Ini Cara dan Simulasi Deposito Syariah yang Benar dan Sesuai

Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan deposito dibandingkan dengan lainnya seperti investasi ataupun menabung. Salah satunya adalah karena pada deposito memiliki tingkat keamanan yang relatif tinggi. Selain itu banyak yang mulai melirik deposito syariah sebagai pilihannya hal ini karena dirasa dari simulasi deposito syariah yang diberikan terasa lebih cocok dan sesuai dengan prinsipnya.

Deposito syariah juga sudah banyak tersedia pada banyak bank tidak terkecuali Danamon yang selalu hadir memberikan produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah.

 

Deposito Syariah Danamon

Di Danamon kamu dapat menikmati produk syariah dengan lebih transparan dan tentunya sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku. Hal ini dibuktikan dengan adanya pilihan untuk nasabah pada beberapa skema seperti Mudharabah (bagi hasil) atau Wadiah (tabungan aman) yang sesuai dengan prinsip perbankan syariah.

Danamon juga menyediakan layanan yang mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan menghindari segala bentuk kegiatan yang sifatnya spekulatif dalam bertransaksi, Danamon juga terus mengembangkan produk dengan prinsip bank syariah.

Bank Danamon memiliki layanan Deposito Syariah dengan pilihan waktu penempatan berjangka mulai dari 1,3, 6 hingga 12 bulan atau secara On Call (harian) dengan pilihan 7, 14 dan 21 hari. Jangka waktu tersebut akan berakhir pada saat jatuh tempo atau nasabah menutup depositonya sebelum jatuh tempo. Selain itu manfaat yang bisa kamu nikmati dari produk Deposito Syariah dari Danamon juga seperti:

  • Aman dan fleksibel
  • Bagi hasil yang kompetitif
  • Dana disalurkan kepada sektor rill yang menguntungkan dan sesuai prinsip Syariah
  • Membantu perencanaan program investasi nasabah

Namun, setiap instrumen investasi maupun tabungan ada risiko di dalamnya. Risiko yang dimaksud ini adanya perubahan biaya, nisbah dan Gross Profit Distribution (Pendapatan Kotor Bank yang dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh Bank dan akan diinformasikan melalui cabang, website atau media lainnya yang dianggap layak oleh Bank.

Dalam deposito syariah juga terdapat aturan maupun biaya-biaya yang harus diperhatikan contohnya di Danamon sendiri terdapat biaya seperti di bawah ini:

Biaya :

Minimum Penempatan :

  1. Perorangan
  2. Badan(Non Perorangan)

 

Rp 8.000.000,-

Rp 100.000.000,-

Biaya materai saat buka dan cair*

Rp 6.000,-

Biaya Deposito yang dicairkan sebelum jatuh tempo (berlaku untuk nasabah Perorangan dan Badan)

Rp 30.000,- (cair sebagian)

Rp 50.000,- (cair seluruhnya)

 

Simulasi Deposito Syariah
Simulasi :

  • Penempatan Deposito 1 bulan = 1. 000.000.000
  • Total Saldo Rata – rata Produk = 1.049.945.156.243
  • Total Alokasi Pendapatan = 8.947.987.839
  • Nisbah ( Nasabah : Bank ) = 70% : 30%

 

Rumus Perhitungan Bagi Hasil :

Maka perhitungannya bagi hasil sebelum pajak sebagai berikut :

Pajak 20% = 1.193.127

Bagi hasil = 4.772.509

Perlakuan Bagi Hasil untuk Deposito yang dicairkan sebelum jatuh tempo sebagai berikut :

Kondisi

Perlakuan Bagi Hasil untuk Nasabah

Penempatan < 21="" />

Bagi hasil akan diberikan secara proporsional dengan menggunakan perhitungan bagi hasil investasi harian (On Call) yang berlaku pada hari itu

Penempatan > 21 hari

Bagi hasil diberikan secara proporsional dengan menggunakan perhitungan bagi hasil yang sesuai dengan akad awal



Pajak Deposito Syariah

Seperti yang kita ketahui bahwa walaupun berbasis syariah, namun ketentuan yang mengatur perpajakan terkait penghasilan, biaya serta pemotongan atau pemungutan pajak dari kegiatan usaha perbankan syariah ini tetap ada. Hasil yang diterima nasabah deposito syariah dalam bentuk apapun termasuk bagi hasil, bonus dan penghasilan lainnya akan dikenakan PPh sesuai ketentuan pengenaan PPh atas bunga deposito bank konvensional.
PPh yang dikenakan atas penghasilan bagi hasil deposito bank syariah sebesar 20% dari jumlah bruto.
Dengan pemahaman yang lebih mendalam terkait deposito syariah hingga simulasi deposito syariah ini tentunya akan membuat opsi pilihan untuk kamu yang ingin menabung sekaligus mengembangkan dana sesuai dengan preferensi.
Apapun pilihannya pastikan untuk menggunakan produk tabungan syariah yang sesuai dengan ketentuan serta prinsip syariah yang berlaku sehingga tujuan dari yang sudah ditetapkan tersebut dapat terlaksana dengan lebih baik. Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan produk deposito syariah dari Danamon.


BERITA TERPOPULER