10 Cara Mengatasi Banjir yang Paling Mudah untuk Dilakukan

Musim hujan sesaat lagi akan tiba artinya banjir juga akan tiba. Banjir memang menjadi masalah menahun yang terus menerpa berbagai daerah di Indonesia tidak terkecuali yang sangat rutin terkena banjir adalah Jakarta. Padahal mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui dasar dari cara mengatasi banjir yang tepat.

Penting untuk kamu memahami lebih dalam bagaimana cara mengatasi banjir yang tepat. Hal tersebut dilakukan agar banjir yang terus datang setiap tahunnya dapat diminimalisir dampaknya. Cara-cara di bawah ini akan meminimalisir banjir yang datang atau bukan tidak mungkin dapat mengatasinya apabila kamu melakukan secara rutin dan bersama-sama dengan yang lainnya.

 

Cara Mengatasi Banjir yang Paling Ampuh

  1. Memiliki Taman di Sekitar Rumah
    Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa pohon dan tanaman hijau dapat membantu mencegah banjir. Tanaman yang ditanam tersebut tentu akarnya akan masuk ke dalam tanah sehingga lubang ditancapkan tersebut akan menjadi jalur bagi air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh.
    Tanpa adanya tanaman sudah pasti air hujan tidak langsung menembus ke tanah secara sempurna karena adanya bebatuan di sekitarnya yang menghalangi sehingga jumlah air di permukaan ini akan semakin banyak sehingga dapat menimbulkan potensi banjir. Karena itu, penting untuk memiliki tanaman agar dapat menekan potensi banjir di sekitar rumahmu.
  2. Membersihkan Selokan Sekitar Rumah
    Rutin membersihkan selokan tentu akan membantu kamu mencegah banjir. Penting untuk kamu terus melakukan pemeriksaan secara rutin baik itu selokan di sekitar rumah maupun di jalur yang berhubungan langsung dengan rumahmu, karena salah satu penyebab banjir tentunya dikarenakan dengan air yang mengalir dengan tidak sempurna.
    Apabila hujan terus turun tentunya air hujan tidak dapat mengalir ke tempat lain secara baik sehingga akhirnya banjir. Oleh karenanya, pastikan untuk tidak terjadi penyumbatan di selokan rumahmu ya.
  3. Membuang Sampah Pada Tempatnya
    Terlihat sepele, namun seringkali orang meremehkan hal ini yang akhirnya banyaknya orang yang melakukan hal ini membuat banjir terus muncul tanpa bisa dikendalikan. “Buanglah sampah pada tempatnya” memang seharusnya wajib ditanamkan pada pikiran semua orang. Karena tanpa disadari banyaknya sampah yang dibuang dengan tidak sesuai dengan tempatnya membuat tentu berbagai macam saluran pembuangan air yang seharusnya bekerja dengan sempurna terhalang dengan berbagai sampah yang menutupinya.
    Karenanya yuk “Buanglah sampah pada tempatnya”.
  4. Menggunakan Paving Block
    Penggunaan paving block ini sangat membantu dalam pencegahan banjir. Hal ini dikarenakan kegunaan paving block yang dapat meresap air dan menyalurkannya ke dalam tanah dengan baik. Kelebihan lainnya adalah dapat menjamin ketersediaan air tanah yang lebih bersih, sehingga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari apabila menggunakan air tanah tersebut.
  5. Melestarikan Hutan atau Pohon di Sekitar
    Tanpa disadari pentingnya untuk terus menjaga kelestarian hutan dengan melakukan hal-hal seperti mengurangi penggunaan kertas, tissue dan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan kayu ini adalah cara terbaik untuk terus mendukung kelestarian hutan yang akhirnya dapat menekan potensi banjir.
  6. Menyediakan Biopori di Lingkungan Rumah
    Adanya lubang biopori yang ditanam di dalam secara vertikal dengan kedalam 100 cm wajib kamu sediakan demi menekan potensi banjir yang datang. Kamu dapat melakukannya dengan memasangnya di sekitaran pohon, dasar selokan hingga pekarangan rumah.
    Diharapkan adanya lubang biopori ini membuat air hujan dengan lebih cepat dan mudah terserap ke dalam tanah.


Penyebab Banjir

Selain memastikan bagaimana cara mengatasi banjir yang tepat, penting juga untuk kamu mengetahui penyebab banjir. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya:

  1. Intensitas hujan yang tinggi
  2. Salju dan es yang terus mencair
  3. Gelombang laut yang datang di pantai seperti gelombang badai
  4. Pemanfaatan lahan untuk kepentingan pribadi
  5. Tanggul atau bendungan yang jebol
  6. Penebangan hutan liar
  7. Membangun pemukiman di pinggir sungai
  8. Efek rumah kaca


Semoga cara mengatasi banjir di atas bisa berguna dan dapat dilakukan dengan benar agar dapat menekan potensi banjir yang datang. Untuk kamu yang sering terdampak banjir dan membutuhkan proteksi diri dari dampak yang timbul karena banjir yuk gunakan produk asuransi kesehatan terbaik dari Danamon. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi kesehatan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda maupun keluarga Anda.