Portofolio Kredit Enterprise, UKM, dan Mortgage tumbuh masing-masing 9%, 13%, dan 25%
Jakarta, 26 April 2017. PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (“Danamon”) hari ini mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal I tahun 2017.
Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 1 triliun di kuartal pertama tahun 2017, atau tumbuh 29% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini didorong oleh sejumlah faktor. Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% menjadi Rp 3,5 trilliun karena turunnya biaya dana. Rasio biaya terhadap pendapatan (cost to income ratio) tercatat membaik, yaitu sebesar 47,5% dibandingkan 48,3% pada setahun sebelumnya. Pada periode yang sama, kualitas aset yang membaik menghasilkan penurunan 26% pada biaya kredit menjadi Rp 831 miliar.
Fokus Bank untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan melalui berbagai inisiatif transformasi terus menunjukkan hasil positif. Selain membukukan kinerja keuangan yang baik, Bank juga meraih beberapa penghargaan pada kuartal pertama, termasuk menjadi peringkat satu dalam survei kepuasan nasabah perbankan yang dilaksanakan oleh Infobank dan Institute of Service Management Studies.
Pertumbuhan pada portofolio Enterprise, UKM, dan Mortgage
Danamon membukukan pertumbuhan pada segmen Enterprise, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Mortgage. Portofolio Enterprise, terdiri dari perbankan korporasi, komersial dan institusi keuangan, tumbuh 9% menjadi Rp 36 triliun. Kredit pada segmen UKM tumbuh 13% menjadi Rp 26,1 triliun. Secara bersamaan, kredit Mortgage tumbuh 25% menjadi Rp 4,7 triliun.
Di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 4% menjadi Rp 117 triliun pada akhir kuartal I tahun 2017 dibandingkan setahun sebelumnya. Adira Finance membukukan penurunan pembiayaan sebesar 3% secara year-on-year menjadi Rp 43,8 triliun. Meskipun pembiayaan secara keseluruhan menurun, pembiayaan kendaraan roda empat baru Adira Finance tumbuh 5% dibandingkan setahun sebelumnya, sejalan dengan tren industri*. Kredit kepada segmen mikro melalui Danamon Simpan Pinjam (DSP) turun 29% menjadi Rp 9,4 triliun karena kompetisi dan permintaan yang menurun.
Rasio CASA Membaik
Sejalan dengan target yang ditetapkan Manajemen untuk rasio kredit terhadap total pendanaan atau LFR sebesar 92 - 94%, Danamon mengurangi kebutuhan atas pendanaan. Dana Pihak Ketiga turun 9,3% secara year-on-year menjadi Rp 100,7 triliun melalui pelepasan dana mahal Deposito. Sementara rasio Giro dan Tabungan (CASA) tumbuh menjadi 45% dari 41% pada setahun sebelumnya.
Rasio loan-to-funding dan permodalan sehat
Rasio kredit terhadap total pendanaan atau loan to funding ratio (LFR) berada pada posisi 92,8% dibandingkan dengan 90,2% setahun sebelumnya. Loan-to-funding ratio Danamon masih di bawah batas yang ditetapkan Bank Indonesia. Meskipun likuiditas yang ketat pada sistem perbankan pada umumnya, Danamon menjaga tingkat LFR pada level yang ditargetkan.
Rasio kecukupan modal Danamon (capital adequacy ratio/CAR) konsolidasian berada pada posisi 21,8%, sementara CAR bank only berada pada 23,2%.
Fee income (Non-credit related) tumbuh 21% dari setahun sebelumnya
Fee income (tidak termasuk credit related fee) Danamon tercatat pada Rp 295 milIar atau tumbuh sebesar 21% dibandingkan setahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh kontribusi net underwriting profit Adira Insurance yang tumbuh 29% menjadi Rp 142 miliar, cash management yang tumbuh 2% menjadi Rp 77 miliar, serta bancassurance yang tumbuh 32% menjadi Rp 77 miliar.
Kualitas aset membaik
Danamon meningkatkan kualitas asetnya melalui penerapan prosedur pengelolaan risiko yang pruden serta proses collection dan credit recovery yang disiplin. Total Kredit Bermasalah (non-performing loans/NPL) turun 6% menjadi Rp 3,8 triliun, pada saat NPL industri naik 20% dibandingkan setahun sebelumnya. Rasio Biaya Kredit (Cost of Credit Ratio) juga membaik menjadi 2,7% dari 3,6%. Sementara itu, kredit yang telah direstrukturisasi turun 10% menjadi Rp 3,3 triliun. Rasio kredit bermasalah (Gross non-performing loans) Danamon tercatat pada 3,2%, yang masih di bawah batas yang ditentukan regulator yaitu 5%.
*sumber: GAIKINDO dan AISI
Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. berdiri sejak 1956, berkomitmen menjadi lembaga keuangan yang fokus pada nasabah, serta menawarkan produk dan layanan berkualitas dengan dukungan teknologi terkini. Hal ini sejalan dengan visi, “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”.
Per 31 Maret 2017, Danamon mengelola aset sebesar Rp171 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Dalam hal kepemilikan saham, 67,37% saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,58% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 26,05% dimiliki oleh publik.
Danamon didukung oleh lebih dari 1.700 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 ATM melalui kerja sama dengan ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi.
Sebagai satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express, Danamon juga menawarkan nilai lebih yang unik bagi nasabahnya. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon memungkinkan nasabah dari berbagai segmen untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Selain jaringan fisik, layanan Danamon dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Mobile dan D-Card, dan SMS Banking.
Danamon menerima penghargaan “The Best in the Financial Sector” dan “Top 50 Publicly Listed Companies” pada ajang The 8th Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Award 2016. Dalam skala internasional, Danamon menerima penghargaan ‘Indonesia's 1st Best Local Cash Management Bank in the Small Size of Annual Sales Turnover’ dari Asiamoney pada ajang the Asiamoney Summer Awards Dinner. Danamon meraih dua penghargaan dalam Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2017 untuk kategori Best Digital Marketing Campaign dan Best Marketing Campaign Overall atas inovasi dalam layanan dan operasionalnya.
Untuk informasi dan terkoneksi dengan Danamon, silahkan akses www.danamon.co.id atau kanal media sosial, yaitu: Facebook (Bank Danamon), Twitter (@danamon), Instagram (@myDanamon) dan LinkedIn (Bank Danamon Indonesia).