8 Cara Mengatur Keuangan yang Paling Ampuh

Cara mengatur keuangan merupakan salah satu informasi yang paling banyak ingin diketahui banyak orang. Hal tersebut dikarenakan memang banyak orang yang sulit mengatur keuangan pribadinya sehingga akhirnya membuat kondisi keuangan orang banyak yang tidak stabil sehingga mengalami banyak masalah keuangan. 

Tentunya memang setiap orang memiliki cara mengatur keuangan secara berbeda-beda. Namun, saat mengelola atau mengatur keuangannya tersebut perlu perbaikan hingga penambahan yang membuat kondisi keuangan kita membaik. Karena itu, di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara mengelola keuangan dengan lebih bijak dan dapat memberikan hasil kondisi keuangan yang tepat.

Cara Mengatur Keuangan yang Tepat

  1. Menyusun Anggaran Keuangan
    Langkah awal yang perlu dilakukan saat ingin mengatur keuangan adalah dengan menyusun anggaran keuangan terlebih dahulu. Berapapun pemasukan yang didapatkan pastikan untuk membagi serta mengalokasikannya dengan benar. Dengan pembagian anggaran yang sesuai tentunya akan lebih mudah mengatur keuangan.
    Mulai dari menyusun dengan membuat tabungan atau investasi, hingga membagi untuk kebutuhan dan lainnya. Hal ini wajib untuk diikuti sesuai dengan anggaran yang dibuat.
  2. Memilih Prioritas Kebutuhan
    Utamakan memilih hal yang memang dibutuhkan dibandingkan dengan keinginan. Hal ini bisa dibagi di awal mana itu kebutuhan dan mana itu keinginan. Dengan memahami ini kamu dapat melakukan kontrol keuangan lebih baik dan tentunya hasilnya akan lebih optimal.
  3. Sisihkan untuk Berinvestasi
    Setidaknya kamu dapat menyisihkan dana untuk investasi hingga 20% dari pendapatan yang kamu terima. Rutin melakukan investasi saat muda tentunya kamu dapat menikmati hasilnya di masa depan. Dari hasil investasi inilah tentunya akan membuat kondisi keuangan kamu menjadi lebih baik sehingga kamu dapat mengatur keuangan dengan lebih bijak.
  4. Manfaat Promo dari Penggunaan Kartu Kredit
    Agar tidak boros cara satu ini bisa kamu lakukan. Apabila kamu rutin berbelanja dan memanfaatkan pembayarannya menggunakan kartu kredit, maka kamu dapat mencari berbagai kebutuhanmu dengan yang menawarkan promo kartu kredit. Biasanya di berbagai e-commerce atau supermarket memberikan penawaran promo kartu kredit untuk ketentuan tertentu. 
    Tentunya apabila kamu rutin belanja dan bisa memanfaatkan promo yang ada, maka kamu bisa menikmati keuntungan lainnya dalam transaksi tersebut. Namun, jangan lupa untuk tetap bijak ya dalam penggunaan kartu kredit ini.
  5. Mempersiapkan Dana Darurat
    Cara mengatur keuangan lainnya adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan dihadapi di masa depan, oleh karenanya penting untuk memiliki dana darurat. 
    Mulai dari mempersiapkan dana darurat minimal 6 kali pengeluaran bulanan untuk kamu yang tidak memiliki tanggungan dan 12 kali untuk mereka yang sudah memiliki tanggungan istri dan anak. Jangan lupa juga untuk membuat rekening terpisah pada dana darurat ini agar tidak tercampur dengan dana lainnya.
  6. Lakukan Evaluasi Secara Rutin
    Apapun langkah atau cara yang diambil, wajib untuk kamu lakukan evaluasi secara rutin apakah hal yang kamu lakukan dalam mengatur keuangan ini sudah benar, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan dan lainnya. Hal tersebut memungkinkan untuk kamu mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengatur keuangan.
  7. Terus Menabung
    Ingat! Berapapun penghasilan yang diterima pastikan mengalokasikan dana tersebut untuk ditabung. Kamu dapat mengalokasikan dana tersebut mulai dari 10%-20% penghasilan ke dalam rekening khusus menabung setiap bulannya. Cara ini memang salah satu cara mengatur keuangan terbaik yang bisa kamu lakukan secara rutin

Jika kamu sudah memahami berbagai cara mengatur keuangan di atas dan sudah tidak sabar untuk ingin mulai menabung. Kamu dapat memilih produk tabungan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu salah satunya yaitu produk tabungan dari Danamon. Danamon memiliki berbagai macam jenis simpanan tabungan yang sesuai dengan kebutuhan kamu mulai dari tabungan pendidikan anak, tabungan masa depan hingga tabungan hari tua, bisa kamu pilih yuk mulai menabung sekarang.


BERITA TERPOPULER