Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh dan Cara Mengatasinya

Salah satu penyakit yang paling sering ditemui sekaligus dirasakan banyak orang adalah asam lambung atau gerd. Penyakit yang satu ini memang terbilang sulit untuk kamu yang menyukai beberapa jenis makanan terutama yang membuat lambung bekerja lebih ekstra. Namun, tidak hanya makanan yang jadi penyebab asam lambung sering kambuh hal seperti kebiasaan-kebiasaan harian yang dilakukan dan stress juga bisa jadi penyebabnya.

Lalu, apa penyebab asam lambung sering kambuh? Berikut hal yang perlu dihindari agar asam lambung tidak naik.

Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh

  1. Kebiasaan Hidup yang Kurang Sehat
    Penting! Untuk kamu yang ingin terhindar dari penyakit lambung hal pertama yang perlu diperbaiki adalah gaya hidup. Hindari berbagai kebiasaan seperti minum-minuman yang bersoda maupun beralkohol hingga merokok. Apabila hal tersebut dilakukan secara rutin dan berlebihan, maka bukan tidak mungkin akan membuat asam lambung naik dan akhirnya kambuh.
  2. Makan Malam yang Tidak Teratur
    Seringkali orang tidak menyadari bahwa salah satu penyebab asam lambung sering kambuh adalah pola makanan yang tidak teratur terutama pada waktu malam hari. Hal ini dikarenakan setelah menyantap makan malam, kamu langsung tidur tanpa memiliki waktu untuk duduk agar makanan dapat tercerna dengan baik.

    Karenanya, hindari makan dua jam sebelum memasuki waktu tidur. Selain itu, pastikan untuk terus makan secara tepat waktu dan teratur.
  3. Obesitas
    Saat orang mengalami obesitas, maka lemak pada perut yang berlebih inilah yang mengakibatkan tekanan pada area perut sehingga berisiko untuk mengalami asam lambung yang naik.
    Karenanya, hindari makan dua jam sebelum memasuki waktu tidur. Selain itu, pastikan untuk terus makan secara tepat waktu dan teratur.
  4. Tidak Mengontrol Jumlah Makanan yang Dikonsumsi
    Telat makan juga menjadi salah satu penyebab utama mengapa asam lambung meningkat. Namun, tidak hanya telat makan karena kekenyangan juga jadi hal yang bisa membuat asam lambung kambuh. Semakin banyak kamu mengkonsumsi makanan, tentu produksi asam lambung pun akan lebih banyak dan terus meningkat sehingga kemungkinan untuk asam lambung naik terus meningkat.
  5. Makan Sebelum Tidur
    Sesuai dengan poin sebelumnya terkait makan malam yang tidak teratur, pastikan untuk mengurangi konsumsi ngemil sebelum waktu tidur dan apabila dirasa ingin makan, maka atur porsinya agar tidak berlebihan.
  6. Makanan Pedas, Asam dan Bersantan
    Kurangi dan batasi konsumsi makan makanan pedas, asam, berlemak hingga bersantan. Karena, hal tersebut akan memicu penyebab asam lambung terus meningkat.
  7. Stress
    Hindari untuk stress atau terlalu banyak pikiran. Apabila kita tidak dapat menghindarinya, akan berdampak pada meningkatnya asam lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Bisa Dilakukan di Rumah
Hal-hal ini bisa dilakukan saat kamu mengalami asam lambung yang naik dan membantu meredakan rasa sakit yang muncul. Beberapa hal seperti di bawah ini yaitu:

  • Melonggarkan pakaian yang sedang digunakan
  • Menegakkan posisi duduk
  • Meninggikan posisi kepala
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe
  • Mengunyah permen karet
  • Mengonsumsi madu
  • Memperbanyak minum air putih

Itulah beberapa penyebab asam lambung sering kambuh. Hal-hal diatas bisa dilakukan secara konsisten agar terhindar dari penyakit lambung atau GERD. konsisten untuk memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat juga wajib untuk dilakukan

Selain itu, tidak ada salahnya untuk memiliki proteksi lebih menggunakan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan untuk memilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat terbaik dengan harga yang terjangkau. Danamon memiliki asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tentunya memberikan manfaat terbaik untukmu


BERITA TERPOPULER