Tata Cara Hingga Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah yang Benar

Menjelang hari raya idul fitri biasanya umat islam yang telah menunaikan ibadah puasa memiliki kewajiban lainnya yaitu menunaikan zakat fitrah. Membayar zakat fitrah ini adalah salah satu bagian dari rukun islam yang hukumnya wajib. Tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, namun kewajiban ini juga untuk seluruh umat muslim termasuk bayi yang baru lahir. Banyak yang belum memahami tujuan mengeluarkan zakat fitrah.

Saat menunaikan zakat fitrah tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilakukan dengan benar. Hal tersebut mulai dari waktu pelaksanaan, jumlah yang harus dibayarkan hingga apa yang digunakan untuk menunaikannya.

Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah ini berbeda apabila kita bandingkan dengan infaq atau sodaqoh. Kedua hal tersebut tidak dibatasi kapan dan berapa jumlah yang harus ditunaikan, sedangkan zakat fitrah memiliki perhitungannya sendiri. Tujuannya sendiri adalah pencuci harta kita dari segala hal yang telah diperbuat. 

Karena itu, penting untuk mengetahui cara menunaikannya sesuai dengan tahapan yang benar. Jika kita tidak melakukan dengan tahapan yang benar dan sesuai tidak akan dihitung sebagai zakat fitrah.

Zakat fitrah ini bisa mulai ditunaikan sejak awal bulan ramadhan, namun umumnya dan lebih baik jika dilakukan saat menjelang idul fitri. Hal ini sesuai dengan tujuannya yaitu membersihkan serta mencuci harta kita dari hal-hal yang buruk ataupun sejenisnya. Selain itu saat melakukan penyerahan zakat fitrahnya harus dengan pembacaan niat.

Setiap niatnya juga berbeda-beda sesuai dengan siapa yang akan menunaikannya. Zakat fitrah ini juga dapat diwakilkan, karena anak bayi atau anak-anak belum mengerti terkait pemberian zakat ini sedangkan sudah memiliki kewajiban.

Biasanya proses pembayaran zakat fitrah untuk mereka yang sudah berkeluarga adalah melakukan pembayaran secara sekaligus yaitu satu keluarga. Sehingga dapat mempermudah prosesnya.

Jumlah Serta Cara Menghitung Kewajiban Zakat Fitrah

Zakat fitrah ini memiliki besaran yang sudah ditetapkan dimana adalah 1 sha’ kurma atau gandum. Perhitungan tersebut jika dikonversikan ke dalam kilogram berarti menjadi 2,5 kg dan jika dikonversikan ke dalam satu liter berarti 3,5 liter. Ketentuan ini tidak dapat dikurangi, namun jika dilebihkan diperbolehkan.

Di Indonesia mayoritasnya menggunakan beras sebagai makanan pokoknya sehingga pembayaran zakat fitrahnya juga dilakukan menggunakan beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter. Tidak hanya beras zakat fitrah yang dibayarkan juga bisa diganti dengan uang tunai sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Sesuai dengan yang dikutip dan website Baznas untuk wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya tahun 2022 lalu ditetapkan bahwa Rp45.000,-/Jiwa. Lalu, sebenarnya siapa penerima zakat fitrah ini?

Penerima Hak Zakat Fitrah

Salah satu tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah sebagai pencuci harta kita dan dalam harta kita ini terdapat hak orang lain yang harus diberikan. Sesuai dengan yang tertera dalam surat At-Taubah ayat 60 yang menjelaskan bahwa ada ketentuan siapa saja yang berhak menerima zakat atau mustahik. Golongan penerima zakat atau mustahik ini diantaranya: 

  1. Fakir
    Mereka yang tidak memiliki apa-apa hingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Miskin
    Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.
  3. Amil
    Mereka yang mengumpulkan, mengelola sekaligus memberikan zakat.
  4. Mualaf
    Mereka yang baru masuk islam sehingga masih membutuhkan bantuan agar menguatkan tauhid dan syariahnya.
  5. Riqab
    Budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan diri.
  6. Gharimin
    Mereka yang memiliki utang, mempertahankan jiwa dan izzahnya.
  7. Fisabilillah
    Mereka yang berjuang di jalan Allah SWT dalam bentuk dakwah, jihad dan lainnya.
  8. Ibnu Sabil
    Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan Allah SWT.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui terkait tujuan mengeluarkan zakat fitrah. Apabila kamu ingin merencanakan zakat tahun depan dengan lebih mudah dan gampang Danamon Syariah memberikan kamu kemudahan untuk menunaikan zakat fitrah yang ingin kamu lakukan. Bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang kredibel, zakat kini lebih mudah, nyaman, dan terpercaya.