6 Syarat Umroh Serta Pengertian hingga Dalilnya!

Salah satu dari sekian banyak impian umat muslim tentunya dapat melaksanakan ibadah ke tanah suci baik itu melakukan haji maupun umrah. Nah, sebelum mewujudkan impian tersebut terlebih dahulu kamu harus mengetahui mengenai syarat umroh yang berlaku sekarang.

Penting! Mengetahui dengan detail terkait syarat umroh ini, karena jika tidak maka kamu akan kesulitan memenuhi impian kamu menginjakkan kaki di tanah suci. Oleh karena itu, di bawah ini kita akan membahas mengenai apa itu umroh hingga syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk umroh ke tanah suci.

Apa Itu Umroh

Umroh merupakan ibadah untuk mengunjungi Baitullah sesuai yang dianjurkan dalam agama islam. Tidak jauh berbeda dengan haji, pada umroh juga kamu akan diwajibkan untuk melakukan beberapa hal seperti tawaf, sa’i hingga bercukur demi mengharap ridha Allah SWT. 

Umroh juga sering disebut sebagai haji kecil dimana akan melakukan hal-hal seperti mereka yang berhaji. Dalil terkait umroh itu juga disebutkan dalam Al Quran, Surat Al Baqarah ayat 158.

اِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِۚ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ اَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ اَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِمَاۗ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًاۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ 

Artinya: Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syiar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i di antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 158)

  • Beragama Islam

    Syarat wajib umroh pertama adalah beragama islam. Tentu siapapun boleh umroh asalkan beragama islam. Tidak sah hukumnya bagi umat agama lain untuk melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci.

  • Dewasa atau Baligh

    Dewasa atau baligh menjadi syarat lainnya. Dimana seorang muslim yang telah masuk masa baligh, tentu dianjurkan untuk dapat melakukan ibadah umroh. Baligh di sini ditandai dengan kedewasaan secara fisik, namun apabila umroh dilakukan saat masa anak-anak itu tidak akan menggantikan ibadah umroh saat dewasa.

  • Berakal Sehat

    Umat muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah umroh bagi mereka yang memiliki akal sehat sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal ini dilakukan agar umat muslim juga dapat membedakan hal yang baik dan buruk secara lebih logis dan dewasa.

  • Merdeka

    Syarat umroh lainnya adalah seseorang yang telah bebas atau merdeka dari perbudakan. Syarat ini dilakukan karena adanya kaitan pada kehidupan masa lalu yang banyak dialami oleh banyak bangsa arab. Pada masa lalu bangsa arab masih melakukan perbudakan, sehingga tidak diwajibkan bagi para budak untuk melaksanakan haji ataupun umrah.

  • Mampu

    Mampu adalah syarat lainnya yang harus dipenuhi. Memiliki kemampuan ini maksudnya mampu untuk mengerjakan ibadah umroh, baik itu kemampuan fisik, finansial hingga waktu yang disisihkan untuk pergi ibadah ke tanah suci.

  • Bagi Perempuan Harus Ada Mahramnya

    Terakhir, untuk perempuan harus ada mahramnya. Maksudnya adalah mahram di sini berasal dari keluarga inti seperti orang tua kandung, kaka, adik atau anak. Namun, jika tidak ada mahramnya maka dapat ditemani oleh kerabat perempuan, saudara atau teman.

Hal ini juga berlaku pada ibadah haji. Namun, sejak musim haji tahun 2014 pemerintah Indonesia sudah melakukan kerjasama dengan imigrasi Arab Saudi terkait hal ini. Sehingga menghasilkan aturan yang menyebutkan calon haji atau umrah perempuan dapat dimahrami oleh jemaah lain yang sesama perempuan. 

Nah, itulah beberapa syarat umroh yang harus dipenuhi dan wajib kamu ketahui. Untuk kamu yang memiliki rencana melakukan umroh pastikan untuk menggunakan Tabungan Syariah dari Danamon yaitu Tabungan BISA umrah iB yang mana Tabungan berjangka menggunakan prinsip syariah Mudharabah (Bagi Hasil) yang bertujuan untuk membantu Nasabah dalam merencanakan dana Ibadah Umrah.