Cara Menghitung Dana Darurat dengan Tepat serta Contohnya!

Dana darurat merupakan dana yang memang dipersiapkan untuk mengantisipasi adanya pengeluaran mendadak yang dapat membebani pengeluaran. Dana darurat juga adalah dana yang dapat dimanfaatkan saat kita mengalami krisis finansial. Namun, masalahnya banyak sekali yang tidak tahu cara mempersiapkan dana darurat hingga cara menghitung dana darurat yang tepat.
Nah, penting sekali untuk kamu mempersiapkan dana darurat sedini mungkin. Karena dalam hidup kita tidak pernah mengetahui apa hal yang dapat terjadi di masa depan. Di bawah ini kita akan ulas secara lengkap mengenai apa itu dana darurat hingga cara menghitung dana darurat.

 

Apa Itu Dana Darurat

Dana darurat adalah dana talangan yang akan sangat berguna saat kita mengalami keadaan yang darurat seperti biaya rumah sakit, dana tersedia saat kita terkena PHK hingga biaya renovasi rumah. Dana ini juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya yang bersifat darurat.
Dana darurat ini tidak hanya berbentuk dana tunai atau dana simpanan namun juga bisa bersifat simpanan yang likuid seperti emas murni atau logam mulia.

Cara Menghitung Dana Darurat dengan Benar

Untuk kamu yang sudah memiliki penghasilan tetap, maka sudah waktunya kamu memiliki dana darurat dari sekarang. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengantisipasi risiko krisis keuangan yang bisa kapan saja terjadi. Karena itu, jika kita lakukan simulasi tahapan demi tahapannya bagaimana cara menghitung dana darurat dan cara benar penyimpanan juga seperti contoh di bawah ini.

  • Mulai menentukan jumlah dana yang dikeluarkan dari gaji ke dalam simpanan dana darurat pribadi. Contohnya, rata-rata pengeluaran bulananmu ada di angka Rp3 juta, maka kamu harus mempersiapkan 3 kali pengeluaran bulananmu itu sebagai dana daruratnya yaitu sebesar Rp 9 juta.
  • Menentukan berapa persen alokasi bulanan. Apabila kamu memiliki penghasilan bersih senilai Rp10 juta, maka kamu membutuhkan setidaknya Rp 300 ribu setiap bulannya untuk disisihkan sebagai dana darurat. Namun, nominal tersebut bukan nominal yang harus benar-benar jadi acuan kamu. Lebih baik sesuai dengan kesanggupan kamu menentukan nominal untuk dana darurat namun tetap melakukannya dengan konsisten.
  • Cara menyimpan dana darurat yang benar juga adalah dengan menyiapkan rekening khusus yang digunakan sebagai tempat dari dana darurat tersebut. Harapannya dengan memiliki rekening yang berbeda kita lebih sadar bahwa masing-masing kebutuhan ini memiliki tempatnya sehingga tidak selalu merasa bahwa dana yang kita miliki tersebut bisa kita habisi semuanya.

 

Penting jika kamu memiliki pekerjaan sampingan yang dapat memberikan tambahan untuk pemasukan sehingga dapat mencapai target dana darurat yang sudah ditetapkan olehmu.

 

Contoh Penerapan Dana Darurat untuk Keluarga

Pengeluaran orang yang sudah berkeluarga dan sendiri tentunya akan berbeda. Saat sudah berkeluarga banyak tanggungan pengeluaran yang harus dipenuhi oleh anggota keluarga seperti contohnya di bawah ini

Faktor dana darurat

Pengeluaran keluarga per bulan

Cicilan KPR Rumah

Rp3.500.000

Tagihan rumah tangga

(PLN, PAM, sumbangan warga)

Rp2.000.000

Biaya makan

Rp2.500.000

Beli pakaian

Rp500.000

Konsumsi susu anak

Rp700.000

Mainan untuk anak

Rp300.000

Cicilan kendaraan

Rp4.000.000

Servis / perbaikan rutin kendaraan

Rp500.000

Hiburan di akhir pekan

Rp500.000

TOTAL

Rp14.500.000


Sesuai dengan data yang di atas kita dapat harus tahu cara menghitung dana darurat yang tepat untuk enam bulan dengan perhitungan seperti ini.

Rp14.500.000 x 3 (bulan) = Rp43.500.000 atau Rp14.500.000 x 6 (bulan) = Rp87.000.000


Besaran dana darurat untuk setiap keluarga tentunya berbeda-beda. Namun, semakin banyak orang dan kebutuhan yang ditanggung tentunya semakin tinggi juga dana darurat yang dibutuhkan. Karena itu, penting untuk mengoptimalkan pengeluaran saat masa-masa sedang krisis finansial agar dapat mengurangi biaya hidup yang berlebihan.

Saat sudah mengetahui cara menghitung dana darurat yang tepat, langkah selanjutnya adalah mencari tempat menyimpan dana darurat yang tepat. Yuk gunakan produk simpanan tabungan dari Danamon, bersama Danamon kamu dapat mempersiapkan dana darurat dengan lebih tepat, aman dan nyaman.