6 Digital Payment yang Bisa Kamu Gunakan di Indonesia!

Pembayaran digital baru-baru ini memang mengalami peningkatan yang sangat pesat terutama saat covid-19 melanda yang membuat orang lebih memilih untuk melakukan segala transaksinya menggunakan digital payment di Indonesia dibandingkan menggunakan uang cash. Menurut data juga orang-orang lebih nyaman melakukan transaksi menggunakan digital payment seperti e-money, paylater hingga bentuk pembayaran digital lainnya.

Tidak heran mengenai peningkatan ini mengingat memang salah satu hal yang membuat meningkatnya transaksi ini karena adanya aplikasi ecommerce yang terus memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Lalu, sebenarnya apa sih digital payment itu?

Digital Payment Indonesia

Digital payment atau pembayaran digital ini merupakan suatu platform berbasis teknologi yang menjembatani proses transaksi keuangan secara non tunai baik itu merchant online maupun offline. Seiring waktu pembayaran digital ini terus mengalami peningkatan dari segi pengguna hal ini dibuktikan banyaknya para UKM dan UMKM yang mulai menyediakan pembayaran ini agar dapat mengembangkan opsi pembayaran dalam transaksinya.

Beberapa jenis pembayaran digital juga diantaranya seperti di bawah ini

  1. Kartu Debit
    Kartu debit memang masih menjadi opsi pembayaran yang paling sering dan dimanfaatkan oleh para penggunanya. Seiring waktu penggunaan dari kartu debit juga makin dipilih banyak orang karena kepraktisannya tanpa harus menyiapkan uang cash atau harus berhutang dengan opsi lainnya.
  2. Kartu Kredit
    Selain kartu debit, penggunaan kartu kredit ini juga menjadi opsi favorit dalam transaksi pembayarannya. Kemudahan yang diberikan kartu kredit lantaran mereka yang belum memiliki dana, namun tetapi bisa melakukan transaksi dengan berhutang terlebih dahulu inilah yang membuat akhirnya banyak yang menggunakan kartu kredit sebagai opsi pembayarannya.
  3. SMS Banking
    Banyaknya jenis layanan transaksi banking yang dimiliki perbankan. Salah satunya SMS Banking ini bisa jadi pilihan para nasabah untuk alat pembayaran dalam bertransaksi. Transaksi yang satu ini dilakukan menggunakan fitur SMS sehingga dibutuhkan nomor ponsel dari nasabah. Nomor tersebut perlu didaftarkan dan diverifikasi terlebih dahulu agar dapat mengaktifkan SMS Banking ini.
  4. Internet Banking
    Sama seperti jenis banking lainnya, internet banking ini merupakan salah satu pilihan digital payment yang bisa digunakan. Penggunaan internet banking ini diperlukan token yang dapat diverifikasi serta diaktifkan di bank terlebih dahulu.
  5. Mobile Banking
    Adanya aplikasi mobile banking ini juga digunakan untuk melakukan segala bentuk pembayaran yang dilakukan dengan mudah hanya menggunakan smartphone. Para pengguna mobile banking ini hanya perlu mengunduhnya melalui playstore atau appstore dan melakukan aktivasinya.
    Namun, untuk melakukan aktivasi kadang diperlukan untuk datang ke cabang bank terdekat untuk melakukan verifikasi serta memberikan data informasi yang diperlukan kepada petugas bank. Salah satu alat pembayaran digital ini memang termasuk opsi pilihan favorit banyak orang untuk bertransaksi.
  6. E-Wallet
    Perkembangan dunia digital yang terus meningkat membuat penggunaan e-wallet semakin tahunnya semakin meningkat. Ya, peran dari e-wallet ini memang sekarang seperti layaknya dompet namun dengan uang digital. Di dalam e-wallet ini juga masyarakat dapat melakukan segala transaksi baik itu secara online maupun offline.

Platform digital payment indonesia yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, jenis pembayaran ini memberikan proses pembayaran yang menggunakan kode QR atau QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard)

QRIS ini adalah salah satu opsi pembayaran yang bisa dilakukan oleh banyak UKM dan UMKM dengan menggunakan kode khusus yang dimiliki setiap mereka para penjual agar dapat menerima pembayaran melalui kode QR ini. Adanya QR sendiri ini akan membuat kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi sehingga dapat lebih mudah dan cepat dalam prosesnya.

Nah, tentunya banyak opsi digital payment indonesia ini seiring waktu akan semakin mempermudah proses transaksi dimanapun kamu berada. Sehingga akan mempersingkat waktu dan tentunya meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Apabila kamu ingin menggunakan beberapa pilihan pembayaran digital di atas seperti SMS Banking, Internet Banking maupun Mobile Banking, maka kamu dapat mulai menabung di Danamon. Karena, produk simpanan tabungan di Danamon dapat memberikan berbagai macam fitur pembayaran yang dapat kamu gunakan dimanapun dan kapanpun yang tentunya akan mempermudah proses transaksi yang kamu lakukan.


BERITA TERPOPULER