7 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun!

Memiliki tabungan untuk mempersiapkan kebutuhan hidup yang lebih baik di masa depan merupakan impian untuk banyak orang. Untuk menabung sendiri memang memerlukan strategi yang tepat agar konsisten dan fokus terhadap tujuannya. Dimulai dari dengan menentukan waktu yang ingin dicapai tentunya membuat kita terpacu mencapai waktu yang telah ditentukan. 12 bulan merupakan waktu yang ideal bagi banyak orang untuk mengumpulkan dana hingga 50 juta. Bagaimana sih cara menabung 50 juta dalam setahun yang benar?

Di bawah ini kita akan bahas lengkap mengenai cara menabung 50 juta dalam setahun dengan tujuan yang lebih spesifik dan tentunya dengan cara yang lebih mudah. Yuk selengkapnya di sini!

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun dengan Lebih Efektif

  1. Menentukan Tujuan Serta Rencana dengan Lebih Jelas
    Tujuan serta rencana merupakan hal perlu ditetapkan sejak awal memulai untuk menabung. Dengan mengetahui lebih jelas untuk apa uangmu akan ditabung, maka akan muncul landasan serta motivasi yang bisa membuat kita untuk terus konsisten mencapai tujuan tersebut.
    Apabila kamu memiliki target menabung sebesar Rp50 juta dalam waktu satu tahun, maka target atau tujuan tersebut akan tetap tersimpan dalam pikiranmu untuk terus konsisten agar dapat mencapai waktu yang tepat. 
  2. Kurangi Anggaran yang Bukan Jadi Prioritas
    Mengurangi anggaran untuk keperluan yang bukan prioritas tentunya akan lebih efektif menekan dana untuk keperluan yang tidak perlu. Memilih mana yang harus didahulukan dan mengesampingkan hal-hal yang bisa ditunda.
    Contohnya, saat kamu dapat menunda rasa ingin berlibur ke suatu tempat yang akan menghabiskan anggaran. Lalu, menggantinya dengan liburan di rumah membuat rumah-rumahan beserta memasak-masakan bersama keluarga di latar rumah ataupun di dalam rumah. Hal tersebut tentu tidak akan membuat kamu keluar uang banyak, sehingga prioritas lainnya bisa didahulukan.
  3. Gunakan Teori 50/20/30
    Cara ini awalnya dimulai oleh Elizabeth Warren seorang pakar keuangan sekaligus profesor Harvard. Dalam teorinya tersebut, Warren memberikan masukan agar setiap penghasilan yang didapatkan bisa dibagi menjadi 3 pos yaitu 50% untuk kebutuhan harian, 30% untuk lifestyle dan 20% untuk tabungan dan investasi. 
    Nah, untuk kamu yang memiliki penghasilan Rp10 juta dalam sebulan, maka bisa membaginya dengan Rp5 juta untuk kebutuhan harian, Rp3 juta untuk gaya hidup dan sisanya Rp2 juta untuk menabung atau berinvestasi. Dari teori tersebut kamu dapat mengumpulkan uang Rp24 juta dalam waktu 12 bulan atau setahun.
  4. Pilih Mana Kebutuhan dan Keinginan
    Kelola pengeluaran dengan gaya hidup secara lebih bijak dengan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Cara tersebut dapat membuat kamu selamat dari berbagai macam pembelian yang sifatnya impulsif dan konsumtif yang akhirnya menghindari kamu dari berbagai pengeluaran tidak perlu lainnya. 
    Sebelum membeli suatu barang yang memang sebenarnya kamu anggap kebutuhan namun bukan prioritas, tunda terlebih dahulu hal tersebut setidaknya 30 hari. Trik tersebut dinamakan 30 days rule, yang mana metode ini cukup efektif membantu untuk menekan pengeluaran berdasarkan keinginan saja.
  5. Jual Barang yang Jarang dipakai
    Tentu banyak dari kamu yang memiliki berbagai macam barang yang sebenarnya masih layak dipakai namun jarang digunakan. Nah, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijual dan dana tersebut kamu sisihkan untuk menabung.
    Kamu bisa menggunakan e-commerce untuk memasarkannya secara online. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu harganya sehingga dapat menyesuaikan harga pasar untuk menjual barang-barang milikmu.
  6. Cari Kerja Sampingan
    Ingat! Jangan hanya mengandalkan satu penghasilan saja untuk mengejar target menabung. Manfaatkan kemampuan serta kesempatan yang ada untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Saat mencari pekerjaan sampingan ini kamu dapat memastikan pekerjaan tersebut tidak mengganggu waktu pekerjaan utamamu.
    Contoh pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan beragam mulai dari menulis artikel, fotografer hingga pekerjaan lainnya yang waktunya lebih fleksibel.
  7. Sisihkan untuk Dikembangkan
    Memanfaatkan berbagai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih salah satunya dengan mengalihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi. Namun, jangan lupa untuk mengalihkan dana ke instrumen keuangan yang relatif lebih aman dan tentunya kamu sudah pahami.

Berbagai opsi instrumen investasi yang bisa dicoba mulai dari membeli emas, reksadana hingga yang sedang hits investasi di P2P Lending.

Mungkin kamu memiliki Cara menabung 50 juta dalam setahun lainnya versi kamu? Apapun caranya tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara di atas dan diterapkan dalam pengelolaan keuangan hidupmu ya.

Untuk kamu yang ingin mengembangkan dana atau ingin menabung kamu dapat menggunakan produk simpanan tabungan dari Danamon. Susun dan rancang masa depanmu dari sekarang bersama Danamon. Danamon memiliki berbagai macam jenis simpanan tabungan yang sesuai dengan kebutuhan kamu mulai dari tabungan pendidikan anak, tabungan masa depan hingga tabungan hari tua, bisa kamu pilih yuk mulai menabung sekarang.


BERITA TERPOPULER