baru di bidang digital yaitu aplikasi layanan konsumen adiraku, yang bisa diunduh melalui Appstore dan Google Store, untuk memberikan pengalaman bertransaksi secara real time dengan mudah, aman dan nyaman.

Sesuai dengan janji brand Adira Finance, “Sahabat Setia Selamanya”, perusahaan terus hadir di sisi konsumen dengan memberikan beragam solusi finansial sesuai siklus kehidupannya, dari pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umroh.

Saat ini, Adira Finance memiliki peringkat surat utang “idAAA” dari Pefindo, dan peringkat kredit internasional “BBB” dari Fitch dan “Baa2” dari Moodys. Kedua peringkat internasional tersebut merupakan investment grade yang sama dengan peringkat negara Indonesia. Hal ini tentunya diperkuat dengan transformasi bisnis yang berkelanjutan secara digital untuk merespon perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat. Adira Finance melayani lebih dari 2,3 juta konsumen aktif di seluruh Indonesia dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp 44 triliun (2020). Selengkapnya kunjungi www.adira.co.id..
 

 

 


BERITA TERPOPULER