Cara Menghemat Uang

Berhemat menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat kamu sudah berkeluarga. Ya, karena saat berumah tangga, banyak kebutuhan yang terjadi tanpa diduga. Karenanya, penting untuk kamu memahami bagaimana cara menghemat uang demi mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan.

Banyak cara menghemat uang dalam mengelola keuangan pribadi maupun rumah tangga. Beberapa hal ini di bawah ini bisa dilakukan saat kamu ingin memiliki keuangan yang lebih sehat.

Cara Menghemat Uang dalam Berumah Tangga

  1. Memilih Kebutuhan dibandingkan Keinginan
    Tanpa disadari memang banyak orang yang tidak bisa membedakan antara mana kebutuhan dan mana keinginan. Hal ini akan sangat berpengaruh saat kamu memutuskan untuk lebih berhemat. 
    Kebutuhan di sini tentu kebutuhan yang memang sifatnya tidak dapat ditunda sehingga dapat mengesampingkan yang namanya keinginan. Contoh kebutuhannya seperti transportasi, telekomunikasi, makan dan lainnya.
  2. Membuat Rekening Secara Terpisah
    Banyak orang tentu memiliki satu rekening untuk segala kebutuhan hidupnya, namun saat kamu ingin lebih berhemat salah satu caranya adalah dengan membuat 2 rekening berbeda.
    Tujuan membuat rekening secara terpisah adalah untuk membedakan mana rekening untuk kebutuhan harian, sedangkan satunya lagi untuk kebutuhan menabung atau dana darurat. Rekening yang dibuat terpisah ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaran bulanan.
  3. Alokasikan Pendapatan dan Pengeluaran
    Cara menghemat uang yang pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengalokasikan pendapatan serta pengeluaran setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah kondisi keuanganmu sudah sehat atau tidak.
    Hal ini akan lebih sulit diproses saat alokasi dana terlihat pengeluaran kamu ternyata lebih besar dibandingkan pendapatan. Jika sudah mengalokasikannya di awal, tentu kamu dapat mengatur ulang apa saja yang jadi prioritas sehingga tidak keuangan kamu menjadi lebih sehat kembali.
  4. Mencatat Semua Transaksi dan Evaluasi
    Melakukan pencatatan transaksi setelah mengevaluasi adalah hal yang wajib dilakukan saat menerima uang. Banyak dari kita yang masih suka lupa saat mengeluarkan dana untuk kebutuhan apa saja setiap bulannya.
    Dengan melakukan perincian pada pemasukan serta pengeluarannya. Lalu, merinci apa saja yang perlu dipenuhi untuk kebutuhan bulanannya seperti untuk listrik, internet, kebutuhan makan, kamar mandi dan lainnya.
    Dari sini kamu dapat melakukan perhitungan ulang untuk segala kebutuhan yang ada. Apabila hal ini konsisten untuk dilakukan, maka kamu dapat melihat hasilnya.
  5. Nabung dan Investasi
    Jika ingin memiliki keuangan yang sehat dan terlihat hasilnya di masa depan, menabung dan melakukan investasi wajib untuk dilakukan. Tujuan menabung sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Sedangkan, investasi dilakukan agar dapat mempertahankan nilai aset yang dimiliki dari inflasi.
    Kedua hal ini juga bisa dilakukan secara bersama mengingat kamu dapat mulai menabung dari nominal kecil sekalipun dan investasi juga sudah banyak yang tersedia kurang dari Rp100 ribu. Karenanya, kedua hal itu bisa dimulai dari sekarang.
  6. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis
    Salah satu cara menghemat uang yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memulai hidup yang minimalis. Hidup minimalis ini bukan jadi hidup yang pas-pasan dan sulit untuk menikmati hidup, namun lebih bijak dalam menentukan mana kebutuhan serta keinginan. Sehingga uang yang kamu miliki nantinya penggunaannya lebih tepat dan sesuai.
  7. Memanfaatkan Transportasi Umum
    Transportasi menjadi sektor yang bisa membuat kamu menjadi lebih berhemat lagi. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan transportasi yang sudah baik ini dan mulai beralih untuk menggunakan transportasi umum.
    Transportasi menjadi sektor yang bisa membuat kamu menjadi lebih berhemat lagi. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan transportasi yang sudah baik ini dan mulai beralih untuk menggunakan transportasi umum.
    Selain lebih hemat, memanfaatkan transportasi juga dapat mengurangi polusi dan membuat bumi yang kita tinggali ini bisa lebih sehat.
  8. Lakukan Transaksi Secara Tunai
    Secara fungsi memang adanya kartu kredit akan sangat membantu kamu saat menginginkan suatu barang bisa langsung terbeli. Selain itu juga kartu kredit mempermudah kamu dengan memberikan diskon khusus, promo, cashback dan lainnya. Dengan catatan semua itu jika kamu bijak dalam menggunakannya.
    Namun, sebaliknya apabila digunakan secara tidak tepat tentunya kartu kredit ini akan membuat kamu semakin tidak terkontrol dalam pengelolaan keuangan yang sehat. Karena itu, lebih baik menggunakan uang tunai sehingga mau tidak mau kamu akan melakukan suatu transaksi jika memang sekiranya tersedia dana tersebut, apabila tidak tersedia maka kamu “dipaksa” untuk menunggu sesaat untuk memiliki dana tunai.
    Jadi, sudah mengetahui kan apa saja cara menghemat uang yang bisa dilakukan oleh kamu? Yuk mulai miliki keuangan yang sehat dengan berhemat. Mulai menabung dengan produk tabungan dari Danamon FlexiMax di sini kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti bebas biaya admin dengan saldo rata-rata perbulan Rp50 juta, bebas biaya transfer, bebas biaya tarik tunai dan memberikan bunga setara deposito.
    Yuk nikmati segala manfaatnya bersama tabungan FlexiMax dari Danamon.