Perencenaan Keuangan Sedini Mungkin Untuk Miliki Rumah Idaman

Jakarta, 16 Juli 2019. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan perencanaan keuangan serta akses kepada layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia, Bank Danamon menyelenggarakan diskusi perencanaan keuangan dengan tema “Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin Untuk Miliki Rumah Idaman”. Hadir sebagai pemateri adalah pakar perencanaan keuangan Prita Ghozie yang menjelaskan tentang mengelola keuangan secara khusus untuk memiliki tempat tinggal yang adalah kebutuhan pokok manusia. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi sekaligus penetrasi produk dan jasa layanan keuangan khususnya perbankan di Indonesia, sehingga memperluas akses kesejahteraan masyarakat khususnya dalam kepemilikan hunian sejak usia muda.

Salah satu fenomena yang ada di tengah masyarakat adalah rendahnya kesadaran akan pengelolaan keuangan yang baik serta prioritas untuk memenuhi kebutuhan akan rumah. Dengan edukasi yang konsisten, harapannya akan menggugah khususnya generasi muda akan pentingnya perencanaan keuangan yang baik sedini mungkin dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari maupun di masa mendatang,” ujar Baraningrum, Secured Business Head Bank Danamon.

Mengawali pemaparannya, Prita menyampaikan bahwa memiliki rumah harus menjadi salah satu tujuan keuangan yang penting bagi seseorang khususnya kaum muda. Oleh sebab itu, perencanaan harus dilakukan dengan baik dan dapat dimulai sejak seseorang memiliki penghasilan. Salah satu cara terbaik adalah menyisihkan penghasilan secara berkala agar tidak terasa berat. Pilihannya dapat menggunakan berbagai instrumen dan layanan perbankan yang tersedia di pasar saat ini.

Bank Danamon terus berupaya meningkatkan penetrasi serta kualitas produk dan layanan kami untuk masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi dengan MUFG sebagai salah satu kekuatan keuangan terbesar di dunia, kami menghadirkan solusi untuk memenuhi kebutuhan akan perumahan yang terus meningkat, sekaligus memfasilitasi masyarakat kepada hunian yang layak,” lanjut Baraningrum yang juga bertanggung jawab atas segmen pembiayaan properti di Danamon.

Kolaborasi dengan MUFG memungkinkan Bank Danamon untuk memanfaatkan kekuatan finansial, hubungan dengan korporasi dan developer perumahan ternama Jepang, serta produk dan keahlian bisnis milik MUFG dalam mendukung pertumbuhan dan eksistensi produk dan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat. Hal ini juga diharapkan terus mendukung tren positif dari penyaluran kredit KPR Bank Danamon yang pada Kuartal I 2019 lalu tercatat menyalurkan kredit sebesar Rp 8,3 triliun atau tumbuh 27% dibandingkan setahun sebelumnya.

Menurut berbagai survey yang dilakukan sejumlah media maupun lembaga riset, disimpulkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial dengan rentang usia 25 – 35 tahun masih sangat rendah dalam hal menyisihkan dana untuk memiliki rumah. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat kepemilikan rumah di Indonesia, yaitu jauh di bawah separuh dari total populasi kelompok usia milenial yang ada.

Tingkat pemahaman atau literasi dalam hal keuangan di tengah-tengah masyarakat tentu akan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya penetrasi jasa layanan keuangan khususnya perbankan di Indonesia. Bank Danamon menyadari hal ini dan akan terus mendukung upaya pemerintah melalui kegiatan-kegiatan edukasi produk dan layanan perbankan kepada publik,” kata Baraningrum. 

Upaya Bank Danamon dalam menyediakan rangkaian produk dan layanan kepemilikan properti yang lengkap dan cepat baru-baru ini juga mendapatkan apresiasi dalam Property Indonesia Award 2019, sebuah ajang penghargaan tahunan tertinggi yang dianugerahkan kepada industri properti di Indonesia sebagai The Benchmark of Property Excellent. Danamon mendapatkan penghargaan Highly Recommended Complete Product & Fast Approval untuk kategori Bank dan Lembaga Pembiayaan Non Bank yang diterima oleh Baraningrum, Secured Business Head Bank Danamon pada Bulan Juli 2019 lalu.


BERITA TERPOPULER