Cara Mengecek Riwayat Kredit

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman apapun itu kebutuhannya pastikan untuk memahami serta memiliki riwayat kredit yang baik. Hal ini akan sangat bergantung kepada apakah pinjaman yang kamu ajukan tersebut akan diterima atau tidak. Oleh karena itu, memahami cara mengecek riwayat kredit ini jadi hal wajib yang harus diketahui oleh calon peminjam.

Apabila kamu memiliki riwayat kredit yang bermasalah hingga akhirnya masuk dalam daftar blacklist tentu potensi pinjaman kamu diterima akan sangat kecil dan akhirnya bank akan lebih memilih menolak pengajuan pinjaman tersebut.

Cara Mengecek Riwayat Kredit

Jika kamu membutuhkan informasi yang berkaitan dengan pengecekan riwayat kredit, maka kamu dapat mengajukan Sistem Informasi Debitur (SID) ke kantor OJK. layanan tersebut gratis tanpa memungut biaya. Didukung dengan cara melakukan pengecekan di bawah ini:

  1. Mempersiapkan dokumen persyaratan untuk cek riwayat kredit di SLIK OJK:
    1.  KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI)
    2. Fotokopi paspor untuk Warga Negara Asing (WNA)
    3. NPWP
    4. Akta pendirian perusahaan dan identitas pengurus untuk badan usaha
  2. Mengunjungi website konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
  3. Mengisi data diri di formulir dan upload foto scan dokumen yang dibutuhkan.
  4. Memilih jadwal waktu yang tersedia dalam slot antrean.
  5. Cek waktu layanan online yang disediakan oleh OJK. Biasanya, untuk mengecek riwayat kredit online melalui SLIK OJK hanya tersedia di hari Senin - Jumat.
  6. Anda akan mendapatkan surat persetujuan melalui email untuk melakukan verifikasi data.
  7. Tunggu pemberitahuan dari pihak OJK yang berisi hasil verifikasi antrean SLIK online paling lambat H-2 dari tanggal antrean.
  8. Jika data dinyatakan data valid, silahkan cetak formulir dan tanda tangan sebanyak 3 kali.
  9. Lakukan verifikasi data ke nomor WhatsApp SLIK OJK yang tertera di dalam email tersebut dengan mengirimkan:
    • Foto atau scan formulir yang telah ditandatangani
    • Foto selfie dengan KTP
  10. OJK akan memverifikasi data lewat WhatsApp dan melakukan Video Call apabila diperlukan.
  11. Jika lolos, OJK akan mengirimkan hasil iDEB SLIK melalui email.

Mengecek Kategori Skor Kredit Debitur

Pada layanan sistem informasi debitur yang pernah mengajukan kredit ini akan diberikan skor sesuai dengan catatan riwayat kredit sebelumnya. Skor debitur tersebut juga biasa dibagi menjadi skala 1-5 yang ditentukan dari catatan pinjaman sebelumnya.

  1. Skor 1 = Golongan kredit lancar atau Kol 1 yang memiliki history pembayaran lancar. Golongan ini rutin melunasi tunggakan yang dimiliki.
  2. Skor 2 = Golongan kredit dalam perhatian khusus (DPK) atau Kol 2. Debitur ini memiliki catatan menunggak cicilan kredit 1 - 90 hari.
  3. Skor 3 = Golongan kredit tidak lancar atau Kol 3. Mereka yang memiliki catatan menunggak 91 - 120 hari.
  4. Skor 4 = Golongan kredit yang diragukan atau Kol 4. Mereka yang memiliki catatan menunggak cicilan kredit 121 - 180 hari.
  5. Skor 5 = Golongan kredit macet atau Kol 5. Debitur ini memiliki catatan menunggak cicilan kredit lebih dari 6 bulan.

Nah, baik itu pihak bank maupun lembaga keuangan biasanya akan menolak pengajuan kredit para calon debitur yang masuk ke dalam kategori Skor 3, 4 hingga 5 yang masuk ke dalam blacklist BI Checking. Namun, untuk Skor 2 ini biasa di approve pengajuannya tetapi masuk dalam pengawasan mengingat bisa jadi menjadi Non Performing Loan (NPL).

Karenanya, penting untuk terus menjaga riwayat kredit dengan bersih dan sesuai. Dengan mengetahui cara mengecek riwayat kredit ini, kamu yang masih bingung juga dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui cara di atas. Jika sudah yakin kamu ‘bersih’ dari golongan kredit yang tidak menunggak maka kamu dapat langsung mengajukan pinjaman atau kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

Yuk ajukan kartu kredit Danamon untuk memenuhi berbagai keperluan dan kebutuhan hidup. Gunakan untuk transaksi belanja, membayar tagihan bulanan, transfer dana ataupun tarik tunai. Kami akan selalu memberikan Anda kemudahan, kenyamanan serta promo menarik yang beragam sepanjang tahun.