***
Optimalkan transaksi pembayaran nontunai di mitra Abacus guna memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi
Jakarta, 14 April 2021. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) hari ini mengumumkan kerjasama dengan Abacus POS Indonesia (Abacus), penyedia layanan Point of Sale (POS) melalui aplikasi berbasis cloud dalam penggunaan pembayaran QR (Quick Response) code Danamon di setiap mitra Abacus.
Melalui kerjasama ini, Abacus menerapkan sistem pembayaran QR (Quick Response) code Danamon di dalam sistem Abacus POS, aplikasi kasir digital berbasis cloud. Adanya kerjasama ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran secara mudah, aman, dan nyaman di setiap mitra Abacus yang meliputi restoran, kafe, serta toko retail.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan salah satu penyedia layanan POS terkemuka di Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan pembayaran digital bagi nasabah. Dengan menghadirkan kemudahan pembayaran, transaksi menjadi lebih efisien, aman dan nyaman terutama di masa pandemi yang belum usai ini. Kemitraan ini juga menjadi salah satu bentuk nyata dukungan Danamon mewujudkan protokol kesehatan bagi kenyamanan dan kesehatan nasabah, serta dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang digalakkan oleh Bank Indonesia,” ungkap Iskak Hendrawan, Chief Digital Officer Danamon.
Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir. Meski program vaksinasi COVID-19 telah dimulai, masyarakat tetap dihimbau untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Menjaga jarak dan meminimalisasi kontak fisik dalam berbagai aktivitas sehari-hari sangat penting, termasuk saat transaksi dengan alat pembayaran tunai / non tunai.
Abacus merupakan salah satu penyedia layanan POS terkemuka di Indonesia yang memungkinkan para mitranya mengatur pembayaran secara digital melalui sistem kasir berbasis cloud yang aman, efisien dan real-time. Kerjasama ini memungkinkan mitra-mitra Abacus yang tersebar diseluruh nusantara untuk mengoptimalkan transaksi non tunai demi memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi, di mana QR code Danamon akan bisa ditampilkan di aplikasi POS Abacus untuk memudahkan cara pembayaran bagi nasabah. Abacus sendiri mencatatkan sekitar 155 ribu transaksi per bulannya serta menargetkan pertumbuhan hingga 15.000 mitra merchant dalam beberapa tahun kedepan.
"Kerjasama ini adalah salah satu wujud dari dukungan kami terhadap para pebisnis untuk menerapkan transaksi non tunai dimana hal tersebut sangat membantu dalam kelancaran berbisnis guna menghindari kesalahan atau kecurangan dalam proses pembayaran yang kerap terjadi dalam operasional sebuah usaha baik secara sengaja maupun tidak sengaja," ungkap Gary Quincyanus, Operational Director Abacus POS Indonesia.
Melalui kemitraan ini Danamon juga turut hadir memberikan bantuan dan dukungan kepada para mitra Abacus untuk mencapai pertumbuhan bisnis, khususnya usai melewati masa sulit tahun lalu akibat pandemi.