6 Ciri-Ciri Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi!

Memiliki tubuh yang sehat hingga tua nanti menjadi impian dan keinginan semua orang. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang sehat membutuhkan banyak hal yang perlu dilakukan mulai dari olahraga, makan yang teratur dan tentunya makan makanan yang sehat. Ya, makanan yang dikonsumsi setiap hari secara rutin tentu akan berdampak pada kesehatan kamu. Tetapi, banyak yang tidak mengetahui mana saja ciri-ciri makanan sehat yang bisa membuat orang memiliki kesehatan yang optimal.

Mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki gizi penuh akan menjadi cara terbaik agar kamu bisa mendapatkan tenaga lebih, tidak mudah terserang penyakit hingga memperpanjang usia. Jadi, sebenarnya apa saja ciri-ciri makanan sehat yang perlu dikonsumsi secara rutin?

Ciri-Ciri Makanan Sehat Bagi Tubuh

  1. Bergizi Lengkap Sekaligus Seimbang
    Tubuh kita ini membutuhkan zat gizi dari makanan yang nantinya akan berguna untuk menjalankan fungsinya. Karena itu, ciri-ciri makanan sehat itu adalah makanan yang memiliki kandungan zat gizi menunjang kesehatan tubuh yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Zat gizi ini kamu bisa dapatkan dalam bentuk makanan pokok (karbohidrat dan serat), lauk pauk (protein dan lemak), sayur mayur hingga buah-buahan (vitamin, mineral dan serat).
    Selain itu, jangan lupakan untuk terus mengkonsumsi air 8 gelas sehari agar dapat menunjang kesehatan yang seimbang. Asupan air ini penting untuk ibu hamil dan ibu menyusui untuk menyehatkan janin serta anaknya. WHO juga menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi 400g sayur dan buah perhari atau setara dengan 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah.
    Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, quinoa, kacang polong, jagung hingga pisang.
  2. Sesuai Kebutuhan
    Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Bergantung pada jenis kelamin, aktivitas fisik hingga usia dari orang tersebut. Umumnya kamu dapat mengetahui rata-rata kebutuhan nutrisi harian orang sehat Indonesia melalui AKG (Angka Kecukupan Gizi).
    Contohnya, pada perempuan dewasa membutuhkan kalori sebanyak 2.250 kkal. Yang mana baik itu kelebihan dan kekurangan asupan dari jumlah tersebut juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Karenanya, kamu harus memenuhinya dengan makanan yang bergizi dan seimbang.
  3. Penggunaan Garam, Gula dan Minyak yang Tidak Berlebih 
    Makanan sehat juga artinya makanan-makanan yang tidak menggunakan sesuatu yang berlebihan baik itu garam, gula maupun minyak. Konsumsi yang berlebihan pada garam, gula dan minyak ini dapat menyebabkan tubuh terserang berbagai penyakit mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, stroke hingga penyakit jantung.
  4. Higienes dan Bebas Kontaminasi
    Mencuci secara bersih bahan makanan yang akan dikonsumsi secara rutin. Hal ini bertujuan agar dapat menghilangkan berbagai kotoran, zat lain yang berbahaya dan lainnya. Selain itu, proses penyimpanan makanan juga harus diperhatikan agar dapat membantu menghindari makanan dari berbagai kontaminasi yang berbahaya sehingga dapat membuat bahan-bahan makanan tersebut bertahan lebih lama.
  5. Proses Pengolahan yang Tepat
    Setiap bahan makanan yang kamu miliki tentunya memiliki cara pengolahan yang berbeda-beda. Contohnya pada buah dan sayur akan lebih baik jika dikonsumsi dalam kondisi segar tanpa banyak proses pengolahan.
    Berbeda dengan bahan makanan yang mengandung protein seperti ayam, daging hingga ikan. Proses pengolahan dari bahan-bahan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama agar dapat memastikan tingkat kematangannya dengan baik. Karena itu, cara pengolahan makanan ini wajib diperhatikan dengan anjuran memasak menggunakan sedikit minyak untuk menumis, membakar, memanggang hingga merebus dibandingkan dengan cara deep frying atau banyak minyak.
    Hal tersebut dikarenakan semakin banyak penggunaan minyak yang digunakan tentu akan semakin menambah jumlah lemak jenuh dan kalori yang tidak baik untuk kesehatan.
  6. Tidak Mengandung Pengawet
    Meski memang makanan yang mengandung pengawet relatif tidak berbahaya bagi kesehatan, namun apabila dikonsumsi dengan jangka panjang tentu akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Hal ini dikarenakan berbagai jenis pengawet antimikroba seperti nitrit, nitrat, dan benzoat dapat meningkatkan risiko hipersensitivitas, alergi, asma, kerusakan saraf, hingga kanker. Selain itu, jenis pengawet alami seperti garam dan gula yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskuler.

Apabila sudah mengetahui ciri-ciri makanan sehat, maka kamu dapat mulai mengkonsumsi makanan sehat tersebut untuk memiliki tubuh yang sehat hingga tua nanti. Tidak hanya makanan sehat, namun memiliki proteksi lebih pada tubuh juga penting untuk dilakukan salah satunya dengan menggunakan dan memilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat terbaik dengan harga yang terjangkau.

Danamon memiliki asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tentunya memberikan manfaat terbaik untukmu.


BERITA TERPOPULER