5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Tubuh!

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mendapatkan kesehatan secara alami, karena di pagi hari sinar matahari terbaik dapat menghasilkan sinar ultraviolet yang berguna dan akan menyentuh permukaan kulit lalu diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D ini juga kaya akan antioksidan dan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat berjemur di pagi hari itu juga bisa didapatkan dengan durasi berjemur selama 5-15 menit untuk hasil yang optimal bagi tubuh. 

Paparan dari sinar matahari tersebut juga menyesuaikan dari riwayat kesehatan, usia, jenis kulit hingga kualitas udara di sekitarnya. Apabila dilakukan dengan tepat dan benar, maka manfaat berjemur di pagi hari ini akan menghasilkan kesehatan tubuh yang lebih terjaga.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Pada tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendiri hal tersebut juga didukung dengan terbatasnya kandungan vitamin D hanya pada beberapa jenis makanan tertentu. Karena itu, dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi sudah cukup untuk memenuhi asupan vitamin D pada tubuh.

Selain yang sudah kita sebutkan di atas, bahwa tujuan untuk mencukupi asupan vitamin D ini adalah agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti tuberkulosis, diabetes, osteomalacia hingga multiple sclerosis. Di era pandemi ini seperti sekarang juga berjemur di bawah sinar matahari juga dipercaya dapat menekan risiko dari Covid-19, namun hal ini memerlukan pembuktian lebih jauh.

WHO juga menyatakan bahwa paparan sinar matahari ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit seperti kulit berjerawat, eksim, psoriasis hingga sakit kuning. Namun, radiasi sinar UV ini tidak dapat diterima oleh semua penderita karenanya harus dikonsultasikan oleh dokter ahlinya terlebih dahulu.

Walaupun banyak manfaat berjemur di pagi hari tentu ada juga risikonya seperti untuk menghindari berjemur pada siang hari karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Direkomendasikan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang hingga kacamata anti UV.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

    Seiring bertambahnya usia tentu pola tidur akan berubah, terutama mereka yang sudah berumur. Tidur yang cukup adalah hal yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, manfaat dari terkena paparan sinar matahari ini dapat menjaga pola tidur dengan lebih baik.

    Sinar matahari ini bisa membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Kondisi tersebut dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

  2. Membantu Mencegah Gangguan Pada Tulang

    Mencegah gangguan pada tulang dimana paparan sinar matahari ini yang nantinya akan membantu produksi vitamin D secara alami. Vitamin D inilah yang berperan penting dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh sehingga dapat meningkatkan kekuatan tulang yang membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.

  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Dengan asupan vitamin D yang cukup tentu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Beberapa contoh penyakit seperti, flu, sklerosis otot, autoimun, jantung hingga kanker.

    Selain itu, banyak orang yang mulai melihat bahwa berjemur di pagi hari adalah hal yang wajib dilakukan demi mencapai kekebalan tahan tubuh yang optimal.

  4. Berpotensi Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

    Menurut beberapa sumber juga mengatakan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari juga dapat menurunkan risiko persalinan prematur dan infeksi yang berhubungan dengan kehamilan. Hal tersebut dikarenakan asupan vitamin D yang didapatkan tubuh saat selesai berjemur. Tetapi, hal ini perlu diteliti dan dilihat lebih jauh lagi.

Nah sekarang sudah tahu kan banyaknya manfaat berjemur di pagi hari? Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya perlu dikombinasikan dengan olahraga dan tentunya asupan makan yang teratur. Selain itu, untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang kita kapan saja diperlukan proteksi lebih dari sekedar berjemur di pagi hari, berolahraga rutin dan makan yang cukup yaitu dengan memiliki asuransi.

Untuk kamu yang ingin mulai menggunakan asuransi kesehatan sekarang. Daftarkan dirimu sekarang bersama Danamon, produk Asuransi Kesehatan Danamon tidak hanya melindungi dari risiko, namun juga memberikan manfaat terbaik dengan harga terjangkau. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi kesehatan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda maupun keluarga Anda.