Jangan Diabaikan! 6 Gejala Demam Berdarah pada Orang Dewasa

Gejala demam berdarah pada orang dewasa ini memang umum ditemui dengan gejala seperti sakit kepala, nyeri otot, memar pada kulit hingga kesulitan bernapas. Demam berdarah sendiri adalah penyakit yang kerap menyerang orang-orang di negara yang memiliki iklim tropis, tidak terkecuali Indonesia.
Baik itu dewasa maupun anak-anak dapat terserang penyakit DBD dengan berbagai gejala mulai dari yang ringan hingga berat apalagi telat mendapatkan penanganan.

 

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Mungkin banyak yang pernah merasakan atau melihat bahwa gejala mereka yang terkena DBD ini dengan penyakit lainnya sekilas tampak mirip. Berikut beberapa gejala umum yang wajib kamu ketahui.

  • Demam Tinggi
    Demam tentu jadi gejala yang paling umum dari segala jenis penyakit. Tetapi, pada DBD demam ini akan muncul secara tiba-tiba. Demam pada DBD ini juga bisa mencapai 40 derajat celcius dan umumnya berlangsung lama mulai dari 2 hingga 7 hari.
  • Nyeri Otot, Tulang dan Sendi
    Selain demam, mereka yang terkena DBD juga cenderung akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti nyeri otot, tulang hingga sendi. Berbagai nyeri yang muncul itu akan diikuti dengan tubuh yang berkeringat serta menggigil. Biasanya gejala ini akan muncul di hari ke-4 hingga ke-10 ketika virus memasuki tubuh. Hal tersebut juga terjadi bersama dengan sakit kepala dan demam tinggi.
  • Sakit Kepala
    Sakit kepala juga menjadi gejala yang pasti dirasakan mereka saat terkena DBD. Sakit kepala dan disertai nyeri pada bagian belakang mata ini. Kondisi tersebut juga adalah gejala umum yang sering terjadi. Untuk meredakan rasa sakit kepala tersebut biasanya disarankan untuk mengonsumsi beberapa obat sakit kepala.
  • Mual dan Muntah
    Lebih lanjut, mual dan muntah juga menjadi gejala yang akan muncul pada mereka yang terkena DBD baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Gangguan ini termasuk dalam masalah pencernaan yang turut dapat menimbulkan rasa tidak enak pada perut atau punggung. Mual dan muntah ini akan kamu rasakan selama dua hingga empat hari setelah menyerang tubuh.
  • Mudah Lelah
    Dengan munculnya beberapa gejala yang sudah kita sebutkan di atas para pengidap DBD ini juga akhirnya mengalami mudah lelah dan membuat nafsu makan hilang. Semua itu diakibatkan karena sistem imun tubuh yang semakin lama semakin melemah.
  • Muncul Ruam dan Memar
    Terakhir ruam merah menjadi salah satu gejala khas yang dirasakan para pengidap gejala demam berdarah pada orang dewasa. Biasanya akan muncul di beberapa anggota tubuh mulai dari wajah, dada, tangan hingga ke kaki. Gejala ini akan muncul di hari ke-3 dan berlangsung hingga 3 hari.

 

Cara Penanganan dan Mencegah Gejala Demam Berdarah pada Orang Dewasa

Beberapa hal yang bisa dilakukan selama tubuh mengalami gejala-gejala di atas adalah dengan beberapa hal di bawah ini:

  • Istirahat yang cukup
  • Banyak konsumsi air putih
  • Gunakan pengusir nyamuk baik itu yang dibakar, semprot atau lotion
  • Gunakan pakaian panjang yang dapat menutupi kulit
  • Gunakan AC atau kipas angin dalam ruangan
  • Perhatikan ventilasi udara ruangan

 

Yang terpenting apabila mengalami gejala demam berdarah pada orang dewasa yang sudah kita sebutkan di atas dan tidak kunjung sembuh, maka konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan

Terakhir berikan proteksi lebih pada diri dan keluarga dengan menggunakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat terbaik dengan harga yang terjangkau. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi kesehatan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda maupun keluarga Anda.