6 Tips Belanja Bulanan Hemat Agar Optimal dan Tidak Kebobolan

Memahami bagaimana cara menghemat pengeluaran memang menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu pengelolaan keuangan yang lebih baik. Terutama untuk mereka yang sudah berkeluarga dan membeli berbagai kebutuhannya secara bulanan. Tips belanja bulanan hemat menjadi hal wajib yang harus dipahami untuk mereka.

Saat berbagai kebutuhan sudah habis dan waktu berbelanja tiba banyak yang akhirnya menjadi kalap sehingga tanpa sadar pengeluaran yang harusnya sudah ditetapkan sekian rupiah menjadi jauh melebihi ekspektasi. Karenanya, penting untuk kamu yang berbelanja rutin secara bulanan memahami tips belanja bulanan hemat agar sisa uang yang ada dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Tips Belanja Bulanan Hemat dan Tepat

Jika kamu memiliki sisa uang lebih banyak tentunya banyak kebutuhan lainnya yang dapat tercukupi mulai dari mengalokasikan untuk menabung, mempersiapkan dana darurat hingga melakukan investasi untuk masa depan. 

Nah, berikut cara dan tips belanja bulanan dengan lebih hemat.

  • Membuat Dua Rekening Berbeda

    Selalu kesulitan saat mengatur keuangan? Salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat dua rekening berbeda. Kedua rekening berbeda ini masing-masing digunakan untuk kebutuhan pribadi dan tabungan untuk belanja. 

    Rekening yang digunakan untuk tabungan pribadi adalah untuk menabung gaji atau pendapatan bulananmu. Sedangkan, rekening kedua digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehari-hari maupun bulanan. Pastikan penggunaan kedua rekening itu berjalan optimal yaitu dengan cara hanya dapat menarik salah satu tabungan disaat keadaan yang benar-benar darurat.

    Mungkin jika belum terbiasa ini akan terlihat sulit, namun jika kamu tetap konsisten tentu nantinya akan dapat dilakukan lebih mudah.

  • Membuat List Daftar Belanja

    Berbelanja adalah hal yang paling menyenangkan untuk banyak orang. Namun, jika kamu berbelanja tapi membuat perhitungan dengan tepat, maka di kemudian hari kamu akan menyesalinya. Karena itu, ada baiknya saat berbelanja terlebih dahulu membuat daftar list belanja apa saja yang akan dibeli.

    Hal tersebut dilakukan agar tidak membeli kebutuhan yang memang tidak perlu. Pastikan memang yang dibeli adalah barang atau kebutuhan yang akan digunakan bukan hanya sekedar keinginannya saja.

    Optimalkan list daftar belanjanya dengan memperhitungkan nominal setiap bulannya agar dapat menyesuaikan anggaran bulanannya lagi kedepannya.

  • Manfaatkan Promo, Discount dan Cashback

    Diskon atau promo tentu saja akan selalu tersedia di setiap minggu atau bulannya, karena itu sebelum mulai berbelanja pastikan mencari tahu diskon, promo atau cashback yang ada di setiap kamu ingin berbelanja. Pastikan juga untuk selalu membandingkan harga di setiap pusat perbelanjaan yang akan atau pernah kamu datangi.

  • Berbelanja di Pasar Tradisional

    Supermarket dan pasar tradisional tentu memiliki perbandingan harga barang yang jauh berbeda. Mungkin jika kamu memilih tempat yang lebih nyaman dalam berbelanja supermarket menjadi pilihannya, namun jika kamu ingin mencari harga yang lebih murah dengan kualitas yang sebanding tentu pasar tradisional menjadi pilihannya.

    Selain itu, di pasar tradisional kamu dapat melakukan tawar menawar dan membandingkan satu penjual dan penjual lainnya sehingga kamu akan mendapatkan harga terbaiknya.

  • Sesuaikan Kebutuhan dengan Kemampuan

    Seringkali tanpa disadari hal yang paling sering membuat kebobolan adalah dengan membeli barang yang tidak sesuai dengan kemampuan kita. Contohnya saat kamu ingin mengonsumsi daging import dengan kualitas premium padahal kamu dapat menggantinya dengan daging lokal yang berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah.

    Hal ini harus dipahami bahwa kita harus menyesuaikan kebutuhan dengan kemampuan dari dana yang kita miliki agar nantinya tidak membuat kita susah.

  • Membawa Uang Tunai Secukupnya

    Salah satu faktor yang membuat dompet semakin lama semakin menipis adalah dengan selalu menyediakan uang tunai yang banyak di dompet sehingga kita secara psikologis merasa selalu memiliki banyak uang.

    Karenanya, kamu dapat membawa uang tunai secukupnya saja agar memang disesuaikan saja dengan kebutuhan apa saja yang akan dibeli. Namun, tidak apa jika kamu membawa uang tunai sedikit lebih banyak untuk berjaga-jaga apabila ada keadaan darurat. 

Itu dia tips belanja bulanan hemat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk mulai hidup dengan lebih hemat agar kamu memiliki persiapan yang baik menyambut masa depan.

Nah, apabila kamu sudah dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan optimal lalu membutuhkan dana tambahan. Kamu dapat menggunakan kartu kredit sebagai salah satu solusi kebutuhan berbelanja kamu. Kartu Kredit Danamon dari Danamon ini dapat digunakan untuk transaksi belanja, membayar tagihan bulanan, transfer dana ataupun tarik tunai. Kami akan selalu memberikan Anda kemudahan, kenyamanan serta promo menarik yang beragam sepanjang tahun.