Polis Asuransi : Pengertian, Fungsi Hingga Isi di Dalamnya!

Berbicara mengenai asuransi tentu tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, banyak juga orang yang tidak mengerti dengan jelas mengenai asuransi. Yang paling dasar adalah banyak orangnya tidak memahami sebenarnya apa itu polis asuransi.

Tidak hanya polis asuransi, banyak istilah lainnya dalam asuransi yang tidak dipahami oleh para calon pengguna asuransi hingga pengguna asuransi itu sendiri. Padahal perkembangan asuransi di Indonesia ini sendiri terus meningkat setiap tahunnya, masyarakat sendiri juga memang semakin lama semakin sadar akan pentingnya perlindungan jiwa serta aset. Hal tersebut juga membuat banyak jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Karena itu, dengan pertumbuhan yang cukup baik tentu harus didukung dengan pemahaman yang baik juga terhadap asuransi yang sudah atau akan kita gunakan.

Polis Asuransi Adalah?

Polis asuransi merupakan suatu perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi dalam hal ini yaitu penanggung dan tertanggung. Dimana polis asuransi tersebut berisi perjanjian pengalihan risiko, syarat serta komitmen kedua belah pihak. Polis asuransi adalah hal yang penting dalam asuransi karena nasabah harus benar-benar memahami dan mengetahui isi dalam dokumen tersebut.

Dokumen ini yang akan dijadikan pedoman saat nasabah ingin mendapatkan hak pertanggungan atau ganti rugi dari perusahaan asuransi. Namun, bagi perusahaan juga menjadi perlindungan apabila nasabah menuntut hak di luar dari kontrak perjanjian yang sebelumnya sudah disepakati.

Contohnya, saat dokumen polis asuransi diberi keterangan terkait berbagai macam penyakit kronis yang ditanggung. Lalu, nasabah yang divonis dokter mengidap salah satu penyakit kronisnya, maka perusahaan asuransi kesehatan tersebut wajib membayarkan klaim kepada nasabah tersebut. Sebaliknya, saat nasabah menuntut klaim atas jenis penyakit yang tidak termasuk dalam perjanjian. Maka, perusahaan asuransi tidak wajib memberikan pertanggungan atau ganti rugi sebagaimana yang tertera di dalam polis.

Fungsi Polis Asuransi

Dengan mengetahui betapa pentingnya polis asuransi, tentu sudah sewajarnya juga jika  perlu memiliki pemahaman yang baik terkait fungsi polis asuransi. Hal ini dapat menghindari kamu dari adanya kerugian yang bisa muncul kapan saja akibat tidak mengetahui fungsi-fungsi di dalamnya.

Karena itu, di bawah ini fungsi polis asuransi adalah sebagai berikut.

  • Mengetahui Hak dan Kewajiban dari Pengguna Asuransi

    Pemegang polis ini memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran premi. Apabila sudah dibayarkan, maka ia memiliki hak untuk mengajukan klaim sesuai dengan kesepakatan tertulis di dalamnya. Biasanya saat kita sudah setuju untuk menggunakan asuransi tersebut, maka akan diberikan buku polis asuransi yang tebal berisi berbagai macam aturan dan kesepakatan di dalamnya.

    Dengan mengetahui isi dari buku tersebut tentu pemahaman kita terkait hak dan kewajiban pengguna asuransi akan kita ketahui.

  • Memahami Skema Premi

    Kerugian yang kapanpun bisa terjadi, baik itu besar maupun kecil sudah diatur dalam polis. Sehingga jika kita sudah memahaminya apabila ada yang tidak sesuai dengan kesepakatan atau penjelasan yang pernah diberikan di awal, maka kamu memiliki hak untuk menolak.

  • Mengetahui Nilai Pengurangan Jika Ada

    Poin-poin penting yang ada dalam polis juga wajib dibaca dan diperhatikan. Contohnya saat ada nilai pengurangan pada asuransi kendaraan bermotor. Lalu, dalam contoh polis asuransi kesehatan terdapat istilah excess atau selisih nominal. 
    Mekanisme itulah yang sudah diatur di dalam polis tanpa kita harus cari tahu lagi di luar baik itu bertanya kepada agen atau lainnya.

  • Adanya Jaminan Bagi kedua Belah Pihak

    Fungsi asuransi ini termasuk jaminan untuk kedua belah pihak, maksudnya baik untuk pemegang polis maupun pihak perusahaan. Apabila kerugian timbul di luar dari yang diatur di dalam polis, maka hal tersebut akan jadi tanggung jawab pribadi dari pemegang polis.

  • Isi Polis Asuransi

    Polis asuransi juga memiliki poin-poin penting yang harus diketahui nasabah agar mengetahui manfaat dari penggunaan asuransi itu sendiri yaitu seperti

    • Hak mempelajari polis asuransi dalam kurun waktu yang ditentukan sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi
    • Data dari pemegang polis dan tertanggung
    • Manfaat asuransi
    • Pengecualian manfaat
    • Ketentuan premi
    • Potongan Biaya

Polis asuransi adalah hal yang sangat penting untuk dipahami dengan lebih mendalam. Banyaknya informasi di dalam polis asuransi ini yang akan membuat manfaat dari asuransi itu sendiri akan didapatkan dengan lebih optimal. Memahami fungsi dan isi polis asuransi juga akan membuat kita mengetahui terkait produk asuransi yang kita gunakan.

Apabila sudah memahami polis asuransi dengan baik, maka langkah selanjutnya dengan memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu maupun keluarga.