Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa Danamon

Jakarta, 20 Maret 2018. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Danamon Indonesia Tbk (”Perseroan”) dilaksanakan pada hari ini. 

RUPST antara lain menyetujui Laporan Tahunan serta Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2017, pembayaran dividen tahun buku 2017, perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi. RUPS-LB setelah itu menyetujui Rencana Akuisisi saham Perseroan oleh Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd., perubahan pada Anggaran Dasar Perseroan, dan Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan.

Persetujuan Laporan Tahunan dan Keuangan Perseroan 2017

Perseroan membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 3,7 triliun pada tahun 2017, atau tumbuh 38% dari tahun sebelumnya. RUPST menyetujui Laporan Tahunan serta Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2017, dan pengesahan Laporan Tugas Pengawasan Tahunan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017. 

Dividen 35% dari Laba Bersih Tahun 2017

RUPST menyetujui pembayaran dividen tahun buku 2017 sebesar 35% dari laba bersih (konsolidasi) Perseroan setelah pajak atau Rp 134,44 per lembar saham. Sedangkan 1% dari laba bersih akan dialokasikan sebagai cadangan umum sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perseroan Terbatas. Sisa dari laba akan dibukukan sebagai laba ditahan Perseroan.

Perubahan Struktur Manajemen

Selain itu, RUPST menerima pengunduran diri Vera Eve Lim selaku Direktur Perseroan. RUPST juga menyetujui pengangkatan Takayoshi Futae sebagai Komisaris dan Peter Benyamin Stok sebagai Komisaris Independen. Terkait susunan Direksi, RUPST menyetujui pengangkatan Michellina Triwardhany sebagai Wakil Direktur Utama, Yasushi Itagaki sebagai Direktur, serta Dadi Budiana sebagai Direktur. Untuk Dewan Pengawas Syariah, RUPST menyetujui pengangkatan Drs. Asep Supyadillah, M.Ag sebagai Anggota.  

Susunan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah dengan demikian menjadi:

Dewan Komisaris

  1. Ng Kee Choe sebagai Komisaris Utama
  2. Prof. Dr. J.B. Kristiadi Pudjosukanto sebagai Wakil Komisaris Utama (Independen)
  3. Gan Chee Yen sebagai Komisaris
  4. Manggi Taruna Habir sebagai Komisaris (Independen)
  5. Ernest Wong Yuen Weng sebagai Komisaris
  6. Made Sukada sebagai Komisaris (Independen)
  7. Takayoshi Futae sebagai Komisaris*
  8. Peter Benyamin Stok sebagai Komisaris (Independen)*

 

Direksi

  1. Sng Seow Wah sebagai Direktur Utama
  2. Michellina Laksmi Triwardhany sebagai Wakil Direktur Utama**
  3. Herry Hykmanto sebagai Direktur
  4. Satinder Pal Singh Ahluwalia sebagai Direktur
  5. Adnan Qayum Khan sebagai Direktur
  6. Heriyanto Agung Putra sebagai Direktur
  7. Rita Mirasari sebagai Direktur (Independen)
  8. Yasushi Itagaki sebagai Direktur*
  9. Dadi Budiana sebagai Direktur*

 

Dewan Pengawas Syariah

  1. Prof. DR. HM Din Syamsuddin sebagai Ketua
  2. Dr. Hasanudin M. Ag. sebagai Anggota
  3. Drs. Asep Supyadillah, M.Ag, sebagai Anggota*

 

* Berlaku segera setelah RUPST hari ini sampai dengan RUPST berikutnya pada tahun 2020 dan setelah memenuhi semua persyaratan regulator.
**Berlaku segera setelah RUPST hari ini sampai dengan RUPST berikutnya pada tahun 2020.

 

Penambahan anggota baru pada manajemen Perseroan semakin memperkuat kepemimpinan Bank Danamon karena mendapatkan perpaduan keahlian dari profesional-profesional dengan pengalaman dalam industri perbankan di lingkup internasional dan regional.

RUPST hari ini juga telah menunjuk Jusuf Wibisana selaku Akuntan Publik dan Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (firma anggota dari PricewaterhouseCooper International Limited) sebagai Kantor Akuntan Publik yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018 dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Audit Perseroan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa 

Sementara itu, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) menyetujui rencana akuisisi saham Perseroan oleh Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd seperti yang diumumkan dalam Ringkasan Rencana Akuisisi pada surat kabar nasional di tanggal 26 Januari 2018.

RUPS-LB juga menyetujui Rencana Aksi atau Recovery Plan Perseroan untuk mematuhi peraturan OJK. Rencana Aksi tersebut adalah untuk memastikan bank sistemik telah menerapkan opsi-opsi pemulihan (recovery) yang kredibel dan wajar. Selain itu, RUPS-LB menyetujui perubahan satu pasal dalam Anggaran Dasar Perseroan dan pernyataan kembali seluruh pasal dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Profil Anggota Baru pada Dewan Komisaris, Dewan Direksi, dan Dewan Pengawas Syariah

Takayoshi Futae
*Komisaris 
Warga Negara Jepang; 57 tahun; Domisili di Singapura; Senior Managing Executive Officer & Chief Executive Officer for Asia & Oceania The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd., anggota dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG).

Peter Benyamin Stok
*Komisaris Independen
Warga Negara Indonesia; 68 tahun; Domisili di Indonesia; Mantan Direktur Utama Bank Niaga dan Komisaris Bank Negara Indonesia.

Michellina Laksmi Triwardhany
**Wakil Direktur Utama
Warga Negara Indonesia; 51 tahun; Domisili di Indonesia; Direktur Bank Danamon Indonesia (2009 – Sekarang)

Dadi Budiana
*Direktur 
Warga Negara Indonesia; 51 tahun; Domisili di Indonesia; Chief Credit Officer Bank Danamon Indonesia (2017 – Sekarang)

Yasushi Itagaki
*Direktur 
Warga Negara Jepang; 53 tahun; Managing Executive Officer, Deputy Chief Executive, Global Business Unit The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd, anggota dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG).

Drs. Asep Supyadillah, M.Ag
*Anggota Dewan Pengawas Syariah
Warga Negara Indonesia; 50 tahun; Domisili di Indonesia. Dosen Fakultas Agama Islam dan Wakil Dekan II Universitas Muhammadiyah Jakarta (2008-sekarang) dan Wakil Sekretaris Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Syariah Nasional MUI (2015-2020). 

* Berlaku segera setelah RUPST hari ini sampai dengan RUPST berikutnya pada tahun 2020 dan setelah memenuhi semua persyaratan regulator.
**Berlaku segera setelah RUPST hari ini sampai dengan RUPST berikutnya pada tahun 2020.

Untuk profil selengkapnya klik di sini


BERITA TERPOPULER