Wajib Tahu! Ini 5 Dampak Pencemaran Udara Bagi Manusia

Menurut data dari Air Quality Index (AQI) di Juni 2022 Jakarta menjadi Kota dengan kualitas udara terburuk kedua di dunia dengan skor sebesar 166 di bawah dari Johannesburg dengan skor 195. WHO juga mengatakan bahwa setiap tahunnya ada 7 juta kematian dini di seluruh dunia terkait dengan polusi udara. Dampak pencemaran udara inilah yang membuat munculnya angka kematian yang sangat tinggi setiap tahunnya.
Di Indonesia sendiri kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya dan lainnya memang memiliki kualitas udara yang buruk bagi kesehatan. Polusi udara yang timbul ini membuat banyak gangguan kesehatan mulai dari iritasi mata, iritasi hidung, sakit kepala, sakit tenggorokan, pneumonia, flu hingga jika terus dibiarkan bertahun-tahun dapat menyebabkan penyakit seperti paru, jantung hingga kanker.

Secara garis besar mungkin orang banyak yang tidak menyadari dampak pencemaran udara itu sendiri atau bahkan tidak memahami sebenarnya apa itu polusi udara, di bawah ini kita akan membahasnya dengan lengkap!

 

Apa Itu Pencemaran Udara?

Seperti yang kita ketahui bahwa polusi merupakan salah satu pencemaran udara. Pencemaran udara sendiri artinya perubahan suatu susunan udara yang disebabkan oleh bahan atau zat asing di udara. Kehadiran zat tersebut yang akhirnya membuat kualitas udara mengalami penurunan.
Sedangkan, polusi udara adalah hasil dari proses pembuangan aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari berbagai sektor mulai dari produksi hingga transportasi. Pencemaran udara ini memang banyak terjadi dengan dipicu dari bentuk gas, cair dan padat tertentu yang terkumpul di udara.
Lalu, sebenarnya apa saja sih penyebab atau dampak polusi udara?

 

Dampak Pencemaran Udara

Ingat! Jangan pernah menganggap sepele dampak dari pencemaran udara ini ya, karena beberapa dampak di bawah ini jika dibiarkan akan berakibat fatal diantaranya:

  1. Global Warming
    Dampak yang paling sering kita dengar tentunya adalah meningkatnya pemanasan global dan akhirnya berakibat suhu udara di seluruh dunia ini menjadi meningkat, permukaan laut semakin tinggi hingga banyaknya es di kutub lebih cepat mencair
    Semua itu akhirnya mengakibatkan berkurangnya tempat tinggal bagi berbagai macam makhluk hidup baik itu tumbuhan, hewan hingga akhirnya manusia.
  2. Kualitas Udara yang Menurun
    Menurunnya kualitas udara yang terjadi akibat adanya asap dan partikel bahan kimia atau logam yang berbahaya ini akhirnya membuat udara menjadi semakin tidak lagi bersih dan akhirnya membahayakan pernapasan. Dari turunnya kualitas udara ini membuat timbul berbagai penyakit terutama penyakit pernapasan seperti infeksi saluran pernapasan akut, asma hingga yang terparah memicu kanker paru.
  3. Gangguan Pernapasan
    Dampak pencemaran udara dari berbagai macam asap seperti asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan inilah yang memicu terjadinya gangguan pernapasan. Kadar oksigen juga semakin lama akan semakin berkurang dalam tubuh manusia.
  4. Terganggu Jalannya Oksigen dalam Darah
    Tidak hanya saluran pernapasan, namun sistem peredaran darah juga dapat terganggu karena pencemaran udara ini. Hal tersebut dikarenakan karbon monoksida (CO) yang jumlahnya sangat banyak sehingga dapat membuat kadar protein inflamasi dan jumlah kekentalan darah bertambah. Akhirnya, hal tersebut dapat memicu munculnya radang pembuluh darah yang akhirnya membuat penyakit kardiovaskular
  5. Memicu Timbulnya Keguguran dan Autisme
    Pencemaran udara ini juga membahayakan bagi ibu hamil. Karena dampak pencemaran udara tersebut dapat memicu peradangan pada seluruh tubuhnya dan menyebabkan kelahiran prematur. Sedangkan untuk janinnya, keadaan ini akan mengakibatkan keguguran, asma untuk bayinya hingga memicu autisme.

Dengan mengetahui berbagai macam dampak pencemaran udara bagi kesehatan di atas. Tentu kamu harus mencegahnya dengan berbagai macam mulai dari melakukan pencegahan seperti menggunakan transportasi umum, menggunakan listrik seperlunya hingga melakukan 3R yaitu reduce, reuse dan recycle

Cara lainnya lagi adalah dengan memberikan proteksi lebih pada dirimu dan keluarga. Gunakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat terbaik dengan harga terjangkau yaitu produk asuransi kesehatan dari Danamon. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi kesehatan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda maupun keluarga Anda.